Cara Jualan online di era serba digital ini menjadi trend dan sangat diminati berbagai kalangan pengusaha baik pemula ataupun yang sudah berpengalaman. Hal ini karena tingginya minat konsumen dalam melakukan transaksi online ini.
Dikutip dari Crewdible, semenjak pandemi, ide jualan online modal kecil merupakan hal yang cukup banyak dicari di internet. Pasalnya, bisnis semacam ini masih tetap bisa dijalankan meskipun dengan mobilitas terbatas, bahkan saat Anda berada di rumah saja, media pemasarannya pun beragam, bisa menggunakan marketplace lokal atau situs toko online luar negeri.
Yuk, simak selengkapnya di bawah ini dan awali bisnis Anda:
Berikut cara jualan online untuk pemula yang terbukti berhasil, dijamin laris dan untung besar:
Langkah awal sebelum memulai jualan online, Anda perlu menentukan terlebih dahulu produk apa yang akan dijual. Anda bisa menjual produk sendiri atau menjadi reseller produk lainnya. Anda bisa riset terlebih dahulu mana produk yang paling banyak diminati atau yang minim kompetitor.
Setelah menentukan produk jualan Anda tentukan Unique Point Selling (UPS) atau keunikan dan ciri khas khusus dari bisnis yang Anda jual. Sehingga, bisa menjadikan bisnis Anda lebih menarik dibanding dengan bisnis kompetitor.
Selain itu, dengan menerapkan USP bisa lebih mudah menarget target pasar yang akan dituju dengan lebih spesifik. Contoh saja pada brand IKEA dengan taglinenya membuat hidup sehari-hari lebih mudah. Atau Brand Starbuck, menyediakan berbagai kopi dengan kualitas premium yang menjadikan harganya lebih tinggi dibandingkan dengan brand kopi lainnya.
Selanjutnya adalah menentukan nama brand dari usaha atau bisnis Anda. Nama ini bisa Anda jadikan sebagai nama merek produk atau nama toko di platform jualan online yang akan Anda gunakan. Pastikan nama yang akan Anda gunakan nanti mudah diucapkan agar lebih mudah diingat oleh konsumen
Selain mudah diingat buat nama yang memiliki arti baik agar bisa menjadi doa juga unik agar mudah dibedakan dengan kompetitor lain. Keunikan nama usaha Anda akan sangat berpengaruh jika Anda jualan online. Contoh saya Anda memulai bisnis di website, Anda perlu menyiapkan nama yang belum ada. Sebab, domain web tidak bisa menggunakan nama yang sama dengan pengguna lainnya.
Produk sudah siap, USP sudah ditentukan, nama juga sudah dipersiapkan langkah selanjutnya adalah mulai membuka platform yang akan Anda gunakan sebagai tempat jualan. Anda bisa menyiapkan website, membuat toko di e-commerce seperti Shopee atau Tokopedia, juga bisa menggunakan media sosial yang kini sudah banyak fitur yang memudahkan pebisnis membuka usaha.
Selanjutnya adalah siapkan foto katalog yang menarik. Foto katalog ini menjadi wajah dari produk yang Anda jual. Karena transaksi dilakukan secara online, konsumen hanya bisa mengandalkan foto katalog yang Anda pasang sebagai perbandingan dan pertimbangan.
Sehingga, Anda perlu memang foto katalog yang menarik di dan usahakan milik Anda sendiri berdasarkan real pic dari produk Anda. Sebab, jika Anda menggunakan foto lain, apalagi tidak sesuai dengan kualitas produk yang Anda berikan kepada konsumen akan menjadikan kepercayaan konsumen menurun dan bisnis Anda tidak akan berkembang.
Langkah selanjutnya adalah aktif melakukan promosi di media sosial, dengan melakukan promosi di media sosial maka awareness bisa dibangun dengan mudah, karena media sosial memiliki jangkauan lebih luas. Tidak terbatas waktu dan tempat.
Dengan melakukan promosi di media sosial juga bisa dimanfaatkan menjadi media komunikasi antara pebisnis dan konsumen. Sehingga, akan menimbulkan perasaan akrab dan bisa membangun rasa percaya.
Untuk bisa sukses melakukan promosi di media sosial, konten yang berikan juga tidak harus selalu tentang produk saja, karena biasanya konten yang selalu membahas produk membuat audiens merasa terganggu dan tidak tertarik karena ‘rasa’ promosi yang diberikan terlalu kuat
Sehingga, berikan selibat konten yang relate dengan kehidupan pengguna media sosial agar Anda bisa lebih dekat dan mudah dikenal oleh calon konsumen. Contohnya membuat konten yang lagi viral atau memberikan ucapan-ucapan selamat di hari-hari besar.
Ada beberapa daftar media sosial paling banyak pengguna dan digemari di tahun 2023 ini, mulai dari Tik Tok, Instagram, Facebook, Twitter dan media sosial lainnya.
Nah, selanjutnya adalah terapkan strategi content marketing. Content marketing adalah Salah satu strategi pemasaran yang fokus pada produksi dan publikasi konten yang mampu menarik perhatian khalayak umum sehingga mau menjadi pelanggan.
Dalam pembuatannya, content marketing sangat memperhatikan siapa target pasar yang akan dituju, dengan harapan konten ini nantinya bisa sesuai dengan sasaran dan mencapai apa yang dituju.
Anda bisa memberikan konten produk yang bisa menjadi solusi dari audience yang melihatnya. Dengan demikian audience akan merasa terbantu dan berpeluang menjadi konsumen Anda. Contoh saja, jika Anda menjual produk skincare maka konten marketing yang bisa Anda buat adalah mengenai masalah kulit dan perawatannya.
Jika Anda menggunakan content marketing jangan lupa terapkan SEO didalamnya. SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik yang digunakan untuk melakukan optimasi agar bisa muncul dalam nomor 1 di pencarian. Kini SEO tidak hanya berguna untuk optimasi website saja, juga sosial media dan sejenisnya.
Dengan menerapkan SEO ini kualitas konten juga akan menjadi lebih baik, karena bisa mengarahkan konten sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen.
Selanjutnya, agar bisnis online bisa menjadi lebih dikenal dan memiliki banyak konsumen, Anda bisa memanfaatkan fitur Ads yang ada pada website atau sosial media sebagai media promosi bisnis Anda.
Ada yang akan ditampilkan juga akan disesuaikan dengan segmentasi pasar bisnis, sehingga tidak akan salah sasaran dan potensi untuk menggaet pelanggan juga semakin lebar. Contohnya custom targeting, lookalike targeting, interest targeting dan connection/ behavior targeting.
Setelah memahami cara jualan online, berikut ini ada beberapa rekomendasi produk yang paling digemari dan laris, bisa Anda coba untuk membuka Usaha.
Rekomendasi produk pertama adalah pakaian. Sudah menjadi kebutuhan sehari-hari manusia dengan berbagai model baru yang terus bermunculan menjadi asalan produk pakaian ini tidak pernah sepi peminat. Anda bisa menjual produk pakaian busana muslim, pakaian sehari-hari, kerudung, kaos, jaket, Hoodie, cardigan, pakaian ala Korea dan sejenisnya.
Kemudian ada skincare, dewasa ini kesadaran masyarakat Indonesia mengenai pentingnya merawat kesehatan kulit cukup meningkat secara signifikan. Sehingga, produk skincare ini cukup banyak dicari oleh banyak kalangan.
Berikutnya ada makanan ringan, tidak hanya produk pakaian dan skincare saja, makanan ringan juga bisa bebas dijual belikan secara online. Contohnya saja saat ini sedang ngetrend makanan ringan pedas seperti basreng pedas, makaroni pedas, mie gulung pedas dan sejenisnya.
Selanjutnya ada produk gadget dan aksesoris pendukungnya. Seperti handset, casing hp yang lucu dan beragam, kemudian beberapa produk accesories gadget lainnya.
Untuk mendukung bisnis jualan online Anda, sebaiknya Anda juga wajib menyiapkan pembukuan keuangannya. Karena banyak pengusaha rintisan malah merugi karena tidak pernah tahu dan tidak pernah pantau keuntungan bisnisnya.
Umumnya mereka hanya fokus ke jualan saja, padahal kontrol biaya dan bahan baku juga penting untuk menghindari kerugian. Oleh sebab itu, penting sekali menyediakan aplikasi pembukuan untuk mencatat pengeluaran, stok bahan baku dan pencatatan omset Anda.
Contoh software akuntansi online yang cocok untuk pebisnis pemula saat jualan online adalah Beecloud. Dengan aplikasi ini, Anda bukan hanya mencatat saja. Tapi juga akan tahu laba bersih dari penjualan Anda. Tertarik? Anda bisa coba akses di sini.