🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

Apa itu Endorse Dalam Promosi Online?

Yuk pahami apa itu endorse, sebelum menggunakannya sebagai bagian dari promosi produk dan brand bisnis via online.
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 19 September 2022

Sejak media sosial dijadikan salah satu sarana promosi, bermunculan berbagai istilah salah satunya endorse. Apa itu endorse? Sejauh mana perannya bisa membantu pengembangan sebuah bisnis untuk jangka panjang?

Sebenarnya istilah endorse sudah dikenal sejak lama, sangat berhubungan dengan bagaimana mempromosikan sebuah produk dengan menggunakan orang lain. 

Mengenal Apa itu Endorse

Apa Itu Endorse

Ilustrasi Content Creator Endorse Sepatu (Sumber: Freepik.com)

Ada beberapa makna dari endorse jika dilihat dari pemahaman umum. Namun jika berkiblat pada dunia bisnis, maka definisi endorse adalah cara beriklan dengan memanfaatkan ketenaran seseorang di mata masyarakat.

Dimana orang tersebut nantinya menjalin kerjasama dengan pihak pemilik bisnis, untuk melakukan promosi produk bisnis tersebut. Bisa dilakukan di media sosial miliknya, atau cara lain sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Salah satu alasan mengapa endorse dilakukan adalah, untuk membangun karakter brand melalui nilai-nilai penting yang dimiliki seorang. Baik itu dari segi kepercayaan orang kepada sosok tersebut, hingga eksistensinya di tengah masyarakat.

Kenapa Bisnis Butuh Endorse

Ini adalah pertanyaan umum yang muncul selain penjelasan tentang apa itu endorse, bagi pebisnis pemula yang mungkin masih memiliki pola pikir konvensional. Padahal, banyak alasan melatarbelakangi kenapa pebisnis wajib pakai cara promosi endorse ini.

  • Target Pasar Jadi Lebih Luas

Ketika memilih endorse menggunakan sosok familiar, terutama selebriti yang tengah naik daun atau memiliki kharisma yang dianggap bisa mewakili promosi produk dan brand. 

Otomatis, selain pangsa pasar target yang sudah ditetapkan oleh pebisnis juga akan ditambah dengan pengikut atau penggemar dari sosok tersebut.

Sebagai contoh, pengusaha menggaet aktor A yang memiliki penggemar di media sosial mencapai satu juta orang.

Secara promosi, pasti akan ada penggemar dari aktor tersebut yang akan ikut menggunakan produk yang diiklankan oleh aktor A. Tentunya disamping kategori konsumen yang memang butuh produk tersebut.

  • Lebih Dekat dengan Konsumen

Endorse Lebih Dekat Konsumen

Ilustrasi Content Creator Berkomunikasi dengan Followersnya (Sumber: Freepik.com)

Ketika seorang endorser melakukan promosi produk di akun media sosial mereka, otomatis akan ada interaksi langsung melalui kolom komentar atau ketika melakukan live video.

Bukan saja dengan dengan si artis, namun dia juga membangun kedekatan penggemar dengan produk tersebut. Apalagi jika menjelaskan cara menggunakan produk, sambil mempraktekkannya langsung di depan kamera.

  • Meyakinkan Orang untuk Membeli

Orang yang awalnya tidak yakin untuk membeli sebuah produk, kemudian melihat seorang selebritis endorse produk tersebut.

Akan ada kemungkinan muncul keyakinan bahwa, ketika seorang artis bisa memakainya dan hasilnya bagus maka dia juga bisa pakai dengan hasil yang sama.

Apalagi jika si aktor atau selebritis tersebut bisa meyakinkan, dengan penjelasan dan bahasa tubuh yang jelas.

  • Brand Lebih Cepat Dikenal

Ketika bisnis bisa menghadirkan banyak orang terkenal untuk melakukan endorse produk mereka. Maka kemungkinan brand tersebut untuk cepat terkenal sangat besar.

Baca Juga: 4 Strategi Pemasaran Yang Jitu di Era Digital

Trik Endorse Agar Berhasil

Trik Endorse Agar Berhasil

Ilustrasi Ekspresi Bahagia Strategi Endorse Berhasil (Sumber: Freepik.com)

Jangan asal menggunakan teknik endorse dalam bisnis, harus ada persiapan yang matang. Termasuk melakukan trik yang tepat, supaya value dari endorse bisa benar-benar memberikan efek positif bagi bisnis.

  • Pilih Selebgram yang Tepat

Jangan mentang-mentang satu sosok selebritis sedang naik daun, lalu langsung dijadikan pilihan untuk endorse produk. Harus ada survei mendalam dilakukan terhadap sosok tersebut.

Mulai dari mengecek akun media sosialnya, apakah followers yang dimilikinya adalah asli. Dimana bisa terlihat dari kolom komentar yang sangat variatif. Kemudian bagaimana isi konten yang ada di akunnya.

Apakah bisa merepresentasikan produk dan brand, apakah banyak haters atau tidak. Sampai hal-hal detail lainnya, juga harus diperhatikan sebelum memilih.

  • Pastikan Paham Engagement Rate

Pebisnis juga harus tahu, setinggi apa engagement rate antara figure tersebut dengan penggemarnya. Hal tersebut bisa dilihat dari sejauh mana interaksinya dengan penggemar dan berapa banyak feedback diberikan oleh penggemarnya.

  • Buat Kontrak Profesional yang Jelas dan Detail

Pastikan untuk membuat kontrak yang jelas, menguntungkan kedua belah pihak dan sudah melalui kesepakatan bersama. Mulai dari durasi endorse, informasi apa yang disampaikannya saat endorse produk dan lainnya.

  • Briefing Sempurna

Lakukan briefing sebelum melakukan endorse, supaya hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan.

  • Jalin Komunikasi Terbaik dengan Selebgram dan Tim

Jangan lupa untuk tetap menjalin hubungan baik dengan selebritis tau selebgram tersebut, supaya saat nantinya Anda perlu melanjutkan kerjasama akan lebih mudah.

Baca Juga: Strategi Promosi Kreatif dan Kekinian Untuk Meningkatkan Omset

Kesimpulan

Jangan abaikan peranan penting dari endorse dalam bisnis, ternyata memahami apa itu endorse dan memanfaatkannya bisa memberikan banyak nilai positif bagi usaha yang digeluti.

Sebagus apapun startegi marketing yang Anda sudah buat namun jika tidak dipraketkkan tidak akan membuat bisnis berkembang. Jadi praktekkan, jika gagal coba lagi, dan cari cara lain.

Jika strategi pemasaran produk sudah bisa berjalan dengan baik otomatis omset juga naik. PR Anda selanjutnya adalah bagaimana caranya mengelola keuangan yang baik dan benar.

Mengelola keuangan tidak mudah bagi Anda yang tidak memiliki pengetahuan dasarnya. Merekrut karyawan baru sebagai admin juga harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Untuk itu lebih baik Anda menggunakan software untuk mencatat keuangan.

Software pencatatan keuangan sekali klik semua laporan keuangan jadi plus harganya sangat terjangkau yaitu Beepos. Beepos juga menyediakan berbagai fitur promosi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan omset bisnis Anda.

software toko

Fitur promosi apa saja yang dimiliki Beepos? Langsung saja Anda bisa kontak customer servicenya di sini atau juga bisa langsung coba gratis softwarenya di sini.

Jika dari artikel tentang 4 strategi pemasaran yang jitu di era digital ini ada yang ingin Anda tanyakan. Silahkan koment di bawah ya, dan saya akan sangat senang sekali jika bisa membantu bisnis Anda. Sampai jumpa.

Artikel Terkait

Pangsa Pasar adalah: Jenis, Rumus, hingga Contoh
Salah satu cara agar Anda bisa melakukan perbandingan penjualan dengan beberapa kompetitor, pangsa pasar adalah jawabannya. Tidak hanya salesperson, para
Baca Juga
Mengapa Customer Care Sangat Penting Bagi Usaha?
Garda yang berada di barisan depan bagi sebuah perusahaan karena selalu berhubungan dengan pelanggan ialah customer care atau layanan pelanggan.
Baca Juga
9 Jenis Sales Promotion yang Bisa Bikin Penjualan Melejit!
Memiliki strategi pemasaran menjadi kunci untuk meningkatkan konversi penjualan. Salah satunya adalah sales promotion. Promosi ini dapat menciptakan kegembiraan bagi
Baca Juga
Analisis SWOT dalam Bisnis, Tahapan dan Contohnya Lengkap
Analisis SWOT adalah cara yang digunakan untuk melakukan analisa dan evaluasi kekuatan, kelemahan, ancaman, sekaligus peluang dalam bisnis. Analisa ini
Baca Juga
Internet Marketing: Pengertian, Contoh dan Manfaatnya, Lengkap!
Internet telah mengubah cara kita menjalani kehidupan sehari-hari. Salah satu perubahan terbesar yang dibawa oleh internet adalah lahirnya internet marketing.
Baca Juga
Iklan Pemberitahuan: Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Contohnya
Iklan memegang peran penting dalam dunia pemasaran, menjadi alat komunikasi yang kuat untuk membujuk dan mempengaruhi khalayak. Salah satu jenis
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu