Penggiat bisnis online atau pembeli online pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah gratis ongkir atau gratis ongkos kirim ini. Dimana konsumen hanya perlu membayar seharga produknya saja tanpa perlu jasa pengiriman.
Terus siapa yang harus membayar ongkos kirim ini? Sekilas dari sudut pandang pebisnis strategi ini merugikan, karena pihak pebisnis lah yang akan membayar biaya kirimnya. Tapi nyatanya program gratis ongkir ini sukses menggaet banyak konsumen dan bisa meningkatkan penjualan.
Simak tips dan cara menerapkan promosi gratis ongkos kirim ini, anti rugi dan harga yang ditetapkan masih layak bersaing.
Pebisnis yang jujur adalah pebisnis yang paling disukai konsumennya, prinsip ini juga perlu dilakukan ketika menerapkan promosi ini. Meskipun produk ini nantinya akan dikirim ke konsumen secara gratis pebisnis tidak boleh mengurangi kualitas dari produk.
Dengan konsistensi kualitas ini juga konsumen akan percaya dengan bisnis Anda dan bisnis Anda bisa bertahan secara berkelanjutan tanpa adanya bayang-bayang komentar buruk dari konsumen yang tidak puas dengan barang yang mereka beli.
Meskipun pebisnis tidak bisa menghandle 100% apa yang dipikirkan konsumen, setidaknya sudah berusaha untuk menjaga nama baik dan kepercayaan dengan tetap memberikan produk dengan kualitas terbaik sesuai dengan harganya.
Agar tidak rugi promosi gratis ongkir pebisnis perlu menerapkan jangka waktu promosi, perhatikan juga kemampuan bisnis Anda. Jangan hanya fokus untuk meningkatkan penjualan namun nyatanya Anda rugi di lain hal.
Selain memperhatikan kondisi keuangan bisnis jangka waktu ini juga bisa Anda pertimbangkan untuk merayakan hari-hari tertentu. Contohnya gratis ongkir di bulan Ramadhan, hari kembar, kemerdekaan dan sejenisnya.
Berikutnya adalah menetapkan syarat dan ketentuan jumlah pembelian tertentu agar konsumen bisa mendapatkan gratis ongkir. Dengan memberikan syarat ini Anda bisa menyelam sambil minum air.
Dimana pebisnis bisa meningkatkan penjualan dengan dua cara sekaligus, pertama dari promosi kedua dari pola pikir konsumen yang berubah, mereka tidak lagi memikirkan produk apa yang akan mereka beli tapi produk apa yang harus mereka beli agar bisa mendapatkan gratis ongkir.
Tips menggunakan promo gratis ongkir selanjutnya adalah dengan memilih produk mana yang akan berikan promosi ini. Hal ini bersifat kondisional, ada bisa menetapkan untuk seluruh produk yang ada di toko atau hanya produk – produk khusus saja.
Contohnya Anda menetapkan promosi gratis ongkir pada produk yang paling banyak stok dibanding yang lain atau produk yang paling laris sampai yang kurang laku. Semua bisa dilakukan sesuai dengan pertimbangan stok barang dan keuangan bisnis.
Berikutnya adalah menghindari kenaikan harga, hal ini untuk menghindari pelanggan yang kabur karena merasa harga yang dipasang terlalu mahal bagi mereka. Lalu bagaimana cara penjual agar bisa menutup biaya pengiriman ini tanpa menghindari kenaikan harga?
Anda bisa menekan dan mengurangi margin keuntungan bisnis tanpa harus menjadikan bisnis menjadi rugi, setidaknya dengan menggunakan promo gratis ongkir penjualan Anda bisa meningkat. Sedikit – sedikit lama-lama akan menjadi bukit.
Mengurangi margin keuntungan ini sudah menjadi sistem kerja dari promosi gratis ongkos kirim ini, yang mana penjual harus menekan biaya dengan cara mengurangi margin keuntungan dengan meningkatkan jumlah penjualan.
Baca Juga: Cara Menghitung HPP (Harga Pokok Penjualan) Mudah, Lengkap
Selanjutnya, menyambung dari poin ke 5 masih terkait harga, Anda perlu menetapkan harga yang masih bersaing dan manusiawi, manusiawi untuk pembeli dan manusiawi untuk Anda sendiri. Bisnis adalah kegiatan untuk mencari keuntungan dan sudah sangat wajar jika pebisnis mendapatkan keuntungan dari usahanya.
Untuk menerapkan harga yang tepat Anda perlu melakukan riset pasar agar harga yang Anda pasang nantinya bisa bersaing dengan kompetitor, selain riset pasar Anda juga perlu melakukan perhitungan HPP (harga pokok penjualan) yang tepat. Sehingga bisnis masih bisa menguntungkan Anda.
Nah, untuk bisa menentukan harga produk sampai manajemen waktu yang tepat dalam menggunakan sistem program promosi gratis ongkos kirim ini, perusahaan perlu memiliki manajemen dan pengelolaan keuangan yang baik.
Dari pengelolaan keuangan yang baik akan menghasilkan laporan keuangan yang jelas menggambarkan bagaimana kondisi keuangan bisnis yang sebenarnya, sehingga pebisnis bisa menentukan bagaimana langkah yang akan diambil di masa depan untuk kegiatan operasional bisnis termasuk menetapkan promosi gratis ongkir.
Tips selanjutnya dalam menerapkan sistem gratis ongkos kirim agar tidak rugi adalah membatasi area atau wilayah pengiriman. Jika Anda menerapkan promosi jenis ini untuk seluruh wilayah Indonesia tentunya akan sangat memberatkan pihak penjual.
Belum jika Anda berapa di area pulau Jawa dan konsumen berada di luar pulau saja, maka biaya pengiriman pun akan memakan biaya yang lumayan tinggi dan sebaliknya, sehingga untuk mengatasi ini perlu adanya pembatasan wilayah.
Baca Juga: 9 Contoh Promosi Produk Lengkap dengan Tips Penerapannya
Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan pebisnis jika menggunakan sistem promosi gratis ongkos kirim ini, berikut diantaranya:
Keuntungan pertama yang akan didapatkan pebisnis ketika menerapkan sistem promosi ini adalah membangun brand awareness. Bisnis Akan semakin dikenal banyak orang bahkan menjadi rekomendasi para konsumen.
Selain itu, ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan pebisnis jika brand awareness yang dibangun sukses, selain dikenal dan meningkatkan penjualan.
Seperti yang sudah disinggung pada pembahasan sebelumnya, jika sebuah brand atau bisnis sukses di bangun maka penjualan akan semakin tinggi. Dan keuntungan yang didapatkan juga akan semakin banyak.
Selain faktor brand awareness dengan menggunakan sistem gratis ongkir ‘rasa’ ingin membeli konsumen juga semakin tinggi. Dan sangat kemungkinan produk Anda akan dibeli oleh konsumen. Asalkan harga yang ditetapkan juga bersaing dan tidak di atas harga pasaran.
Brand awareness sukses terbangun, jumlah penjualan meningkat maka pintu kesuksesan bisnis juga akan semakin terbuka lebar. Yang perlu Anda lakukan adalah konsisten dan perlu belajar. Sebab, tidak ada bisnis yang tiba-tiba semua berproses dan ada masanya masing-masing.
Sistem promosi gratis ongkos kirim atau gratis ongkir ini merupakan sebuah teknik promosi dengan menekan margin keuntungan seminim mungkin untuk biaya pengiriman, dengan harapan mampu meningkatkan angka penjualan.
Sistem ini kerap digunakan untuk jenis bisnis online, baik dilakukan di Marketplace, sosial media, e-commerce, atau bisnis offline yang menerima pesanan dan lain sebagainya. Karena hanya bisnis online saja yang biasanya menggunakan jasa pengiriman.
Anda juga bisa menggunakan aplikasi pembukuan online shop dari Beecloud untuk memantau stok sampai perkembangan bisnis. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengetahui mana produk paling laris, mana yang kurang diminati sehingga memudahkan Anda dalam menetapkan promo.
Aplikasi pembukuan ini sudah terintegrasi dengan Beecloud, software akuntansi online yang akan membantu Anda dalam mengelola dan memanajemen keuangan bisnis, dari laporan laba rugi sampai akuntansi secara lebih praktis. Bisa dikontrol dimana saja dan kapan saja.
Sebagai pebisnis sudah seharusnya paham dan memahami peluang bisnis yang ada, termasuk menggunakan sistem ini. Sekian artikel dari Bee, semoga bermanfaat dan bisa membantu permasalahan Anda.