🚀 Diskon Hingga 20%! Promo Ramadhan TERBATAS, Klaim Sebelum 20 Maret! 🔥
Logo Bee Web

Balanced Scorecard Adalah: Pengertian dan 4 Perspektif di Dalamnya

Balanced scorecard adalah sistem yang berperan penting untuk mengukur kinerja perusahaan. Berikut ini pembahasan fungsi dan 4 perspektifnya
Penulis:
Rininta Oktaviana
Kategori:
Terbit: Thursday, 18 August 2022
Diperbarui: Monday, 26 June 2023
Daftar Isi

Saat terjun dalam dunia bisnis, balanced scorecard adalah salah satu hal penting yang wajib untuk dipahami. Aspek penting yang satu ini banyak digunakan oleh perusahaan skala besar ataupun kecil dengan tujuan untuk kebutuhan manajemen bisnis.

Nah, jika ingin mengetahui balanced scorecard lebih dalam maka simak pembahasan mengenai pengertian, fungsi dan 4 perspektif di dalamnya berikut ini.

Pengertian Balanced Scorecard Adalah

Apa Itu Balanced Scorecard

Ilustrasi Balanced Scorecard Performance (Sumber: Freepik.com)

Balanced scorecard (BSC) merupakan sebuah metode yang biasa digunakan untuk memperbaiki suatu sistem dalam pengukuran kinerja secara eksekutif. Keberadaan BSC sangat membantu perusahaan untuk mengetahui perkembangan yang berhasil dicapai.

Selain itu, BSC juga akan memberikan gambaran secara komprehensif untuk semua manajer lewat metrik pendukung yang dapat mengukur kinerja  dalam berbagai bidang. Bidang-bidang yang dimaksud disini adalah inovasi produk, kepuasan pelanggan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: KPI Singkatan dari Apa? Penjelasan Lengkap dan Manfaatnya

Fungsi Balanced Scorecard

Selain berguna dalam perbaikan pada sistem pengukuran keuangan, sebenarnya masih banyak fungsi yang lainnya. Adapun berbagai fungsi balanced scorecard adalah sebagai berikut:

  • Mengukur kinerja perusahaan mengenai visi dan misi yang dianut
  • Panduan yang paling tepat dalam melakukan bisnis atau usaha
  • Memberikan gambaran untuk perusahaan mengenai analisis SWOT
  • Berperan sebagai alat informasi, komunikasi dan analisis pembelajaran
  • Alat penting sebagai key performance indicator
  • Feedback untuk shareholder

4 Perspektif Balanced Scorecard

Balanced Scorecard Adalah

Ilustrasi Diagam Balanced Scorecard (Sumber: Professional Academy)

Saat menyusun kerangka kerja balanced scorecard, ada 4 perspektif khusus yang dibuat oleh Kaplan dan Norton. Setiap perspektif dibentuk secara khusus dengan tujuan supaya perusahaan dapat mencapai tujuan bisnis.

Lalu apasajakah perspektif yang ada di dalam balanced scorecard? Berikut ini pembahasannya !

1. Perspektif Pelanggan

Dalam perspektif ini, perusahaan diharuskan memilih segmen pelanggan dan pasar yang akan dijadikan sebagai target. Kemudian manajer bertugas untuk memilih salah satu alat ukur yang tepat untuk mengukur bagaimana kinerja unit operasi dalam mencapai target finansial.

Jika sebuah bisnis ingin berhasil mencapai kinerja keuangan secara konsisten, maka salah satu cara yang perlu dilakukan adalah dengan membuat produk terbaru dan menyediakan jasa yang memiliki nilai lebih baik untuk pelanggan.

Ada dua kelompok yang menjadi tolak ukur pelanggan, yaitu kelompok penunjang dan kelompok inti. Untuk kelompok inti terbagi lagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

  • Pangsa pasar
  • Kemampuan untuk mempertahankan pelanggan lama
  • Tingkatan untuk mendapat pelanggan baru
  • Layanan kepuasan pelanggan
  • Profitabilitas pelanggan

Kelompok penunjang juga terbagi menjadi tiga bagian, diantaranya:

  • Berbagai macam atribut produk mulai dari mutu, harga, dan fungsi
  • Reputasi dan citra perusahaan
  • Hubungan antar perusahaan dengan pelanggan

2. Perspektif Keuangan

Perspektif keuangan dalam balanced scorecard adalah  perspektif yang memiliki peran sangat penting. Perspektif ini dijadikan sebagai gambaran apakah perencanaan, pelaksanaan dan implementasi serta strategi yang dilakukan sudah mampu melakukan perbaikan secara mendasar.

Perbaikan ini bisa berupa return of investement, gross operating income dan economic value added. BSC mampu menjelaskan mengenai pencapaian visi yang memiliki peran penting untuk keuntungan finansial, yaitu:

  • Peningkatan kepuasan pelanggan melalui revenue
  • Peningkatan produktifitas pegawai melalui cost effctiveness sehingga berpengaruh terhadap meningkatnya laba
  • Peningkatan kemampuan yang dimiliki perusahaan dalam menciptakan financial return yaitu dengan cara mengurangi jumlah modal dan berinvetasi untuk proyek yang berpotensi menghasilkan return tinggi

3. Proses Bisnis Internal

Perspektif ini menunjukkan proses kritis yang dimana bisnis dapat mempertahankan pelanggan dalam segmen pasar sekaligus memuaskan pemilik saham. Ada 3 prinsip dasar dalam proses bisnis internal, diantaranya:

  • Proses inovasi, merupakan bagian penting dalam proses produksi secara menyeluruh. Jika hasil inovasinya kurang tepat maka produk tidak akan mendapat respon positif
  • Proses operasi, merupakan segala macam kegiatan yang dilakukan perusahan mulai dari perencanaan, pengolahan bahan sampai menjadi produk yang siap jual
  • Layanan purna jual, adalah layanan dari perusahaan untuk pelanggan sebagai jaminan mutu barangan yang sudah dibeli. Contohnya seperti layanan perbaikan, konsultasi, perawatan, dan lainnya

4. Pembelajaran dan Pertumbuhan

Perspektif ini sangat berpengaruh terhadap pencapaian ketiga perspektif yang sebelumnya. Selain itu, juga berguna untuk memberikan hasil pertumbuhan dan perbaikan dalam jangka panjang. Beberapa hal yang menjadi tolak ukur dalam perspektif ini adalah:

  • Kemampuan dan kapabilitas pekerja
  • Kemampuan dalam pengelolaan sistem operasi
  • Dorongan, motivasi dan tanggung jawab

Baca Juga: Apa Itu Manajemen Operasional? Fungsi, Tujuan dan Peran Pentingnya

Kesimpulan

Itu dia penjelasan mengenai balanced scorecard adalah apa, lengkap dengan beragam fungsi dan 4 perspektif di dalamnya. Metode ini berguna untuk mengukur hasil kinerja perusahaan secara menyeluruh sehingga perannya begitu penting.

Untuk memudahkan dalam manajemen operasional, sangat disarankan untuk Anda untuk menggunakan Software Akuntansi dalam manajemen operasional. Software akuntansi tersebut adalah Beeaccounting, yang memiliki banyak fitur dalam memudahkan Anda dalam mengatur operasional perusahaan. Coba gratis dengan klik di sini atau klik gambar di bawah ini.

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

Artikel Populer

[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
13 Contoh Nota Pembelian dan Cara Membuatnya Lengkap
Sedang membuka bisnis baru dan butuh contoh nota pembelian sebagai bukti transaksi dengan konsumen nanti, Anda bisa membuat sendiri dari
Baca Juga
Neraca Perdagangan: Faktor Pengaruh & Dampaknya pada Bisnis
Dalam era globalisasi ini, ekonomi suatu negara tidak lagi beroperasi secara terisolasi. Salah satu aspek yang penting dalam menjaga keseimbangan
Baca Juga
Download Kwitansi Kosong PDF dan Cara Mudah Membuatnya
Apakah Anda sedang mencari cara untuk membuat dan mengisi kwitansi dengan mudah? Anda berada di tempat yang tepat! Dalam artikel
Baca Juga
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Positioning adalah strategi pemasaran yang penting untuk membedakan produk dari pesaingnya di pasar sekaligus memudahkan proses pemasaran. Selain memudahkan melakukan
Baca Juga
Customer Service Software Akuntansi & Kasir Bee
Jam Operasional: senin - jumat jam 09.00 - 16.00 wib

Siap Mengubah Cara Anda Mengelola Bisnis

Sejak 2010, Bee telah berdedikasi untuk membantu Pengusaha di seluruh Indonesia dalam mengatasi tantangan laporan akuntansi dan keuangan. Kami siap mendukung kesuksesan bisnis Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami.
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2025 Bee.id
magnifiercrossmenu