🎉 Promo Spesial Ritel, Dapatkan Disc. Rp. 750.000
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Apa itu Agunan? Ini Fungsi, Jenis dan Contohnya

Agunan adalah nama lain dari jaminan, digunakan sebagai alat untuk meminimalkan potensi kerugian jika peminjam gagal melunasi kewajibannya.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 25 June 2024

Agunan, sering juga disebut jaminan, memegang peranan penting dalam dunia keuangan, khususnya dalam proses peminjaman modal. Bagi para peminjam, jaminan ini menjadi kunci untuk mendapatkan akses pendanaan, terutama untuk pinjaman dengan jumlah besar.

Di sisi lain, bagi pemberi pinjaman, jaminan ini berfungsi sebagai alat mitigasi risiko, meminimalkan potensi kerugian jika peminjam gagal melunasi kewajibannya.

Sebagai pelaku usaha yang memerlukan pinjaman usaha, Anda perlu memahami apa yang dimaksud dengan agunan, untuk memudahkan Anda dalam mengajukan pinjaman usaha.

Baca Juga: 13 Jenis Pinjaman Modal Usaha, Kekurangan dan Kelebihannya

Apa itu Agunan?

Agunan adalah

Agunan adalah nama lain dari jaminan (Credit: Freepik.com)

Menurut Undang-Undang No.07 tahun 1992 tentang Perbankan Syariah yang diubah menjadi Undang-Undang No.10 Tahun 1998, jika agunan adalah jaminan tambahan yang diberikan oleh calon nasabah kepada bank sebagai jaminan fasilitas kredit yang didapatkan berdasarkan prinsip syariah.

Penjelasan ini juga dilanjut pada pasal 8 ayat 1, dijelaskan jika untuk menghindari risiko dalam kredit syariah, bank harus menilai kredibilitas nasabah untuk memastikan pembayaran kembali.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) agunan atau jaminan berasal dari kata jamn, yang diartikan sebagai menanggung. Sederhananya, agunan ini diartikan sebagai tanggungan atas pinjaman yang diterima.

Prinsip-Prinsip Agunan

Prinsip agunan terdiri dari 5 komponen, yang sering disebut 5c. Prinsip 5C apa saja?

1. Character (Kepribadian)

Memeriksa riwayat kredit, reputasi, dan karakter moral peminjam. Ini untuk menilai tingkat tanggung jawab dan komitmen peminjam dalam memenuhi kewajibannya.

2. Capacity (Kemampuan Bayar)

Prinsip kedua adalah mengevaluasi kemampuan peminjam untuk melunasi pinjaman, termasuk penghasilan, pengeluaran, dan utang yang ada.

Jaminan ini dapat memperkuat kapasitas bayar, menunjukkan kepada pemberi pinjaman bahwa peminjam memiliki aset yang dapat dilikuidasi untuk menutupi pinjaman jika terjadi gagal bayar.

3. Capital (Modal atau Aset Kekayaan)

Kemudian, menilai kekayaan bersih peminjam, termasuk aset dan liabilitas. Jaminan merupakan bagian dari modal, menunjukkan kepada pemberi pinjaman bahwa peminjam memiliki sumber daya keuangan untuk melunasi pinjaman.

Baca Juga: Aset Adalah: Jenis, Sifat dan Manfaatnya, Lengkap!

4. Collateral (Jaminan)

Kemudian jaminan, berupa aset yang dijaminkan oleh peminjam untuk mengamankan pinjaman. Jaminan yang kuat dapat meningkatkan peluang persetujuan kredit dan potentially menurunkan suku bunga.

5. Condition of Economy (Kondisi Ekonomi)

Terakhir adalah kondisi ekonomi, yakni mempertimbangkan kondisi ekonomi makro dan industri tempat peminjam beroperasi. Faktor ini dapat mempengaruhi kemampuan peminjam untuk menghasilkan pendapatan dan melunasi pinjaman.

Pakai Beecloud Mudah Kontrol Hutang Dan Piutang Untuk Mengelola Kondisi Arus Kas Usaha

Jenis-Jenis Agunan

Dalam Undang-Undang Perbankan, agunan dikelompokkan menjadi 2 jenis, yakni agunan pokok dan agunan tambahan.

#Agunan Pokok

Agunan pokok adalah barang, surat berharga, atau garansi yang memiliki hubungan langsung dengan objek yang dibiayai oleh kredit tersebut. Contohnya adalah barang-barang yang dibeli dengan kredit yang dijaminkan, proyek-proyek yang dibiayai oleh kredit terkait, dan lainnya.

#Agunan Tambahan

Sedangkan, agunan tambahan adalah barang, surat berharga, atau garansi yang tidak memiliki hubungan langsung dengan objek yang dibiayai oleh kredit tersebut.

Namun ditambahkan sebagai jaminan tambahan untuk memperkuat posisi pemberi pinjaman. Dengan adanya jaminan tambahan, risiko yang dihadapi oleh pemberi pinjaman dapat diminimalisasi meskipun jaminan pokok tidak mencukupi.

Fungsi Agunan

Dalam buku Aspek-Aspek Hukum Perbankan di Indonesia (2003) karya Rachmadi Usman, ada 4 fungsi utama agunan, yakni:

  • Mendorong debitur untuk berperan aktif dalam proyek atau usaha yang dibiayai.
  • Memberikan dorongan kepada debitur untuk memenuhi kewajiban pembayaran sesuai perjanjian agar terhindar dari kehilangan kekayaan yang dijaminkan.
  • Memberikan kepastian hukum bagi lembaga keuangan bahwa kredit mereka akan dilunasi.
  • Memungkinkan lembaga keuangan untuk mendapatkan pelunasan dari hasil penjualan jaminan jika debitur gagal membayar.

Syarat Aset Dijadikan Agunan

Mengutip dari laman sikapiuangmu.ojk.go.id, ada 3 syarat aset dapat dijadikan agunan, yakni:

  • Memiliki nilai ekonomi, yang berarti dapat diukur dalam bentuk uang dan ditukar dengan uang tunai.
  • Kepemilikan dapat dialihkan dengan mudah.
  • Pemberi pinjaman memiliki hak hukum untuk likuidasi jaminan jika diperlukan.

Contoh Agunan

Dengan adanya jaminan, pihak kredibut dijamin keamananya (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa contoh agunan dan penjelasannya:

1. Pinjaman Usaha

Contoh agunan pertama adalah pinjaman usaha. Contohnya mesin-mesin produksi yang dibeli dengan pinjaman tersebut, bangunan atau properti milik perusahaan yang tidak terkait langsung dengan pembelian mesin tetapi digunakan sebagai tambahan jaminan untuk memperkuat posisi bank sebagai pemberi pinjaman, dan lain sebagainya.

2. Pinjaman Anak Sekolah

Dalam beberapa kasus, tagihan pendidikan yang dibiayai dengan pinjaman dapat menjadi jaminan pokok. Misalnya, jika pinjaman digunakan untuk membayar biaya sekolah, dan lainnya.

Sedangkan jaminan tambahannya adalah Properti atau aset lain milik orang tua atau wali murid, seperti rumah atau kendaraan, yang tidak berkaitan langsung dengan biaya sekolah tapi dapat digunakan sebagai jaminan.

3. Pinjaman KPR (Kredit Pemilikan Rumah)

Contoh ketiga adalah pada pinjaman KPR, yakni Rumah atau properti yang dibeli dengan menggunakan pinjaman KPR. Sedangkan jaminan tambahan adalah Aset lain seperti tanah atau rumah lain yang dimiliki oleh peminjam dan tidak terkait langsung dengan pinjaman KPR.

Kesimpulan

Bisa disimpulkan jika agunan adalah instrumen penting dalam dunia keuangan, khususnya dalam proses peminjaman modal. Bagi peminjam, jaminan menjadi kunci untuk mendapatkan akses pendanaan, terutama untuk pinjaman dengan jumlah besar.

Di sisi lain, bagi pemberi pinjaman, jaminan berfungsi sebagai alat mitigasi risiko, meminimalkan potensi kerugian jika peminjam gagal melunasi kewajibannya.

Sebagai pengusaha, perlu memahami apa itu agunan, dimana jaminanbukan hanya alat untuk mendapatkan pendanaan, tetapi juga berperan penting dalam menjaga kelancaran usaha dan meminimalkan risiko finansial

Artikel Terkait

4 Rumus Rasio Keuangan yang Wajib Diketahui oleh Pebisnis
Sebelum kita membahas secara mendalam mengenai rumus rasio keuangan, mari kita memahami betapa krusialnya peran analisis rasio dalam mengukur dan
Baca Juga
CAGR Adalah Kunci Memprediksi Keuntungan, Ini Rumusnya!
Compound Annual Growth Rate atau CAGR adalah salah satu indikator kunci yang digunakan untuk mengukur pertumbuhan investasi atau bisnis secara
Baca Juga
5 Contoh Pembukuan Uang Masuk dan Keluar
Apakah Anda sedang berencana membuat pembukuan uang masuk dan keluar? Jika iya, tentu Anda membutuhkan referensi contoh pembukuan uang masuk
Baca Juga
3 Contoh RAB Sederhana untuk Berbagai Usaha
Sebagai seorang pengusaha atau investor, penting bagi Anda untuk memiliki rencana anggaran biaya atau RAB sebelum memulai sebuah proyek bisnis
Baca Juga
Memahami Perbedaan Omzet dan Profit, Lengkap!
Tujuan seseorang melakukan bisnis tidak lain adalah untuk mendapat keuntungan atau disebut profit. Sementara itu, ada kata lain yang tidak
Baca Juga
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Contoh pembukuan kas masuk dan keluar - Buku kаѕ mеruраkаn elemen penting dаlаm реnсаtаtаn kеuаngаn. Tіdаk hanya penting bаgі mereka
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 18 October 2023
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu