Bisnis apa yang cocok dijalankan di akhir tahun? Sudahkah Anda tahu bahwa ada 5 periode penting untuk menaikkan penjualan dalam setahun yaitu ramadhan dan hari raya idhul fitri, idhul adha, hari kemerdekaan, harbolnas, dan hari raya natal dan tahun baru.
Beberapa penjualan bisnis mengalami peningkatan drastis selama periode puncak tersebut.
Bisnis makanan ringan tidak pernah sepi peminat dan mempunyai modal yang tidak terlalu banyak. Keuntungan yang diperoleh dari membuka bisnis makanan ringan juga bisa mencapai puluhan juta.
Saat ini juga menjamur jualan makanan ringan di marketplace dan memiliki target market yang sangat besar. Makanan ringan yang paling diminati di marketplace di antaranya, keripik pedas, makaroni, cireng, basreng, froxen food, kerupuk seblak, dll.
Momen akhir tahun bertepatan dengan momen hari natal. Banyak orang akan mengirim hampers/bingkisan sebagai ungkapan selamat dan juga kasih sayang. Apalagi dengan adanya PPKM banyak yang tidak bisa bertemu secara langsung untuk berbagi kebahagiaan,
Buat hampers/bingkisan dengan tema tertentu agar tidak monoton dan bisa berhubungan dengan target market. Misalnya, hampers bertema makanan, produk fashion dan aksesoris, peralatan rumah tangga, tanaman, mangkok piring set, dll
Pola hidup sehat kini menjadi sebuah tren karena masyarakat, salah satunya adalah dengan makan makanan yang sehat. Sayangnya, tidak semua orang bisa dan sempat untuk memasak sendiri makanan yang sehat. Untuk itulah, katering makanan sehat sangat berpeluang untuk dilakukan akhir tahun 2021 hingga seterusnya.
Air minum galon isi ulang serta LPG merupakan salah satu kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh setiap rumah tangga. Kamu bisa membuka usaha ini di teras rumah tanpa perlu menyewa tempat usaha. Dengan modal yang minim, usaha galon minum dan LPG menjadi salah satu bisnis yang dipastikan laku setiap hari.
Apalagi semenjak pandemi, kegiatan di dalam rumah semakin banyak maka kebutuhan air dan LPG juga semakin tinggi.
Tahun baru, suasana baru. Biasanya kalau mau tahun baru ada beberapa orang yang menginginkan handphone baru atau sekadar casing atau aksesoris hp baru. Oleh karena itu, kebutuhan akan aksesoris handphone juga meningkat dan menjadi peluang bisnis baru.
Bisnis akhir tahun yang satu ini merupakan peluang menjanjikan untuk menargetkan orang-orang yang ingin liburan akhir tahun namun tidak ingin menggunakan transportasi umum. Transportasi menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi banyak orang. Mulai dari kebutuhan rekreasi hingga bisnis, rental mobil masih sangat dilirik. Bahkan saat pandemi melanda, kebutuhan akan mobil sewaan masih cukup tinggi.
Dengan membuka laundry, kamu tidak memerlukan skill apapun. Usaha ini hanya bermodalkan mesin cuci serta dikit ruangan untuk meletakkan mesin cuci, meja laundry, dan rak pakaian. Jika masih belum tahu seluk beluk usaha laundry secara detail, kamu bisa memulainya dengan membuka laundry secara franchise.
Kebiasaan baru bekerja dari rumah membuat banyak orang memilh berkebun sebagai hobi baru. Untuk itu Anda bisa memikirkan membuka bisnis perlengkapan berkebun. Tak perlu skill khusus seperti usaha menjahit, Anda cukup siapkan modalnya, kulak barangnya, siapkan tempatnya, lalu jual seperti biasa.
Periode penjualan besar-besaran seperti musim harbolnas atau natal dan tahun baru menjadi sesuatu yang dinanti-nantikan oleh banyak pebisnis. Namun, diperlukan persiapan yang matang agar momen bisa benar-benar dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan.
Mau penjualan bisnis Anda optimal di akhir tahun? Simak tips berikut ini!
Analisis data-data dari tahun sebelumnya untuk memperkirakan seberapa sibuk bisnis Anda menjelang akhir tahun. Anda bisa menganalisis mulai dari traffic, penjualan, dan jumlah transaksi. Anda juga bisa menganalisis promo-promo yang pernah diadakan sebelumnya untuk mencari tahu promo seperti apa yang menarik bagi target konsumenmu.
Manfaatkan berbagai platform marketing, mulai dari media sosial, website, email, push notification, dan banyak lagi. Strategi ini membantu bisnis menjangkau lebih banyak konsumen. Pastikan juga pesan yang Anda sampaikan di tiap channel selaras satu sama lain maupun dengan persona brand yang ingin dibangun.
Permintaan barang atau jasa menjelang akhir tahun biasanya meningkat. Apabila staf kurang atau kurang persiapan, hal ini bisa menyebabkan lambatnya layanan terhadap pelanggan. Untuk menghindari ini, Anda bisa mempekerjakan staf tambahan dan mempersiapkan pelatihan untuk karyawan jauh-jauh hari sebelumnya.
Dalam merencanakan segala sesuatu mulai dari campaign, promo, dan layanan, selalu pikirkan target customer bisnismu. Pikirkan cara untuk mendorong mereka agar mau kembali berbelanja lagi, misalnya dengan menawjasjarkan promo atau reward untuk pembelian selanjutnya.
Semua kerja keras bisa hilang jika barang atau produk akhir yang Anda kirimkan tidak diterima konsumen dalam kondisi yang baik, terlambat sampai, atau bahkan tidak sampai sama sekali. Baik itu mengirimkan barang dari toko ke toko atau ke customer, pengiriman bisnis memerlukan penanganan yang tepat dan dapat memiliki dampak yang besar kepada kepercayaan konsumen apabila tidak tepat.
Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba bisnis di momen akhir tahun, selain ide dan persiapan yang matang Anda juga butuh mengetahui berapa modal yang Anda punya, perhitungan HPP, stok dan nantinya perhitungan laba-rugi.
Pada laporan laba rugi seperti jumlah laba/rugi, rincian pendapatan, rincian beban. Kemudian, hitunglah dan lakukan analisis rasio keuangan seperti profitabilitas, efisiensi, ROI (Return of Investment), laba per lembar saham dan lainnya.
Selain kinerja keuangan perusahaan, lewat laporan laba rugi Anda juga dapat menilai risiko dari bisnis Anda. Lihat laba yang memperoleh setiap bulan ataupun dari tahun ke tahun.
Coba GRATIS Program Pembukuan Akuntansi untuk Usaha Barang dan Jasa, klik banner di bawah ini!