Siapa saat ini yang tidak tahu apa itu warung Madura, toko kelontong yang dimiliki dan dikelola oleh orang Madura yang saat ini menjadi perbincangan masyarakat karena keberadaannya yang ada dimana mana dan selalu buka 24 jam.
Selain berada dimana-mana dan buka 24 jam, warung Madura memiliki ciri khas lain yang cukup ikonic, seperti memiliki kulkas minuman di luar, pom mini/ menjual bensin eceran, hingga produk yang disusun rapi dan sistematis.
Keberadaannya juga cukup mudah ditemukan, bahkan tak segan berjejeran dengan bisnis sejenisnya yang memiliki kapasitas lebih besar, sebut saja Indomaret dan Alfamart. Lantas apa yang menjadikan bisnis warung Madura ini tetap eksis dan bersaing di tengah ketatnya persaingan bisnis ritel?
Berikut rangkuman dan analisis singkat rahasia sukses bisnis ala warung Madura:
Rahasia sukses bisnis warung Madura yang pertama terletak dari sisi pebinisnya. Mereka cenderung memiliki mentalitas Wirausaha yang kuat, dimana kebanyakan dari mereka merupakan perantau yang merintis bisnisnya dari nol di kota besar, yang tentunya tidaklah instan dan mudah.
Mereka perlu bersabar, tekun, dan teliti dalam berproses. Tanpa mentalitas wirausaha yang kuat warung Madura mungkin saja tidak akan bisa bertahan lama.
Prinsip dasar mereka adalah 'rezeki sudah diatur oleh Tuhan' sehingga mereka akan cenderung tekun dalam berbisnis, memahami dengan bijak jika bisnis tidak akan selalu ramai. Bahkan beberapa dari mereka tidak segan untuk mendirikan warungnya di dekat kompetitor yang jika di analisa jauh lebih hebat dari mereka.
Baca Juga; Warung Kelontong Strategi Bertahan di Tengah Gempuran Zaman
Suksesnya bisnis warung Madura tidak luput dari pemilihan lokasi yang strategis, Meskipun berada dimana-mana lokasi yang dipilih untuk membangun usaha ini tidak sembarangan.
Mereka cenderung memilih lokasi yang mudah diakses, dilewati banyak orang, dan ramai. Seperti pingging jalan, perempatan dan sejenisnya. Maka dari itu warung orang Madura ini tampak begitu menonjol karena pemilihan lokasinya yang strategis.
Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membangun usaha pebisnis sangat perlu memperhatikan seberapa strategis lokasi yang akan digunakan.
Selanjutnya adalah memiliki pelayanan yang cepat dan tanggap. Pelayanan yang cepat ini biasanya karena pemilik usaha akan selalu standby berada di toko sehingga mereka akan tanggap dalam melayani konsumen yang datang.
Tidak hanya itu saja, Ada banyak pertanyaan terkait kenapa warung Madura tidak pernah tutup? Juga kalimat populer jika warung Madura akan tutup jika kiamat saja, hal ini cocok untuk menggambarkan ketanggapan warung ini dalam memberikan fasilitas kepada pembeli untuk mengakses warungnya kapan saja jika membutuhkan.
Pernah mendengar jika kita akan hidup tenang ketika ada warung Madura di sekitar kita. Hal ini karena keberagaman produk yang mereka jual membuat kita tidak perlu jauh-jauh pergi ketempat lain untuk membelinya.
Dimana warung madura terkenal dengan kompleksitas mereka dalam menjual produk. Mulai dari minuman ringan, makanan ringan, keperluan mandi, beras, telur, gula hingga bensin, semuanya ada.
Dengan banyaknya produk yang mereka jual, pemilik warung perlu melakukan analisa terkait mana produk yang paling laris dan sebaliknya untuk mengoptimalkan penjualan.
Persaingan bisnis retail, terutama toko kelontong, sangat sengit dengan hadirnya minimarket. Namun, toko kelontong masih bisa menarik pelanggan jika menawarkan harga bersaing seperti yang diterapkan warung Madura.
Salah satu strategi untuk mendapatkan harga barang dagang yang lebih kompetitif adalah dengan membeli dari toko grosir. Disarankan untuk mengunjungi beberapa toko grosir dan membandingkan harga yang ditawarkan.
Misalnya, harga teh di toko grosir A mungkin lebih murah daripada di toko grosir B, sementara harga kecap di agen B lebih ekonomis dibandingkan dengan toko grosir A. Melakukan perbandingan di beberapa toko grosir dapat membantu mendapatkan penawaran harga terbaik untuk produk tertentu.
Salah satu ciri khas dari warung madura adalah penataan produknya yang selalu rapi, yang mana akan memudahkan proses manajemen kontrol stok barang nantinya. Dengan demikian pebisnis akan jauh lebih mudah dalam melakukan analisa stok barang mana yang paling cepat terjual dan seterusnya.
Selain itu, dengan penataan dan manajemen stok yang rapi siapa saja yang melihat pasti akan menyukainya, termasuk para pelanggan. Potensi repeat order juga akan semakin terbuka lebar.
Rahasia sukses terakhir ala warung milik orang Madura ini adalah pengelolaan keuangan yang baik. Tidak hanya untuk bisnis toko kelontong saja melainkan untuk semua bisnis. Manajemen keuangan adalah kunci utama berhasilnya sebuah usaha.
Sebab dari manajemen keuangan yang baik, kegiatan operasional juga akan mudah dikelola dengan baik. Cukup lakukan pencatatan teratur untuk pendapatan dari penjualan dan pengeluaran untuk pembelian barang dagang serta biaya rutin seperti listrik, air, dan angkut.
Keuntungan mencatat secara rutin antara lain seperti melacak omset dan keuntungan, membandingkan harga pembelian barang dagang, serta kemudahan menggunakan aplikasi pencatatan keuangan seperti Beecloud untuk versi online dan Beeaccounting untuk versi offline.
Baca Juga: 9 Tips Sukses Bisnis Warung Sederhana
Apakah warung Madura juga perlu mesin kasir? Harus dong, apalagi jika ingin pembukuan keuangannya tercatatan secara rapi dan sistematis. Salah satu rekomendasi aplikasi kasir yang cocok untuk bisnis warung adalah Beepos.
Dengan menggunakan software kasir online Beepos, Anda bisa mencatat setiap transaksi, bisa setting promo, member, kontrol stok, cek produk terlaris, kelola harga jual barang, integrasi aplikasi akuntansi dan masih banyak lagi. Cek informasi selengkapnya pada banner di bawah ini dan jadikan warung Madura Anda unggul dari kompetitor.