Untuk bertahan hidup di industri ini, banyak poin harus dipertimbangkan, termasuk pembukuan bengkel motor mobil hingga pengawasannya. Tidak dapat dipungkiri, bisnis bengkel memiliki persaingan yang cukup tinggi.
Ini tidak dapat dipisahkan dari meningkatnya jumlah bengkel mobil. Seiring waktu jumlahnya terus tumbuh, tetapi di sisi lain tidak ada beberapa bengkel yang mengalami kebangkrutan karena kegagalan dalam pengelolaan bengkel. Salah satu faktornya adalah tidak memiliki pembukuan bengkel motor mobill.
Meskipun ada banyak bengkel, bahkan jumlah kendaraan terus tumbuh sehingga peluang bisnis bahkan lebih terbuka. Ini dapat dibuktikan dengan jumlah antrian saat Anda ingin melayani mobil. Selain itu biasanya pada bengkel resmi, mereka biasanya menerapkan sistem pemesanan untuk meminimalkan sejumlah besar antrian.
Tidak jauh berbeda dari bengkel non-resmi, jarang terlihat kosong dari pengunjung karena umumnya mereka dapat melayani berbagai merek mobil. Terutama jika konsumen merasa puas dan memberikan banyak ulasan positif.
Dengan reputasi yang baik dan layanan berkualitas, tidak mengherankan bahwa banyak konsumen bersedia menunggu berjam-jam dan bahkan mengubah hari.
Selain itu, kemampuan atau keterampilan untuk menangani berbagai kerusakan mobil adalah hal penting yang harus dimiliki oleh bengkel.
Dengan kata lain, kemampuan ini berasal dari pekerja ahli atau berpengalaman di bidang otomotif. Sumber daya manusia yang kompeten adalah modal utama dalam menyediakan layanan dan pengalaman berkualitas baik.
Baca Juga: Software Bengkel Mobil: 9+ Cara Memulai Usaha Bengkel Mobil
Hal -hal yang harus dikumpulkan dalam membuat pembukuan termasuk modal, biaya dan pendapatan, kewajiban, dan sebagainya. Singkatnya, ini dapat ditafsirkan sebagai mencatat transaksi masuk dan transaksi keluar yang terjadi sebagai akibat dari kegiatan bisnis yang dilakukan.
Pembukuan ini nantinya akan dilanjutkan ke laporan keuangan. Pentingnya pembukuan untuk perusahaan adalah sesuatu yang harus dipertimbangkan karena seringkali pemilik bisnis mencampur keuangan dan perusahaan pribadi yang nantinya akan membingungkan pemilik bisnis.
Bagi pengusaha yangbelum tahu apa pentingnya pembukuan bagi perusahaan, penjelasan berikut.
Anda tentu tidak ingin jika uang Anda digunakan untuk hal -hal yang tidak jelas. Demikian juga di perusahaan di mana angka terkecil akan dihitung.
Penting bagi perusahaan untuk membuat pembukuan yang rapi sehingga setiap pengeluaran dapat diketahui dengan jelas. Ini akan sangat membantu untuk mengendalikan pembelian yang tidak terlalu penting, menentukan harga jual yang akan dibuat, dan menentukan pajak yang harus dibayar.
Poin ini masih terkait dengan poin sebelumnya, ketika Anda tahu biaya yang dibutuhkan, akan lebih mudah untuk membuat anggaran dengan bijak.
Anggaran dapat membuka jalan keuangan untuk bisnis Anda sehingga dapat merencanakan pengeluaran di masa mendatang dan mengantisipasi biaya yang tidak terduga.
Selain membantu menentukan berapa banyak pajak yang akan dibayar, pembukuan juga akan memfasilitasi proses pembayaran. Dengan pembukuan, Anda dapat segera menyajikan informasi keuangan lengkap pada saat yang dibutuhkan.
Sehingga, tidak akan ada drama yang mencari dan kehilangan tanda terima, faktur, dan sebagainya ke perusahaan.
Pembukuan yang lengkap dan terperinci akan menjadi pisau analisis untuk manajemen dan kinerja perusahaan. Anda juga akan terbantu dalam melaporkan arus kas masuk dan arus keluar secara rinci. Pembukuan akan menunjukkan lini bisnis mana yang menghasilkan keuntungan dan mana yang tidak.
Setelah analisis dilakukan, saatnya membuat keputusan untuk perusahaan. Pembukuan lengkap akan menghasilkan analisis yang tepat yang akan mempengaruhi keputusan yang akan diambil oleh perusahaan.
Karena keputusan yang baik harus didasarkan pada informasi keuangan yang lengkap, dan proses pembukuan dapat memberikan dan memberikan gambaran yang jelas tentang informasi keuangan.
Baca Juga: Cara Mudah Membuat Pembukuan Sederhana
Demi pendalaman ilmu otomotif, tidak sedikit pemilik bisnis yang menunjukkan totalitas mereka dengan mendapatkan pengetahuan, bahkan ke luar negeri. Ini dilakukan agar bisnis bengkel yang dikelola terus tumbuh.
Cara-cara yang dapat dilakukan dalam mengimplementasikan manajemen keuangan bengkel mobil Anda dengan:
Satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula adalah bahwa mereka selalu berpikir bahwa bisnis yang dijalankan masih kecil. Sehingga memisahkan keuangan bisnis dan pribadi dirasakan tidak berdampak.
Faktanya, menggabungkan keuangan bisnis dengan uang pribadi cukup berisiko untuk mengganggu arus kas.
Selain itu, menggabungkan dua keuangan yang berbeda akan menyulitkan Anda untuk mengendalikan pengeluaran dan masuknya bisnis.
Oleh karena itu, supaya Anda dapat mengatur semua transaksi dengan rapi, Anda harus memisahkan keuangan bisnis dan uang pribadi Anda tanpa melihat ukuran bisnis yang Anda miliki.
Untuk menentukan berapa persentase dana yang dibutuhkan untuk modal bisnis, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Diantaranya adalah:
Tentu saja, setiap bisnis bengkel mobil memiliki standar yang berbeda untuk menentukan persentase modal.
Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa metode ini dapat membantu Anda mengelola keuangan agar sesuai dengan apa yang telah direncanakan pada awal membuka bisnis.
Membuat laporan keuangan atau pembukuan per bulan berguna untuk mengendalikan pengeluaran, pendapatan, utang, dan piutang.
Tidak hanya itu, dengan pembukuan yang rapi dan jelas akan membantu Anda dalam mengevaluasi pengembangan bisnis bengkel Anda secara teratur.
Tidak ada aturan yang melarang Anda untuk membuka atau mengembangkan bisnis dengan hutang.
Tetapi harus dipertimbangkan lebih hati -hati terkait dengan kondisi keuangan bisnis saat ini. Jangan biarkan bisnis lebih buruk karena beban angsuran pinjaman dalam waktu yang tidak pantas.
Dengan kata lain, jika pendapatan tidak memenuhi kriteria operasional per bulan, Anda harus menghindari risiko hutang perdagangan.
Hal yang tidak boleh diremehkan adalah penggunaan teknologi dalam upaya meningkatkan produktivitas usaha bengkel. Seperti halnya pembukuan usaha.
Aplikasi bengkel umumnya digunakan untuk melakukan manajemen bengkel di mana dapat memudahkan pengelolaan setiap kendaraan yang diperbaiki dengan dashboard antrian yang menampilkan status kendaraan.
Selain itu, aplikasi bengkel ini dapat digunakan untuk memudahkan pembukuan bengkel motor mobil dengan fitur manajemen keuangan akuntansi, proses pembukuan dapat dilakukan dengan sistem otomasi.
Dengan melakukan input pembelian, penjualan, biaya sehari-hari, program secara otomatis akan mencatat atau membukukan setiap transaksi tersebut. Ketika Anda membutuhkan laporan keuangan, program tersebut selalu siap menampilkan sesuai dengan keinginan Anda.
Itulah cara pembukuan bengkel motor mobil yang harus dipertimbangkan. Saat Anda berpikir untuk memulai bisnis, jangan menjadikan skala bisnis Anda sebagai hambatan untuk berpikir jauh di depan.
Ketika Anda telah berpikir dan menyiapkan bisnis untuk menjadi besar, ketika itu benar -benar terjadi, Anda sudah siap. Dalam konteks ini, Anda siap dalam hal manajemen keuangan bengkel motor mobil.
Menggunakan aplikasi bengkel adalah keputusan yang tepat di mana Anda lebih memilih untuk mengembangkan usaha dengan bantuan dari aplikasi bengkel. Selain memberikan kemudahan, aplikasi bengkel juga akan memberikan Anda kecepatan dalam mengerjakan setiap kegiatan yang ada pada usaha bengkel.
Aplikasi bengkel Beeaccounting yang didesain khusus untuk memudahkan manajemen bisnis bengkel dan toko sparepart/aksesoris mobil & motor. Terintegrasi mulai dari pencatatan order dan servis, antrian kendaraan, riwayat service, penjualan jasa dan sparepart, komisi teknisi, pembelian, hutang, stok, kas/bank hingga akuntansi.
Coba gratis sekarang! Klik gambar di bawah ini untuk info selengkapnya!