Logo Bee Web

7 Digital Marketing Strategy Tokcer yang Bisa Anda Coba

Dengan memahami digital marketing strategy yang tepat untuk digunakan, Anda dapat mempromosikan produk atau jasa dengan lebih maksimal.
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 10 August 2022

Banyak perusahaan atau pebisnis yang membutuhkan digital marketing untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa yang mereka miliki. Akan tetapi, banyak juga perusahaan yang kurang mengetahui digital marketing strategy yang bagus agar promosi mereka berjalan dengan sukses.

Ada beberapa best digital marketing strategy yang dapat digunakan untuk meningkatkan promosi sesuai dengan yang diinginkan. Akan tetapi, untuk mengetahui mana strategi yang tepat membutuhkan proses dan pemahaman yang tepat.

Pengertian Digital Marketing

Digital Marketing Adalah

Ilustrasi Pengertian Digital Marketing (Sumber: Pexels.com)

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran yang menggunakan media atau teknologi digital untuk menjalankannya. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar konsumen atau calon pembeli tertarik oleh produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Biasanya perusahaan menggunakan digital marketing dalam bentuk kampanye atau promosi. Mereka menggunakan sosial media atau website untuk menarik calon pembeli yang sesuai dengan target. 

Akan tetapi, tentu saja juga terdapat banyak perusahaan yang menggunakan kegiatan digital marketing untuk memasarkan produk atau jasa mereka. Oleh karena itu, sebagai seorang pebisnis, Anda juga harus mengetahui strategi digital marketing apa yang tepat untuk digunakan.

Kelebihan Digital Marketing

Banyaknya perusahaan yang menggunakan digital marketing untuk promosi produk atau jasa yang mereka tawarkan adalah karena kelebihan yang mereka miliki. Berikut ini adalah kelebihan dari digital marketing:

  • Kecepatan Penyebaran

Salah satu kelebihan dari menggunakan digital marketing untuk promosi adalah kecepatan penyebarannya. Apalagi jika digital marketing strategy yang Anda gunakan tepat maka penyebarannya juga akan lebih cepat dan sangat luas.

  • Kemudahan Evaluasi

Kelebihan lainnya, Anda juga akan mendapatkan hasil dari promosi yang dilakukan melalui digital marketing secara langsung. Dengan begitu, Anda bisa tahu apakah promosi yang dijalankan sudah sesuai dengan target atau harus menggunakan strategi yang lainnya.

  • Jangkauan Lebih Luas

Selain penyebarannya yang luas, Anda juga dapat memiliki jangkauan geografis yang sangat luas dengan menggunakan promosi melalui digital marketing. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk jangkauan yang luas tersebut lebih terjangkau dengan menggunakan digital marketing.

  • Murah dan Efektif

Pemasaran melalui kegiatan digital jauh lebih murah dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Anda dapat menghemat biaya anggaran hingga 40% melalui pemasaran di bidang digital. Karena hal itu, banyak pebisnis kecil yang sering menggunakan digital marketing untuk usaha mereka.

  • Membangun Brand

Dengan bantuan dari social media dan internet, Anda dapat membangun nama brand dengan lebih cepat dan baik. Hal ini tentu menguntungkan bagi pebisnis yang baru saja memiliki sebuah brand baru dan ingin disebarluaskan brand tersebut.

Baca Juga: [DOWNLOAD] Cara Meningkatkan Omset dengan Customer Magnet

7 Digital Marketing Strategy yang Bisa Anda Coba

Digital Marketing Strategy

Ilustrasi Digital Marketing Strategy Ad Spend (Sumber: Pexels.com)

Ada beberapa digital marketing strategy yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan promosi Anda. Berikut ini adalah strategi digital marketing yang dimaksud:

1. Search Engine Optimization

Strategi digital marketing satu ini adalah strategi dengan cara mengoptimalkan situs untuk mendapatkan peringkat yang teratas dalam hasil pencarian. Media yang bisa digunakan adalah website, infografis dan blogs.

2. Content Marketing

Cara strategi digital marketing satu ini adalah membuat dan membagikan konten yang berisi tentang perusahaan atau produk yang akan dipromosikan. Konten yang dibuat dapat diunggah pada media sosial, blog, brosur online atau e-book dalam berbagai bentuk.

3. Otomatisasi Pemasaran

Strategi ini untuk mengoptimalkan tugas yang dibuat secara berulang-ulang. Anda dapat mengoptimasinya dengan melalui berbagai media digital, seperti email atau media sosial.

4. Pay Per Click (PPC)

PPC adalah salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengarahkan target ke situs yang Anda miliki dengan bayaran pada setiap kliknya. Anda dapat menggunakan cara ini melalui Google AdWords, Facebook Ads atau sponsor berbayar lainnya.

5. Native Advertising

Anda juga dapat menggunakan bentuk lain dari konten berbayar dengan cara ini, strategi ini juga memiliki tujuan yang sama dengan cara mempromosikan konten yang ada pada sosial media yang Anda miliki.

6. Affiliate Marketing

Strategi ini menggunakan cara untuk melakukan mitra dengan situs atau layanan lain dengan membuat komisi jika ada pengunjung atau pembaca yang mengunjungi situs Anda.

7. Sosial Media Marketing

Sedangkan strategi ini menggunakan cara dengan mempromosikan brand Anda melalui konten yang diunggah pada sosial media yang sedang trend, seperti Twitter, Facebook, Whatsapp, Instagram dan lain sebagainya.

Baca Juga: Aplikasi Manajemen Marketplace, Mudah Rekap Transaksi ke Pembukuan

Kesimpulan

Dari beberapa digital marketing strategy di atas manakah yang paling tepat untuk Anda gunakan? Pastikan Anda mengoptimalkan strategi yang dipilih agar dapat berjalan sesuai dengan yang tujuan yang diinginkan. 

Dan ini satu lagi yang tidak boleh terlupakan yaitu data. Setelah Anda menetukan tempat, produk, harga dan promosi maka Anda harus tahu bagaimana data penjualan. Apakah mengalami kenaikan atau masih sama saja.

Banner Beecloud Bikin Laporan Neraca 1x Klik

Data penjulan haruslah akurat dan UpToDate agar lebih cepat dalam Anda menganalisanya, kemudian mengambil keputusan langkah apa saja yang harus dilakukan jika penjualan tidak naik, Anda bisa langsung ubah strategi. Dan sebaliknya jika penjualan naik maka harus dipastikan stock tersedia dengan baik.

Untuk itu Anda membutuhkan software penjualan yang bisa menyajikan laporan stock sekaligus. Dan Beecloud merupakan salah satu software penjualan yang sangat lengkap plus hargnya terjangkau jadi sangat cocok bagi Anda.

Anda bisa coba dulu software Beecloud untuk melihat bagaimana cara kerjanya secara gratis. Langsung saja klik disini untuk mendaftar. Oh ya sampai kelupaan selain itu Beecloud sistemnya juga sudah online. Jadi Anda bisa mengecek semua aktivitas di perusahaan dengan sekali klik dari mana saja dan kapan saja. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

10+ Contoh Barang Mentah Berdasarkan Jenisnya
Dalam dunia manufaktur dan industri, penggunaan barang mentah menjadi bagian penting dari rantai pasok produksi. Dimana barang mentah merupakan bahan
Baca Juga
9 Alasan Mesin Kasir Android Portable Jadi Favorit Pengusaha
Mesin kasir android portable merupakan hasil perkembangan kemajuan teknologi pada era sekarang menuntut para pebisnis untuk menyesuaikan tantangan zaman modern
Baca Juga
Clickbait: Jenis, Alasan Pro dan Kontra serta Tips Penggunaannya
Clickbait adalah teknik pemasaran yang digunakan untuk menarik perhatian pembaca dengan judul yang menarik dan kontroversial, namun seringkali tidak sesuai
Baca Juga
Contoh Segmentasi Geografis, Karakteristik dan Komponennya
Dalam dunia pemasaran melakukan segmentasi pasar bukan hal asing lagi, salah satunya adalah dengan melakukan segmentasi geografis, yakni proses menggali
Baca Juga
5 Cara Buka Bisnis Online Shop (Olshop) untuk Pemula
Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan pendapatan, salah satunya dengan buka bisnis online shop atau olshop. Walaupun kelihatannya
Baca Juga
Contoh Laporan Keuangan Sederhana Menggunakan Excel
Jika saat ini Anda sedang mencari contoh laporan keuangan sederhana menggunakan excel Anda sudah sangat tepat berada di artikel ini.
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Bagaimana Cara Agar Jualan Laris Manis? Ini Dia Tipsnya
Punya bisnis apa saja pastinya ingin jualannya laris manis, hingga tidak dipungkiri lagi jika setiap pelaku usaha mencari cara terbaik
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
13 Contoh Analisis SWOT Makanan dan Cara Menyusunnya
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam merinci strategi bisnis, salah satunya adalah analisis
Baca Juga
10 Contoh Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi
Mengulik kekayaan kuliner nusantara tidak pernah ada habisnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang mencerminkan budaya dan tradisi
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu