Logo Bee Web

Blueprint Adalah: Pengertian, Contoh, Tahapan dalam Bisnis

Dalam bisnis blueprint adalah dokumen rinci yang menggambarkan semua aspek krusial dari ide bisnis, tujuan hingga strategi pelaksanaan.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 7 December 2023

Blueprint adalah dokumen yang mencakup semua informasi penting mengenai ide bisnis, dari mulai tujuan, target, rencana keuangan, proses pelaksanaan dan seterusnya. Sehingga bisa dikatakan jika blueprint bisnis merupakan landasan yang tak ternilai.

Selain itu, blueprint bisnis bukan hanya sekedar dokumen statis, tetapi juga sebuah alat dinamis yang senantiasa diperbarui sesuai dengan perubahan pasar dan lingkungan bisnis.

Dengan memiliki blueprint yang kokoh, perusahaan dapat mengidentifikasi peluang, mengelola risiko, dan mengarahkan sumber daya dengan lebih efektif untuk mencapai tujuan bisnisnya. Simak informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini

Apa itu Blue Print dalam Bisnis? Blueprint Adalah ...

Blueprint dalam bisnis

Dalam bisnis bueprint adalah sebuah dokumen krusial yang mencakup berbagai aspek bisnis (Credit: Freepik.com)

Dalam bisnis, pengertian blueprint adalah dokumen rinci yang menggambarkan semua aspek krusial dari ide bisnis, tujuan hingga strategi pelaksanaan. Ini mencakup detail-target, rencana produksi, aspek keuangan, proses pelaksanaan, strategi pemasaran, hasil yang diharapkan, dan sebagainya.

Dengan adanya blueprint dapat membantu bisnis dalam mengidentifikasi kebutuhan, sasaran, dan rencana strategis bisnis. Dengan demikian kerangka kerja yang disusun dapat menghasilkan kinerja yang lebih efektif dan efisien.

Dapat disimpulkan jika blueprint mejadi salah satu kunci dalam membangun bisnis yang terarah, konsisten, dan terstruktur. Dimana di dalam lampirannya terdapat informasi terperinci mengenai tujuan, strategi, implementasi program, serta elemen-elemen lainnya yang menjadi landasan bagi pengelolaan yang efektif.

Dengan demikian, blueprint bisnis tidak hanya memahami detail bisnis yang dijalankan, tetapi juga menjadi alat yang kuat untuk membangun konsistensi dan memastikan kelayakan setiap langkah yang diambil dalam perkembangan bisnis.

Baca Juga: Contoh Studi Kelayakan Bisnis dan Penjelasannya

Manfaat Blueprint dalam Bisnis

Berikut ini beberapa manfaat blueprint dalam bisnis:

1. Panduan Bisnis

Hal pertama yang bisa anda dapatkan dari memiliki blueprint bisa menjadi panduan langkah demi langkah yang rinci untuk mencapai tujuan bisnis.

Dengan demikian akan membantu tim manajemen dan karyawan memahami urutan dan prosedur yang harus diikuti untuk mencapai keberhasilan, sehingga mengurangi kebingungan dan meningkatkan efisiensi.

2. Penerapan Tujuan yang Jelas

Dengan merinci tujuan bisnis, blueprint membantu dalam menetapkan visi yang jelas dan arah yang harus diambil oleh perusahaan. Ini memungkinkan para pemangku kepentingan untuk fokus pada hasil yang diinginkan dan mengukur kemajuan dengan lebih efektif.

3. Menjaga Konsistensi Bisnis

Manfaat ketiga blueprint dalam bisnis adalah membantu menciptakan landasan konsisten untuk operasional bisnis. Dengan adanya panduan yang tetap, perusahaan dapat membangun konsistensi secara berkelanjutan.

Seperti dalam strategi, proses, dan pelaksanaan kebijakan yang mereka lakukan biasanya. Hal ini membantu menciptakan identitas bisnis yang kuat dan dapat diandalkan di mata pelanggan dan mitra bisnis.

4. Pengelolaan Resiko

Tidak hanya itu saja, blueprint juga membantu Anda dalam mengelola resiko usaha, dimana dalam blueprint merinci secara detail strategi dan prosedur yang diterapkan. Dengan demikian blueprint juga membantu dalam mengidentifikasi dan mengelola risiko yang lebih baik.

Perencanaan yang matang dapat meminimalkan potensi risiko dan memberikan kerangka kerja untuk mengatasi tantangan yang mungkin timbul selama perjalanan bisnis.

5. Alat Evaluasi Kerja

Terakhir blueprint bisnis juga berfungsi sebagai alat evaluasi kinerja. Dengan memiliki rencana yang terdokumentasi, perusahaan dapat dengan mudah mengevaluasi pencapaian tujuan.

Kemudian mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan, dan membuat penyesuaian strategis yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan jangka panjang. Ini memungkinkan perusahaan untuk belajar dari pengalaman dan terus meningkatkan kinerjanya.

Beecloud Evaluasi Keuangan Lebih Mudah Efisien Dan Memudahkan Pengambilan Keputusan Bisnis

Tahapan Membuat Blueprint Bisnis

Berikut beberapa tahapan dalam membuat blueprint bisnis:

1. Menetapkan Tujuan Bisnis

Langkah pertama dalam membuat blueprint adalah menentukan apa tujuan dari bisnis didirikan, baik tujuan dalam jangka panjang atau jangka pendek secara realistis. Tidak hanya itu saja, visi, misi, dan goals perusahaan harus diidentifikasi dengan jelas.

Visi sebagai tujuan jangka panjang yang memberikan inspirasi, sedangkan misi sebagai langkah-langkah untuk mencapai visi dan tujuan bisnis lainnya dalam jangka pendek.

Untuk menetapkan tujuan bisnis ini, Anda bisa menggunakan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, dan Time-Bound), dengan metode bisnis Anda dapat memastikan tujuan bisnis secara lebih terukur dan dapat dicapai.

2. Menentukan Sasaran Bisnis

Setelah selesai menentukan tujuan bisnis, berikutnya adalah menentukan sasarannya. Bedanya tujuan dan sasaran bisnis itu apa? Sasaran bisnis bersifat spesifik dan terukur, seperti target penjualan tahunan. Sementara tujuan bisnis mencakup visi dan arah keseluruhan perusahaan.

Sasaran bisnis ini mencakup dari perencanaan lokasi, kriteria bisnis dan strategi pemasaran, dari mulai melakukan identifikasi target pasar, positioning produk untuk memastikan produk diingat oleh konsumen.

Baca Juga: 7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya

Dalam prakteknya, menentukan sasaran bisnis sebaiknya melibatkan peran konsumen untuk memastikan jika produk benar-benar diterima dan dibutuhkan oleh konsumen. Tidak hanya itu saja, pemahaman yang mendalam tentang kriteria lokasi dan strategi pemasaran membantu memetakan rencana yang efektif.

3. Penyusunan Strategi Bisnis

Strategi bisnis ini melibatkan berbagai aspek, termasuk produk dan jasa, harga, promosi, distribusi, dan manajemen sumber daya manusia. Selain itu, strategi yang ditentukan juga harus disesuaikan dengan karakteristik pelanggan untuk mencapai kesinambungan dan konsistensi.

Lakukan identifikasi strategi secara terstruktur untuk memastikan setiap elemen mendukung tujuan bisnis. Rancangan strategi yang tepat membantu mengoptimalkan kinerja perusahaan.

4. Penerapan Strategi

Tahapan proses penyusunan blueprint dalam bisnis selanjutnya adalah penerapan strategi dalam operasional bisnis. Tahapan ini mencakup, penerapan aturan, ukuran pencapaian, dan tanggung jawab yang jelas.

Untuk mengukur tingkat keberhasilan dari strategi bisnis Anda bisa menetapkan indikator kinerja dan metrik membantu mengukur keberhasilan program secara objektif. Dengan demikian, setiap tahap dalam program dapat dievaluasi dengan cermat.

5. Menentukan Fokus Strategi

Terakhir adalah menentukan fokus strategi krusial untuk menciptakan identitas brand yang kuat. Karakteristik unik dalam blueprint perusahaan harus dirancang agar brand sulit ditiru dan mudah diidentifikasi oleh konsumen.

Strategi ini membantu brand menjadi lebih melekat pada pikiran konsumen, meningkatkan pengenalan brand, dan pada gilirannya, meningkatkan keberhasilan pemasaran. Membangun dan memelihara identitas brand yang khas adalah kunci untuk memenangkan persaingan pasar.

Contoh Blueprint dalam Bisnis

Berikut beberapa gambaran contoh blueprint bisnis ternama:

# Contoh Blueprint Usaha Makanan: MCDonald's

Service Blueprint Mcdonald's

Contoh service blueprint MCDonald's (Credit: miro.medium.com)

#Contoh Blueprint Bisnis Metode SMART

Contoh Blueprint Bisnis

Dari artikel di atas dapat disimpulkan jika dalam bisnis blueprint adalah salah satu komponen krusial yang harus dimiliki bisnis karena memiliki peran yang cukup krusial, baik untuk pemilik bisnis itu sendiri atau investor, konsultan, karyawan bahan konsumen.

Dimana dengan blueprint bisnis Pebisnis bisa memberikan perencanaan bisnis secara lebih terukur dan tidak asal, memberikan gambaran terkait sasaran bisnis lebih tepat, hingga penilaian kinerja bisnis selama periode tertentu.

Nah, itu dia penjelasan mengenai blueprint dalam bisnis, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Artikel Terkait

Contoh Inovasi Produk, Pengertian, Manfaat dan Strateginya
Inovasi produk adalah sebuah cara untuk mengembangkan perusahaan untuk menciptakan peluang baru sekaligus usaha dalam pemenuhan keinginan dan kebutuhan konsumen.
Baca Juga
Contoh Usaha Ekstraktif, Pengertian, Karakteristik dan Dampaknya
Contoh usaha ekstraktif mencakup berbagai sektor, mulai dari perikanan, pertambangan, kehutanan, hingga pertanian. Usaha ini juga menjadi salah satu sektor
Baca Juga
Ekonomi Maritim: Potensi dalam Pembangunan Industri Kelautan
Ekonomi maritim adalah salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia. Industri maritim ini memiliki potensi yang besar untuk memberikan kontribusi
Baca Juga
Cara Berbisnis Pemula dan Rekomendasi Usaha
Ingin tahu cara berbisnis pemula dan memulai bisnis dengan sukses? Bagi para pemula yang ingin memulai bisnis, tidak perlu khawatir.
Baca Juga
10 Cara Menjadi Orang Sukses di Usia Muda dengan Bisnis
Apakah Anda ingin tahu cara menjadi orang sukses di usia muda dengan berbisnis? Tentu saja, siapa yang tidak ingin sukses?
Baca Juga
Pengertian Upah, Sistem dan Perbedaannya dengan Gaji
Upah adalah salah satu bentuk kompensasi finansial yang diberikan kepada pekerja atas kontribusi mereka, dan merupakan aspek penting dalam dunia
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu