Sekarang ini kehidupan manusia tidak dapat terpisahkan dari logistik. Sebut saja berbagai barang yang digunakan sehari-hari berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Apa itu logistik, semuanya akan dibahas lebih lanjut disini.
Untuk dapat mengangkut barang tersebut berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya diperlukanlah logistik. Sebenarnya pengertian logistik tidaklah sesederhana itu. Logistik mencakup segala kegiatan dari perencanaan, pengawasan, hingga proses perpindahan barang dari satu lokasi ke lokasi tujuan.
Menurut Christopher logistik adalah sebuah proses yang dijalankan secara strategis tujuannya adalah untuk mengelola keadaan, penyimpanan, pergerakan material, dan juga barang jadi. Informasi mengenai organisasi pemasaran, prosedur efektivitas keuntungan juga mencakup logistik.
Kesimpulannya adalah logistik merupakan rangkaian proses aktivitas yang saling berkaitan dan tentunya dikerjakan secara bertahap. Rangkaian tersebut dimulai dari awal hingga sampai kepada tujuan. Termasuk juga pemeliharaan produk, suku cadang, dan perlengkapan tertentu.
Logistik memiliki berbagai fungsi dan manfaat. Utamanya dalam perawatan hingga penghantaran barang dari satu tempat ke tempat lain. Dengan adanya ilmu ini, maka tahap perencanaan bisa disusun dengan lebih baik untuk mencapai hasil yang optimal.
Bayangkan jika tidak ada logistik dalam keseharian. Mungkin saja Anda tidak akan bisa menikmati makanan yang terhidang diatas meja. Adanya pasokan sayur dan buah atau bahan makanan lain juga tidak terlepas dari adanya perencanaan pengiriman sehari.
Semuanya dihitung sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas. Maka dari itu, semua pemenuhan kebutuhan harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan dapat diakomodir dengan kalkulasi yang tepat. Apa itu logistik sangat berguna dalam keseharian.
Tentunya sebagian besar orang seringkali membeli barang lalu mengirimkannya ke orang lain. Maka dari itu penyedia logistik biasanya menyediakan gudang penyimpanan barang tersendiri. Jadwal keluar dan masuknya barang juga telah diatur.
Logistik bisa bermanfaat sebagai tempat penyimpanan barang sebelum dikirimkan. Untuk itu adanya gudang penyimpanan logistik sangat membantu bisnis dan usaha.
Baca Juga: Tips Manajemen Gudang untuk Kontrol Stok Barang
Barang yang dikirim tentunya harus sampai dengan kondisi yang baik juga kepada pembeli. Misalnya jika Seseorang ingin mengirim barang pecah belah, maka ada beberapa perlakukan yang harus diutamakan ketika pengiriman.
Hal ini juga sebagai bentuk salah satu pemeliharaan kualitas barang yang akan dikirim tetap bagus. Salah satu pekerjaan logistik adalah pengecekan dan kontrol untuk memastikan barang tidak cacat saat sampai di tangan pembeli.
Adanya logistik sangat mempermudah perencanaan terutama dari segi biaya. Bayangkan jika Anda harus mengirim barang sendirian tentu akan menghabiskan biaya lebih. Berbeda dengan jika memanfaatkan jasa logistik akan lebih mudah dilakukan.
Hal ini karena telah direncanakan dan diatur stok yang dikirim sehingga penjaminan distribusi barang akan berjalan secara baik dan lancar. Semua barang yang masuk dan keluar dari gudang logistik juga telah tercatat sehingga akan mudah dilacak jika ada kehilangan.
Ada beberapa komponen utama yang harus ada jika ingin menjalankan logistik dalam bisnis. Komponen ini akan membantu dan saling bekerjasama untuk melakukan rantai pasokan barang.
Komponen ini sangat penting karena akan berhubungan dengan kapasitas barang yang dapat masuk ke dalam gudang. Selain itu, juga dibutuhkan spesifikasi ruangan tertentu tergantung kepada barang yang disimpan.
Alat transportasi memegang peranan penting karena mempermudah perpindahan barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Maka dari itu dalam dunia logistik harus dimasukkan perihal transportasi dan juga komponennya. Komponen ini memegang faktor utama untuk arti logistik dalam perusahaan.
Hal ini sangat penting di dalam semua sektor, terlebih lagi sektor logistik. Beragam komunikasi yang salah dapat berujung pada permasalahan serius. Apabila terjadi miskomunikasi, untuk pembenahannya bisa membutuhkan biaya yang lebih besar.
Pihak produsen dan juga perusahaan wajib mengatur pengadaan atau persediaan barang yang ada. Jika memang sudah terjual dalam limit tertentu, baru kembali memproduksi barang. Jangan sampai barang menumpuk di ruang penyimpanan dan belum terdistribusi ke konsumen.
Baca Juga: Pengertian Inventory, Manfaat dan Cara Pengelolaannya
Perlu diperhatikan bahwa apa itu logistik akan sangat mempengaruhi pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain. Untuk itu diperlukan berbagai kiat dan teknik agar efisiensi dapat tercapai.
Untuk Anda yang memiliki bisnis di bidang logistik, penting untuk mempelajari manajemen pengadaan dan persediaan barang. Anda juga perlu tahu bagaimana cara manajemen gudang agar stok atau barang yang disimpan kondisinya tetap baik. Gudang sebenarnya bukanlah urusan stok belaka, namun juga bisa merambat ke manajemen lain seperti manajemen produksi dan manajemen keuangan.
Untuk mempermudah bisnis Anda, akan lebih baik untuk mempertimbangkan menggunakan Software Akuntansi Online Beecloud yang bisa diakses secara realtime. Beecloud membantu mengatasi manajemen keuangan, pengontrolan stok, pemantauan hutang dan piutang, dll.
Coba gratis klik di sini atau klik gambar di atas.