🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

9 Contoh Promosi Produk Lengkap dengan Tips Penerapannya

Ikuti 9 contoh promosi produk lengkap dengan tips penerapannya berikut ini, dijamin sukses gaet banyak konsumen.
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Wednesday, 8 February 2023

Ada banyak sekali contoh promosi yang bisa dilakukan pebisnis agar produknya bisa laku dipasaran. Selain laku, dengan menggunakan system promo produk akan semakin dikenali banyak orang karena menimbulkan efek awareness,

Artinya, banyak kalangan yang sadar jika produk tersebut ada disekitar mereka. Hingga suatu ketika mereka membutuhkannya bisa menggunakan produk tersebut.

Dengan demikian efek dari promosi pada bisnis terbilang cukup menguntungkan, asalkan dilakukan dengan benar. Berikut contoh promosi lengkap dengan tips penerapannya di bawah ini:

9 Contoh Promosi Produk Terbaik dan Sukses Pikat Konsumen

Promosi

Brand Awareness bisa dibangun melalui promosi (sumber: freepik.com)

1. Memberikan Hadiah untuk Pengguna/ Pelanggan Pertama

Contoh promosi pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan bonus atau hadiah pada pengguna atau pelanggan pertama yang membeli produk Anda. Hadian ini bisa berupa diskon atau fasilitas khusus yang ditawarkan untuk pengguna pertama.

Untuk fasilitas khusus biasanya ditawarkan oleh perusahaan jasa, sedangkan untuk diskon biasanya diterapkan untuk perusahaan yang menawarkan barang sebagai produk yang dijual. Namun, tidak menutup kemungkinan keduanya bisa digunakan untuk dua jenis produk perusahaan ini.

Dengan memberikan diskon atau tawaran khusus, konsumen akan mudah tertarik untuk segera membeli produk Anda. Bahkan tidak menutup kemungkinan ia akan melakukan repeat order jika memang produk yang dibeli memuaskan bagi dirinya.

Baca juga: Pentingnya Tujuan Promosi dan Bentuk-bentuk Promosi

2. Gratis Ongkir

Berikutnya ada gratis ongkir atau gratis ongkos kirim. Jenis promosi ini biasa diterapkan oleh pemilik took online atau bisnis yang memang melayani jasa pengiriman.

Promosi jenis ini menjadi salah satu promosi yang paling ditunggu-tunggu oleh konsumen, sebab mereka bisa menghemat budget untuk ekspedisi.

Cara penerapannya, Anda bisa menawarkan gratis ongkos kirim ini kepada pelanggan yang telah mencapai pembelian dengan jumlah tertentu.

Jika memang konsumen menginginkan untuk mendapatkan gratis ongkir, tidak jarang mereka akan menambah pesanan untuk bisa mencapai transaksi minimum. Dengan demikian, jumlah transaksi penjualan Anda bisa meningkat dengan mudah.

3. Promosi Hari Raya/ Hari Besar

Contoh promosi selanjutnya yang bisa diterapkan adalah memberi diskon ketika hari raya atau hari-hari besar lainnya. Seperti hari kemerdekaan, hari raya idul fitri, hari raya natal dan hari-hari besar lainnya.

Dimana di hari-hari tersebut biasanya konsumen akan lebih sering melakukan belanja dibandingkan dengan hari berikutnya. Dengan Anda memberikan diskon kepada konsumen, maka kemungkinan konsumen akan lebih memilih untuk membeli produk Anda dibandingkan dengan competitor.

Pengaturan diskon harus diperhitungkan juga, agar nantinya tidak menimbulkan efek kerugian bagi bisnis. Dan biasanya yang menjadi masalah ada pengaturan diskon produk yang ribet apalagi memiliki banyak cabang.

Untuk mengatasi masalah itu, Anda bisa menggunakan software kasir minimarket yang bisa langsung mengontrol promo secara terpusat. Bisa promo limit waktu jam sampai hari, min/max Qty, syarat belanja, khusus member dan masih banyak lagi.

Jangan sampai kalah dengan toko sebelah, segera daftarkan diri dan dapatkan gratis trial khusus pengguna pertama dengan dampingan dari tim profesional Bee. Selengkapnya bisa langsung klik banner di bawah ini:

Aplikasi Kasir Minimarket Untuk Customer Yang Nuntut Serba Instan Dan Cepat

4. Promosi Cuci Gudang

Selanjutnya ada promo cuci gudang, dimana biasanya bisnis sedang menghabiskan kelebihan persediaan barang di gudang mereka dengan memberikan diskon besar-besaran.

Selain itu, promosi cuci gudang ini juga bisa menggaet konsumen baru untuk dating, sehingga di masa depan tidak menutup kemungkinan jika konsumen baru ini kembali lagi meskipun tidak sedang melakukan promosi.

5. Contoh Promosi Cashback

Berikutnya ada contoh promosi cashback, artinya jika konsumen melakukan transaksi pembelian akan mendapatkan uang kembali sesuai dengan nominal yang ditetapkan. Cashback ini bisa berupa uang atau poin yang bisa dibelanjakan kembali.

Dengan demikian konsumen akan mendapatkan keuntungan kembali ketika membeli produk yang ditawarkan dan penjual akan mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan transaksi penjualan yang terus meningkat.

6. Promosi Flash Sale

Contoh berikutnya ada promo flash sale. Seperti namanya cara penerapan promosi ini dilakukan dengan cepat dan hanya berlangsung dalam hitungan menit saja.

Gambaran sederhananya, toko baku menawarkan produk dengan diskon sebesar 50 persen dalam event flash sale yang hanya dilakukan dalam hitungan menit.

Sistem pembatasan waktu yang singkat ini bisa meningkatkan rasa urgensi konsumen untuk segera membeli produk karena adrenalin mereka terpacu dengan tawaran besar dengan waktu yang terbatas itu sendiri. Mereka juga akan merasa takut tidak mendapatkan kesempatan jika mereka tidak segera membeli.

Cara ini biasanya diterapkan di marketplace,media social bahkan website yang terbukti ampuh dan sukses meningkatkan penjualan produk.

7. Promosi PO Produk Baru

Untuk perusahaan/bisnis yang akan meluncurkan produk baru cara ini bisa menjadi contoh promosi yang ampuh untuk membangun awareness konsumen terhadap produk baru yang akan diluncurkan.

Cara penerapannya Anda bisa memberikan iming-iming hadiah bagi pelanggan pertama yang membeli produk,sehingga konsumen akan merasa untung dan segera membeli produk baru tersebut.

Metode ini terbilang ampuh digunakan untuk promosi produk baru, selain meningkatkan total penjualan juga bisa menjadikan ajang pengenalan bagi konsumen.Meskipun sekedar “Oh ternyata produk ini ada loh”.

8. Diskon Beli 1 Gratis 1

Contoh promosi produk

Contoh Promosi Produk Beli 1 Gratis 1 (Sumber: freepik.com)

Selanjutnya teknik beli satu gratis satu atau buy one get one, yang disingkat dengan BOGO, yang sudah terbukti ampuh dan sering digunakan oleh perusahaan besar.

Efeknya hampir sama dengan promosi flash sale, contoh promosi ini juga memberikan perasaan urgensi dan ketakutan pelanggan akan melewatkan kesempatan emas ini. Sehingga pelanggan akan cepat memutuskan untuk membeli produk sebelum promo benar-benar berakhir.

Cara ini juga terbilang efektif untuk mengosongkan gudang atau sedang ingin mengenalkan produk baru. Sebab, produk yang diberikan tidak harus berupa produk yang sama akan tetapi produk yang berbeda.

Nah, dengan kesempatan ini Anda pebisnis bisa memberikan produk baru sebagai testimoni.Dan jika produk tersebut ternyata cocok, maka konsumen akan membelinya kembali.

9. Promosi Kode Referral

Anda pernah mendengar atau pernah melakukannya sendiri, menyebarkan kode tertentu agar seorang menggunakan dan membeli produk yang sama seperti milik Anda, dengan harapan akan mendapatkan imbalan sesuai dengan syarat dan ketentuan.

Cara promosi ini juga terbilang cukup efektif, dimana promosi ini dilakukan dengan cara dari konsumen ke konsumen melalui kode referral tersebut.

Pengebaran kode referral ini akan menjadikan produk Anda semakin dikenal kalangan luas, karena setiap pelanggan berpotensi melakukan promosi dengan menyebarkan kode tersebut.

Tips Melakukan Promosi Sukses Gaet Konsumen Banyak

Kenali Target, Susun Strategi dan Lakukan Promosi (Sumber: Freepik.com)

1. Kenali Audience

Hal pertama dan wajib dilakukan oleh pebisnis ketika akan melakukan promosi adalah mengenali dulu siapa audience bisnis nantinya. Sama seperti target market, pebisnis perlu melakukan analisis terlebih dahulu.Agar nantinya promosi yang dilakukan menghasilkan keuntungan seperti yang diinginkan.

2. Gunakan Promosi Menarik

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan agar promosi sukses dilakukan adalah, bijak dalam memilih teknik promosi. Anda bisa menggunakan beberapa rekomendasi contoh promosi diatas sebagai referensi.

Baca juga: Strategi Promosi Kreatif dan Kekinian

3. Gunakan Copywriting

Jika sudah memutuskan akan menggunakan metode apa, berikutnya adalah cioba gunakan copywriting yang menarik, agar konsumen mudah tergiur dengan promosi yang ditawarkan.

Contoh sederhana copywriting yang sering digunakan dalam penawaran promosi adalah “Segera Dapatkan diskon 90% untuk Anda 100 pembeli pertama” dan sejenisnya.

4. Manfaatkan Media Sosial

Jangan ketinggalan zaman, Anda bisa melakukan promosi dengan menggunakan media social. Dimana media sosial ini nantinya akan memuat media promosi juga copywriting menarik yang nantinya akan dilirik oleh calon konsumen.

Dengan jangkauan media sosial yang luas akan membuka peluang produk yang ditawarkan semakin dikenal oleh masyarakat luas pula.

5. Kumpulkan Review Terbaik

Untuk mengisi konten media social, Anda bisa menyisipkan kumpulan review dari pembeli/pelanggan yang telah membeli produk sebelumnya.

Biasanya konsumen akan lebih percaya dengan pernyataan dari konsumen lainnya karena pernyataan mereka terbilang jujur dan tidak ada unsur promosi yang disengaja atau direncanakan dengan pebisnis.

Sekian informasi tentang contoh promosi dan tips penerapannya agar mudah gaet banyak konsumen. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel bisnis berikutnya.

Artikel Terkait

Cara Menghitung Inventory Turnover, Rumus dan Contohnya
Perputaran persediaan atau Inventory turnover adalah kemampuan perusahaan dalam menggunakan persediaannya secara efisien. Salah satu indikator perusahaan memiliki manajemen persediaan
Baca Juga
Usaha Thrift Adalah Bisnis Peluang Besar, Begini Tipsnya
Thrift adalah sejenis usaha dengan menjual barang bekas namun masih layak pakai. Akhir-akhir ini usaha thrift menjadi bisnis yang menjanjikan
Baca Juga
Budidaya Ikan Lele untuk Pemula, Lengkap!
Siapa yang tidak tahu ikan lele, salah satu komoditas ikan yang paling digemari masyarakat Indonesia, sehingga banyak yang berniat melakukan
Baca Juga
7 Komponen Perencanaan Usaha dan Penjelasannya Lengkap!
Komponen perencanaan usaha disusun untuk memudahkan pebisnis dalam memastikan setiap rencananya sesuai dengan tujuan. Tanpa adanya perencanaan maka besar kemungkinan
Baca Juga
Endorse: Bentuk Promosi dengan Mempengaruhi Orang Lain
Bagi sejumlah orang, endorse adalah sumber penghasilan yang cukup menjanjikan. Bahkan, ada juga orang yang menjadikannya sebagai penghasilan utama. Lantas,
Baca Juga
Cara Menghitung Persen di Excel, Kalkulator dan Contohnya
Memahami bagaimana cara menghitung persen adalah keterampilan yang sangat berguna dan dapat diterapkan di berbagai bidang. Sebab, cara ini digunakan
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu