Brand ambassador atau dikenal duta merek merupakan salah satu orang yang bertugas untuk mempromosikan sebuah produk. Kehadiran duta merek ini menjadi hal yang penting karena dapat menaikkan citra suatu produk di hadapan konsumen.
Seseorang yang berperan sebagai duta merek akan membantu brand untuk membuat konten dan menjadi juru bicara mewakili produk tersebut. Selain itu, juga akan mempromosikan produk dari perusahaan.
Pada dasarnya, ada banyak sekali peran duta merek yang perlu diketahui. Berikut ini sudah ada beberapa peran dari duta merek, antara lain:
Brand ambassador juga memiliki berbagai macam manfaat. Berikut ini sudah ada beberapa manfaat dari duta merek, antara lain:
Brand awareness lebih dikenal sebagai salah satu tingkat pengetahuan yang dimiliki oleh para audiens pada sebuah brand. Jadi semakin banyak orang yang kenal dengan produk tersebut, maka awareness akan semakin tinggi.
Baca Juga: Brand Awareness adalah Kesadaran, Begini Penjelasannya
Ambassador juga dapat meningkatkan kepercayaan para konsumen terhadap sebuah produk. Apalagi jika Duta merek tersebut termasuk satu dari pengguna setia dari produk yang diiklankan.
Selanjutnya, Ambassador juga mampu menjangkau audiens yang baru. Bahkan, dapat membuat para konsumen sadar akan kehadiran dari suatu produk.
Duta merek juga termasuk salah publik figur yang terkenal. Bahkan, kuga mampu membangun reputasi yang baik bagi suatu brand.
Konversi merupakan salah satu rasio angka pengunjung website yang hadir akibat pengaruh dari kreator konten, pengiklan, maupun brand. Sementara itu, user-generated content termasuk sebuah konten yang dibuat oleh para user maupun audiensi dari brand.
Kehadiran Duta merek ini diharapkan bisa menambah konversi hanya melalui user-generated content tersebut. Hal ini karena semakin banyak audiens maka akan membuat konten juga banyak dilihat.
Perusahaan harus bisa menggunakan berbagai macam channel untuk dapat berkomunikasi dengan para audiens agar bisa mempromosikan produknya. Jadi Ambassador juga dapat meningkatkan efektivitas komunikasi hanya melalui beberapa channel.
Salah satu tujuan perusahaan menggunakan Ambassador yaitu untuk memperoleh keuntungan. Melalui adanya Duta merek, nantinya penjualan juga dapat meningkat. Hal ini karena semakin banyak orang tertarik menggunakan produk yang diiklankan.
Agar bisa menjadi brand ambassador, tentunya seseorang harus mempunyai skill tertentu. Berikut ini sudah ada beberapa skill yang harus dimiliki oleh Duta merek, antara lain:
Kemampuan berkomunikasi yang baik harus dimiliki oleh Duta merek karena tugasnya memang mengkomunikasikan suatu produk kepada audiens. Jadi cara komunikasinya harus lebih otentik agar bisa meningkatkan kepercayaan para audiens.
Sebagai 'wajah' dari suatu brand, tentunya Ambassador harus lebih percaya diri saat menyampaikan informasi terkait produk tersebut. Duta merek juga harus bisa mempunyai kemampuan untuk berbaur dengan siapa saja.
Duta merek harus bisa memahami mengenai produk yang akan diwakilinya. Oleh karena itu, Duta merek harus dapat memahami seluruh informasi yang mungkin sama sekali baru diterima.
Ambassador setidaknya harus bisa memahami dasar dari marketing agar mampu mempromosikan produk lebih tepat. Selain marketing dasar, Ambassador juga harus mempunyai kemampuan seperti strategic planning.
Dalam hal tersebut, Anda harus bisa memahami para audiens seperti apa yang nantinya dituju. Sebenernya berkaitan dengan pesan seperti apa yang akan disampaikan dan harus bisa disesuaikan dengan para audiensnya.
Brand Ambassador seringkali menampilkan produk di media sosial. Oleh karena itu, Duta merek harus memiliki kekuatan di media sosial agar lebih mudah dikenali.
Setidaknya harus dapat menampilkan promosi yang berkualitas tinggi di media sosial, jadi tidak boleh asal-asalan. Selain itu, duta merek juga harus bisa menghasilkan konten kreatif. Hal ini tentunya agar dapat meningkatkan brand awareness serta citra baik suatu produk.
Biasanya, Brand Ambassador adalah orang yang mempunyai posisi penting atau pemegang otoritas di kalangan tertentu. Dengan begitu, artinya Duta merek juga harus memiliki channel atau koneksi yang kuat.
Misalnya saja seperti atlet lari yang berprestasi sebagai Ambassador produk sepatu lari. Atau bisa juga dermatologis sebagai Duta merek kosmetik.
Duta merek juga harus bisa berkomitmen agar mampu mempromosikan produk tersebut dalam jangka waktu yang telah disepakati dan bersikap profesional. Jadi harus bisa menjadi Duta merek yang berkompeten dan berkomitmen.
Seorang brand ambassador sebenarnya dapat berhasil jika memenuhi indikator. Berikut ini sudah ada beberapa indikator keberhasilan dari Duta merek.
Selama masa campaign dan promosi terkait produk, lihatlah berapa banyak orang yang telah menjangkau ambassador tersebut. Kemudian, lihat juga seberapa ramai traffic di situs brand saat event berlangsung dengan adanya ambassador.
Lihat juga berapa pendapatan yang sudah diraih karena adanya pengaruh dari ambassador. Kemudian, lihat berapa banyak aktivitas kampanye produk yang telah tercatat di media sosial.
Indikator selanjutnya, lihat berapa banyak unduhan yang berhubungan dengan produk Ambassador . Lalu cari tahu bagaimana reaksi para audiens terhadap unduhan produk tersebut, apakah sudah memenuhi harapan perusahaan atau belum.
Pada dasarnya, tidak semua orang mampu menjadi duta merek. Sebagai pemilik perusahaan, Anda harus bisa memilih Ambassador dengan hati-hati, berikut tipsnya.
Pertama, temukanlah duta merek yang sesuai dengan brand image produk Anda. Contohnya saja, jika Anda ingin mempromosikan makanan sehat, maka harus mencari Ambassador yang memiliki gaya hidup sehat.
Kedua, perhatikan seberapa besar pengaruh duta merek dan seberapa besar kepercayaan audiens. Apabila banyak yang percaya, maka orang tersebut bisa menjadi brand ambassador.
Pada dasarnya, memilih Ambassador percaya saja tidak cukup. Ambassador harus bertindak secara profesional dan sesuai dengan produk Anda.
Ambassador harus profesional ketika bekerja sama dengan pemilik brand. Jado jangan biarkan ada masalah yang menyebabkan Duta merek terlihat tidak profesional.
Baca Juga: 13 Tips Membangun Personal Branding Penting untuk Bisnis
Pada intinya, seorang Duta merek juga harus memahami dasar-dasar pemasaran. Apabila orang tersebut tidak mampu mempromosikan serta menjual sesuatu, maka harus mempertimbangkan kembali menjadikan mereka sebagai Ambassador.
Kesimpulan
Pada dasarnya, memilih Ambassador sangatlah mudah jika paham indikatornya. Oleh karena itu, sebagai pemilik brand Anda harus menerapkan tips memilih brand ambassador agar tidak salah memilih.
Namun, tidak hanya dalam promosi merek, pengelolaan keuangan juga merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan bisnis. Oleh karena itu, Beecloud sebagai software pembukuan hadir sebagai solusi untuk membantu memudahkan proses pembukuan bisnis. Dengan menggunakan Beecloud, pemilik bisnis dapat mengelola keuangan dengan lebih efisien dan akurat.
Hal ini dapat membantu meningkatkan produktivitas bisnis dan membuat keputusan yang lebih bijaksana dalam pengelolaan keuangan. Sehingga, Beecloud dapat menjadi investasi yang sangat berharga bagi bisnis dalam jangka panjang.