🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

7+ Tips Menggunakan Promo Gratis Ongkir Anti Rugi

Menggunakan promo gratis ongkir memang bisa menjadikan angka penjualan meningkat, namun rawan rugi, kenapa? Simak tipsnya disini
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Thursday, 30 March 2023

Penggiat bisnis online atau pembeli online pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah gratis ongkir atau gratis ongkos kirim ini. Dimana konsumen hanya perlu membayar seharga produknya saja tanpa perlu jasa pengiriman.

Terus siapa yang harus membayar ongkos kirim ini? Sekilas dari sudut pandang pebisnis strategi ini merugikan, karena pihak pebisnis lah yang akan membayar biaya kirimnya. Tapi nyatanya program gratis ongkir ini sukses menggaet banyak konsumen dan bisa meningkatkan penjualan.

Tips Menggunakan Promo Gratis Ongkir Anti Rugi

Gratis Ongkos Kirim

Ilustrasi Penerapan Iklan Gratis Ongkos Kirim (Credit: Freepik.com/ @brgfx)

Simak tips dan cara menerapkan promosi gratis ongkos kirim ini, anti rugi dan harga yang ditetapkan masih layak bersaing.

1. Menjaga dan Memperhatikan Kualitas Barang

Pebisnis yang jujur adalah pebisnis yang paling disukai konsumennya, prinsip ini juga perlu dilakukan ketika menerapkan promosi ini. Meskipun produk ini nantinya akan dikirim ke konsumen secara gratis pebisnis tidak boleh mengurangi kualitas dari produk.

Dengan konsistensi kualitas ini juga konsumen akan percaya dengan bisnis Anda dan bisnis Anda bisa bertahan secara berkelanjutan tanpa adanya bayang-bayang komentar buruk dari konsumen yang tidak puas dengan barang yang mereka beli.

Meskipun pebisnis tidak bisa menghandle 100% apa yang dipikirkan konsumen, setidaknya sudah berusaha untuk menjaga nama baik dan kepercayaan dengan tetap memberikan produk dengan kualitas terbaik sesuai dengan harganya.

2. Menetapkan Jangka Waktu Promosi

Agar tidak rugi promosi gratis ongkir pebisnis perlu menerapkan jangka waktu promosi, perhatikan juga kemampuan bisnis Anda. Jangan hanya fokus untuk meningkatkan penjualan namun nyatanya Anda rugi di lain hal.

Selain memperhatikan kondisi keuangan bisnis jangka waktu ini juga bisa Anda pertimbangkan untuk merayakan hari-hari tertentu. Contohnya gratis ongkir di bulan Ramadhan, hari kembar, kemerdekaan dan sejenisnya.

3. Menetapkan S&K Minimum Jumlah Pembelian

Berikutnya adalah menetapkan syarat dan ketentuan jumlah pembelian tertentu agar konsumen bisa mendapatkan gratis ongkir. Dengan memberikan syarat ini Anda bisa menyelam sambil minum air.

Dimana pebisnis bisa meningkatkan penjualan dengan dua cara sekaligus, pertama dari promosi kedua dari pola pikir konsumen yang berubah, mereka tidak lagi memikirkan produk apa yang akan mereka beli tapi produk apa yang harus mereka beli agar bisa mendapatkan gratis ongkir.

4. Pilih Produk untuk Promosi

Tips menggunakan promo gratis ongkir selanjutnya adalah dengan memilih produk mana yang akan berikan promosi ini. Hal ini bersifat kondisional, ada bisa menetapkan untuk seluruh produk yang ada di toko atau hanya produk – produk khusus saja.

Contohnya Anda menetapkan promosi gratis ongkir pada produk yang paling banyak stok dibanding yang lain atau produk yang paling laris sampai yang kurang laku. Semua bisa dilakukan sesuai dengan pertimbangan stok barang dan keuangan bisnis.

5. Usahakan Hindari Kenaikan Harga

Berikutnya adalah menghindari kenaikan harga, hal ini untuk menghindari pelanggan yang kabur karena merasa harga yang dipasang terlalu mahal bagi mereka. Lalu bagaimana cara penjual agar bisa menutup biaya pengiriman ini tanpa menghindari kenaikan harga?

Anda bisa menekan dan mengurangi margin keuntungan bisnis tanpa harus menjadikan bisnis menjadi rugi, setidaknya dengan menggunakan promo gratis ongkir penjualan Anda bisa meningkat. Sedikit – sedikit lama-lama akan menjadi bukit.

Mengurangi margin keuntungan ini sudah menjadi sistem kerja dari promosi gratis ongkos kirim ini, yang mana penjual harus menekan biaya dengan cara mengurangi margin keuntungan dengan meningkatkan jumlah penjualan.

Baca Juga: Cara Menghitung HPP (Harga Pokok Penjualan) Mudah, Lengkap

6. Melakukan Perhitungan Harga yang Tepat

Selanjutnya, menyambung dari poin ke 5 masih terkait harga, Anda perlu menetapkan harga yang masih bersaing dan manusiawi, manusiawi untuk pembeli dan manusiawi untuk Anda sendiri. Bisnis adalah kegiatan untuk mencari keuntungan dan sudah sangat wajar jika pebisnis mendapatkan keuntungan dari usahanya.

Untuk menerapkan harga yang tepat Anda perlu melakukan riset pasar agar harga yang Anda pasang nantinya bisa bersaing dengan kompetitor, selain riset pasar Anda juga perlu melakukan perhitungan HPP (harga pokok penjualan) yang tepat. Sehingga bisnis masih bisa menguntungkan Anda.

7. Punya Manajemen Keuangan yang Baik

Nah, untuk bisa menentukan harga produk sampai manajemen waktu yang tepat dalam menggunakan sistem program promosi gratis ongkos kirim ini, perusahaan perlu memiliki manajemen dan pengelolaan keuangan yang baik.

Dari pengelolaan keuangan yang baik akan menghasilkan laporan keuangan yang jelas menggambarkan bagaimana kondisi keuangan bisnis yang sebenarnya, sehingga pebisnis bisa menentukan bagaimana langkah yang akan diambil di masa depan untuk kegiatan operasional bisnis termasuk menetapkan promosi gratis ongkir.

8. Batasi Area Promosi Gratis Ongkir

Tips selanjutnya dalam menerapkan sistem gratis ongkos kirim agar tidak rugi adalah membatasi area atau wilayah pengiriman. Jika Anda menerapkan promosi jenis ini untuk seluruh wilayah Indonesia tentunya akan sangat memberatkan pihak penjual.

Belum jika Anda berapa di area pulau Jawa dan konsumen berada di luar pulau saja, maka biaya pengiriman pun akan memakan biaya yang lumayan tinggi dan sebaliknya, sehingga untuk mengatasi ini perlu adanya pembatasan wilayah.

Baca Juga: 9 Contoh Promosi Produk Lengkap dengan Tips Penerapannya

Keuntungan Menggunakan Sistem Gratis Ongkir

Perilaku Konsumen

Salah Satu Keuntungan Menggunakan Gratis Ongkir adalah Meningkatkan Minat Konsumen untuk Membeli (Credit: Freepik/ @odua)

Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan pebisnis jika menggunakan sistem promosi gratis ongkos kirim ini, berikut diantaranya:

1.Membangun Brand Awareness

Keuntungan pertama yang akan didapatkan pebisnis ketika menerapkan sistem promosi ini adalah membangun brand awareness. Bisnis Akan semakin dikenal banyak orang bahkan menjadi rekomendasi para konsumen.

Selain itu, ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan pebisnis jika brand awareness yang dibangun sukses, selain dikenal dan meningkatkan penjualan.

2. Meningkatkan Penjualan

Seperti yang sudah disinggung pada pembahasan sebelumnya, jika sebuah brand atau bisnis sukses di bangun maka penjualan akan semakin tinggi. Dan keuntungan yang didapatkan juga akan semakin banyak.

Selain faktor brand awareness dengan menggunakan sistem gratis ongkir ‘rasa’ ingin membeli konsumen juga semakin tinggi. Dan sangat kemungkinan produk Anda akan dibeli oleh konsumen. Asalkan harga yang ditetapkan juga bersaing dan tidak di atas harga pasaran.

3. Bisnis Akan Sukses

Brand awareness sukses terbangun, jumlah penjualan meningkat maka pintu kesuksesan bisnis juga akan semakin terbuka lebar. Yang perlu Anda lakukan adalah konsisten dan perlu belajar. Sebab, tidak ada bisnis yang tiba-tiba semua berproses dan ada masanya masing-masing.

Kesimpulan

Sistem promosi gratis ongkos kirim atau gratis ongkir ini merupakan sebuah teknik promosi dengan menekan margin keuntungan seminim mungkin untuk biaya pengiriman, dengan harapan mampu meningkatkan angka penjualan.

Sistem ini kerap digunakan untuk jenis bisnis online, baik dilakukan di Marketplace, sosial media, e-commerce, atau bisnis offline yang menerima pesanan dan lain sebagainya. Karena hanya bisnis online saja yang biasanya menggunakan jasa pengiriman.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi pembukuan online shop dari Beecloud untuk memantau stok sampai perkembangan bisnis. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengetahui mana produk paling laris, mana yang kurang diminati sehingga memudahkan Anda dalam menetapkan promo.

Beecloud Ecommerce Untuk Toko Online Web 768x402

Aplikasi pembukuan ini sudah terintegrasi dengan Beecloud, software akuntansi online yang akan membantu Anda dalam mengelola dan memanajemen keuangan bisnis, dari laporan laba rugi sampai akuntansi secara lebih praktis. Bisa dikontrol dimana saja dan kapan saja.

Sebagai pebisnis sudah seharusnya paham dan memahami peluang bisnis yang ada, termasuk menggunakan sistem ini. Sekian artikel dari Bee, semoga bermanfaat dan bisa membantu permasalahan Anda.

Artikel Terkait

Tujuan Riset Pasar Adalah: Pengertian dan Tipsnya
Tujuan riset pasar adalah salah satu hal penting yang wajib Anda pahami, terkhusus dalam rangka pengembangan usaha. Riset pasar sangat
Baca Juga
4 Teknik Analisis Data Bisnis dan Cara Penerapannya
Teknik analisis data adalah metode yang melibatkan pencarian, pengumpulan, dan pengolahan data untuk menghasilkan informasi yang akurat dan terpercaya. Dalam
Baca Juga
10 Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan 2023
Bisnis sukses, dikenal banyak orang sampai menjadi pilihan utama konsumen ketika akan membeli produk sejenis, salah satu caranya adalah paham
Baca Juga
25 Ide Jualan Makanan yang laku Setiap Hari Minim Modal
Bisnis jualan makanan bisa menjadi pilihan menjanjikan untuk dijalankan. Terlebih, dengan permintaan masyarakat yang selalu meningkat terhadap makanan. Namun, untuk
Baca Juga
Advertising Adalah Iklan, Pahami Penjelasannya Disini
Advertising adalah teknik promosi yang jadi andalan pebisnis saat ini untuk memperkenalkan produk dan layanannya kepada masyarakat luas. Terlebih lagi
Baca Juga
Syarat dan Cara Mendapatkan Bantuan UMKM
Banyak pelaku UMKM mengharapkan bantuan UMKM dari pemerintah, khususnya setelah pandemi menghantam perekonomian Indonesia dan membuat banyak usaha mengalami kerugian.
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu