🎉 Akhir Tahun Buanyak Diskon-nyaaa, Disc. upto 25%
Logo Bee Web

6 Strategi Pemasaran Digital Paling Efektif

Setiap bisnis harus menggunakan strategi pemasaran guna meningkatkan image perusahaan sehingga jumlah klien dan jumlah penjualan meningkat.
Penulis: Dhea Forekha
Terbit: Monday, 4 July 2022
Diperbarui: Monday, 4 July 2022
Daftar Isi

Strategi pemasaran saat ini tentu jauh berbeda jika dibandingkan dengan puluhan tahun yang lalu. Kecanggihan teknologi yang kini terus berkembang membuat banyak strategi pemasaran lahir secara digital. Selain mudah dioperasikan, strategi pemasaran digital juga dinilai lebih efektif. 

  • Penggunaan Chatbot

Chatbot merupakan salah satu strategi digital marketing yang sudah digunakan sejak beberapa tahun ke belakang. Ada banyak perusahaan yang telah menggunakan tools chatbot untuk meningkatkan layanan pelanggan di situs web. Chatbot dapat menjalin komunikasi secara alami dengan orang yang mengunjungi situs perusahaan. Tools tersebut juga mampu menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh pengunjung situs secara real time. 

Teknologi Digital Marketing Chatbot

Pemasaran digital menggunakan chatbot (Sumber: Freepik.com)

Fitur chatbot sangat canggih dengan menggunakan interaksi verbal atau jendela obrolan, guna memudahkan pengguna menemukan apa yang sedang dicari. Selain lebih praktis, strategi pemasaran menggunakan chatbot juga lebih hemat karena Anda tidak perlu membayar pekerja real. Pelanggan pun akan lebih menghargai layanan yang telah diatur dengan jawaban yang memuaskan. 

Chatbot jelas berbeda dengan manusia karena tidak memiliki emosi. Jadi, apabila terjadi kesalahpahaman, maka responnya akan tetap datar sehingga mengurangi terjadinya kesalahpahamanan. 

  • Penggunaan Aplikasi Pesan Pribadi

Strategi pemasaran digital lainnya adalah aplikasi pesan pribadi. Saat ini, aplikasi Whatsapp sedang populer dengan jumlah pengguna yang hampir seluruh dunia. Ada beberapa merek besar yang telah mencoba monetisasi aplikasi perpesanan sehingga pelanggan dapat membayar produk secara langsung. 

Aplikasi seperti WeChat Pay telah berkembang secara signifikan sehingga penggunaannya lebih mudah. Pengguna WeChat, PayPal dan Venmo dapat menggunakan WeChat Pay untuk mentransfer uang kepada rekan-rekannya. 

  • Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan Buatan Manusia

Pemasaran digital menggunakan teknologi kecerdasan buatan (Sumber: Freepik.com)

Pemasaran juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan kecerdasan buatan atau AI. Kecerdasan buatan memang sedang populer karena nyaris mampu melakukan apa yang dapat dilakukan oleh manusia. Penggunaan mesin dengan kemampuan tinggi melebihi manusia. Fitur kombinasi yang digunakan oleh kecerdasan buatan termasuk chatbot dan bantuan suara guna menemukan jawaban dalam waktu singkat. 

Anda pasti pernah mendengar Alexa dan Siri yang merupakan asisten suara dengan layanan sangat baik. Kemampuan mereka dalam menerima pesanan dari pengguna dan bekerja di balik layar sengaja dirancang agar dapat dijadikan strategi pemasaran digital

Robot AI mengerjakan semuanya dengan bantuan sensor dan input manusia guna mengumpulkan dan menyimpan fakta mengenai situasi tertentu. Hal itu juga akan digunakan untuk meningkatkan pengalaman masa depan bagi penggunanya. 

Baca Juga: 6 Strategi Pemasaran Produk Berbagai Bisnis

  • Hyper – Targeted Advertising

Perusahaan akan menggunakan iklan digital guna memasarkan produknya. Apakah pernah menemukan iklan online yang tidak sesuai dengan apa yang sering Anda akses? Hal itu memang menjengkelkan bagi sebagian orang. Namun, banyak perusahaan yang menggunakan strategi pemasaran digital satu ini guna meningkatkan jumlah penjualan. 

Apabila suatu merek mengirim pesan khusus secara konsisten, maka 36% akan merespon dengan membeli produk. Tren ini sudah direncanakan dan diperkirakan oleh perusahaan sehingga target audiens tepat sasaran. 

  • Personalisasi Pelanggan

Ada beberapa perusahaan yang menggunakan bentuk personalisasi menjanjikan. Mereka menganalisa perilaku pelanggan dan mempromosikan produk atas dasar asumsi dan riwayat pembelian pengguna. Anda pasti sering menemukan iklan yang relevan dengan pencarian sebelumnya atau riwayat pembelian. 

Personalisasi disebut sebagai masa depan pemasaran digital. Hal ini dapat meningkatkan konversi dan disebut sebagai alat terbaik untuk pemasaran digital. Manfaat utama dari personalisasi pelanggan adalah perusahaan dapat menjangkau kelompok pelanggan tertentu. 

Beepos Desktop Minimarket web

  • Growth Digital Marketing

Tahun 2022 disebut sebagai tahun meningkatnya industri perangkat lunak digital global yang diperkirakan sebesar $74,96 miliar. Lebih banyak uang yang akan disalurkan untuk kepentingan pemasaran digital dibanding tahun sebelumnya. Pertumbuhan pemasaran digital dapat menghasilkan bentuk pemasaran Agile Marketing yang bekerja dengan mengukur tingkat efisien merek untuk mencapai sasaran. 

Hampir seluruh kegiatan yang dilakukan oleh manusia berkaitan erat dengan aplikasi atau perangkat digital. Bahkan saat ini sudah tersedia aplikasi untuk kasir minimarket yang dapat memudahkan kerja karyawan sebagai kasir. Anda bisa menggunakan software kasir dari Bee.id yang telah diprogram dengan baik dan meminimalisir kesalahan hitung. 

Itulah beberapa strategi pemasaran digital yang dapat dipertimbangkan penggunaanya oleh perusahaan Anda. 

Artikel Populer

Contoh Pasar Oligopoli Potret Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Ragam contoh pasar oligopoli yang Anda ketahui bisa menambah wawasan dalam memahami jenis market ini. pasar jenis ini merupakan salah
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu