Banyak perusahaan atau pebisnis yang membutuhkan digital marketing untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa yang mereka miliki. Akan tetapi, banyak juga perusahaan yang kurang mengetahui digital marketing strategy yang bagus agar promosi mereka berjalan dengan sukses.
Ada beberapa best digital marketing strategy yang dapat digunakan untuk meningkatkan promosi sesuai dengan yang diinginkan. Akan tetapi, untuk mengetahui mana strategi yang tepat membutuhkan proses dan pemahaman yang tepat.
Digital marketing adalah kegiatan pemasaran yang menggunakan media atau teknologi digital untuk menjalankannya. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar konsumen atau calon pembeli tertarik oleh produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Biasanya perusahaan menggunakan digital marketing dalam bentuk kampanye atau promosi. Mereka menggunakan sosial media atau website untuk menarik calon pembeli yang sesuai dengan target.
Akan tetapi, tentu saja juga terdapat banyak perusahaan yang menggunakan kegiatan digital marketing untuk memasarkan produk atau jasa mereka. Oleh karena itu, sebagai seorang pebisnis, Anda juga harus mengetahui strategi digital marketing apa yang tepat untuk digunakan.
Banyaknya perusahaan yang menggunakan digital marketing untuk promosi produk atau jasa yang mereka tawarkan adalah karena kelebihan yang mereka miliki. Berikut ini adalah kelebihan dari digital marketing:
Salah satu kelebihan dari menggunakan digital marketing untuk promosi adalah kecepatan penyebarannya. Apalagi jika digital marketing strategy yang Anda gunakan tepat maka penyebarannya juga akan lebih cepat dan sangat luas.
Kelebihan lainnya, Anda juga akan mendapatkan hasil dari promosi yang dilakukan melalui digital marketing secara langsung. Dengan begitu, Anda bisa tahu apakah promosi yang dijalankan sudah sesuai dengan target atau harus menggunakan strategi yang lainnya.
Selain penyebarannya yang luas, Anda juga dapat memiliki jangkauan geografis yang sangat luas dengan menggunakan promosi melalui digital marketing. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk jangkauan yang luas tersebut lebih terjangkau dengan menggunakan digital marketing.
Pemasaran melalui kegiatan digital jauh lebih murah dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Anda dapat menghemat biaya anggaran hingga 40% melalui pemasaran di bidang digital. Karena hal itu, banyak pebisnis kecil yang sering menggunakan digital marketing untuk usaha mereka.
Dengan bantuan dari social media dan internet, Anda dapat membangun nama brand dengan lebih cepat dan baik. Hal ini tentu menguntungkan bagi pebisnis yang baru saja memiliki sebuah brand baru dan ingin disebarluaskan brand tersebut.
Baca Juga: [DOWNLOAD] Cara Meningkatkan Omset dengan Customer Magnet
Ada beberapa digital marketing strategy yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan promosi Anda. Berikut ini adalah strategi digital marketing yang dimaksud:
Strategi digital marketing satu ini adalah strategi dengan cara mengoptimalkan situs untuk mendapatkan peringkat yang teratas dalam hasil pencarian. Media yang bisa digunakan adalah website, infografis dan blogs.
Cara strategi digital marketing satu ini adalah membuat dan membagikan konten yang berisi tentang perusahaan atau produk yang akan dipromosikan. Konten yang dibuat dapat diunggah pada media sosial, blog, brosur online atau e-book dalam berbagai bentuk.
Strategi ini untuk mengoptimalkan tugas yang dibuat secara berulang-ulang. Anda dapat mengoptimasinya dengan melalui berbagai media digital, seperti email atau media sosial.
PPC adalah salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengarahkan target ke situs yang Anda miliki dengan bayaran pada setiap kliknya. Anda dapat menggunakan cara ini melalui Google AdWords, Facebook Ads atau sponsor berbayar lainnya.
Anda juga dapat menggunakan bentuk lain dari konten berbayar dengan cara ini, strategi ini juga memiliki tujuan yang sama dengan cara mempromosikan konten yang ada pada sosial media yang Anda miliki.
Strategi ini menggunakan cara untuk melakukan mitra dengan situs atau layanan lain dengan membuat komisi jika ada pengunjung atau pembaca yang mengunjungi situs Anda.
Sedangkan strategi ini menggunakan cara dengan mempromosikan brand Anda melalui konten yang diunggah pada sosial media yang sedang trend, seperti Twitter, Facebook, Whatsapp, Instagram dan lain sebagainya.
Baca Juga: Aplikasi Manajemen Marketplace, Mudah Rekap Transaksi ke Pembukuan
Dari beberapa digital marketing strategy di atas manakah yang paling tepat untuk Anda gunakan? Pastikan Anda mengoptimalkan strategi yang dipilih agar dapat berjalan sesuai dengan yang tujuan yang diinginkan.
Dan ini satu lagi yang tidak boleh terlupakan yaitu data. Setelah Anda menetukan tempat, produk, harga dan promosi maka Anda harus tahu bagaimana data penjualan. Apakah mengalami kenaikan atau masih sama saja.
Data penjulan haruslah akurat dan UpToDate agar lebih cepat dalam Anda menganalisanya, kemudian mengambil keputusan langkah apa saja yang harus dilakukan jika penjualan tidak naik, Anda bisa langsung ubah strategi. Dan sebaliknya jika penjualan naik maka harus dipastikan stock tersedia dengan baik.
Untuk itu Anda membutuhkan software penjualan yang bisa menyajikan laporan stock sekaligus. Dan Beecloud merupakan salah satu software penjualan yang sangat lengkap plus hargnya terjangkau jadi sangat cocok bagi Anda.
Anda bisa coba dulu software Beecloud untuk melihat bagaimana cara kerjanya secara gratis. Langsung saja klik disini untuk mendaftar. Oh ya sampai kelupaan selain itu Beecloud sistemnya juga sudah online. Jadi Anda bisa mengecek semua aktivitas di perusahaan dengan sekali klik dari mana saja dan kapan saja. Selamat mencoba!