Bagaimana cara menentukan harga jual produk? Faktor-faktor apa saja yang Anda perhitungkan?
Menetapkan harga jual untuk produk bisa menjadi tugas yang menakutkan, tetapi penting untuk diingat bahwa ini bukan tentang bagaimana menghasilkan omset penjualan sebanyak mungkin.
Anda harus menemukan keseimbangan antara nilai produk dan berapa banyak pelanggan yang bersedia membayar produk Anda.
Harga jual adalah harga yang ditetapkan oleh pengusaha untuk produk mereka. Pengusaha harus mempertimbangkan biaya produksi, biaya pemasaran dan segala biaya lainnya sebelum menetapkan harga jual.
Jika harga jual ditetapkan terlalu tinggi, produk tidak akan laku dan pengusaha akan merugi. Sebaliknya, jika harga jual ditetapkan terlalu rendah, pengusaha tidak akan mendapatkan keuntungan yang layak.
Oleh karena itu, pengusaha harus berhati-hati dalam cara menentukan harga jual produk mereka.
Anda ingin memastikan bahwa Anda tidak kehilangan uang ketika Anda menjual produk Anda, bukan? Jadi, bagaimana cara menentukan harga jual agar tidak merugi?
Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan harga jual:
Mari kita pelajari masing-masing secara lebih rinci.
1. Biaya-biaya yang dikeluarkan
Biaya ini termasuk bahan yang Anda gunakan untuk membuat produk Anda, biaya tenaga kerja, dan biaya lain yang terkait dengan produksi dan penjualan produk Anda.
Anda perlu memastikan bahwa harga yang Anda tetapkan cukup untuk menutupi biaya-biaya ini dan masih memberi Anda keuntungan.
2. Nilai pasar
Nilai pasar adalah nilai produk Anda di pasar terbuka. Anda bisa mendapatkan gambaran tentang ini dengan melihat produk serupa yang sudah dijual.
Anda tidak ingin menjual produk Anda kurang dari nilainya, tetapi Anda juga tidak ingin mengenakan biaya terlalu banyak, atau Anda akan kehilangan pembeli.
3. Margin keuntungan
Terakhir, Anda perlu memutuskan berapa banyak keuntungan yang ingin Anda hasilkan dari setiap penjualan. Ini akan menentukan harga jual akhir.
Anda harus menetapkan harga yang tinggi sehingga Anda mendapatkan keuntungan yang layak, tetapi tidak terlalu tinggi sehingga orang tidak akan membelinya.
Ini dia delapan cara menentukan harga Jual untuk Barang dan Jasa yang bisa Anda adopsi di produk Anda.
1. Margin profit
Margin profit adalah rumus menghitung harga jual dengan menambahkan margin keuntungan yang sudah Anda tentukan.
Rumus Margin Profit sebagai berikut
Harga Jual = Biaya Variabel / (1-Desimal margin profit yang diinginkan)
2. Mark up Pricing
Adalah rumus menghitung harga jual yang paling populer. Dengan rumus ini Anda dapat menentukan harga jual dengan mark up harga sesuai keinginan.
Harga Jual = Modal + Mark Up
3. Harga Jual dengan Cost Plus Pricing
Cost plus pricing berpijak pada biaya produksi, biaya marketing dan biaya operasional yang ditambah dengan margin keuntungan tertentu.
Harga Jual = (Modal + Biaya Operasional + Tagihan/Pajak) + % Laba dari modal
Dengan rumus di atas, Anda sudah bisa menentukan harga jual produk yang sesuai bagi perusahaan.
4. Harga Jual dengan Value Based Pricing
Value Based pricing berpijak pada apa yang dinilai oleh pelanggan sebagai nilai, bukan biaya. Harga ditentukan berdasarkan kepuasan pelanggan dan bukan berapa banyak modal yang Anda investasikan.
5. Harga Jual dengan MSRP (Manufacturer Suggested Retail Price)
MSRP adalah harga yang ditetapkan oleh produsen, Anda sebagai pemilik perusahaan hanya perlu menerapkannya.
6. Harga Jual dengan Harga Tetap
Harga tetap adalah harga jual yang ditetapkan berdasarkan analisa bisnis secara keseluruhan. Dengan demikian harga produk tidak akan terpengaruh oleh biaya operasional dan sebagainya.
7. Harga Jual Skimming Pricing
Skimming pricing adalah teknik menentukan harga jual yang paling mahal di awal agar mendapatkan keuntungan tertinggi. Teknik ini sering digunakan untuk produk baru atau produk inovatif.
8. Harga Jual Berdasarkan Pasar
Metode ini dilakukan dengan melakukan riset terhadap harga jual pasar, sehingga Anda bisa menentukan harga sesuai dengan apa yang ditawarkan oleh pesaing.
Anda dapat menentukan harga jual produk dengan menggunakan salah satu atau lebih dari metode di atas. Hal yang paling penting adalah mengetahui apa yang Anda jual, bagaimana nilai produk Anda, dan siapa target pasar Anda sebelum menetapkan harga.
Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda melakukan hal itu:
Agar tetap unggul dalam persaingan, Anda perlu menyesuaikan harga jual Anda sesekali. Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda melakukannya:
Menetapkan harga yang tepat untuk produk Anda sangat penting jika Anda ingin mendapat untung.
Jika Anda tidak yakin bagaimana menetapkan harga yang tepat untuk produk Anda, tips ini akan membantu Anda memulai. Ingatlah untuk selalu menggunakan penilaian terbaik Anda saat menentukan harga produk - Anda tahu bisnis Anda lebih baik daripada orang lain!