🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

5 Rahasia Membangun E-Commerce yang Sukses

E-commerce saat ini adalah salah satu platform yang banyak dipakai oleh pebisnis. Yuk simak cara membangun bisnis e-commerce berikut ini
Penulis: Rizal Arisona
Dipublish Tgl: Wednesday, 28 August 2019

Sebagai pengusaha, Anda tentunya ingin usaha Anda bisa mendatangkan keuntungan dalam jumlah besar. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mencapai hal itu, salah satunya dengan menjalankan bisnis e-commerce.

Namun, jika Anda berniat mengubah toko online e-commerce menjadi bisnis yang besar, Anda harus tahu rahasia membangun e-commerce yang sukses karena tanpa langkah yang tepat, kesuksesan akan lebih sulit untuk dicapai.

Selalu ada kesempatan bagi bisnis e-commerce untuk berkembang, dan di bawah ini Anda bisa menemukan beberapa rahasia untuk membangun sebuah e-commerce yang sukses.

Tips Sukses Rahasia Membangun E-Commerce

Berikut ini 5 tips sukses dalam membangun bisnis e-commerce:

1. Perlakukan Bisnis E-Commerce Seperti Bisnis Offline

Jika Anda masih melihat bisnis e-commerce sebagai hobi atau sampingan, saatnya berhenti melakukan hal itu. Mungkin menjalankan sebuah toko online terasa seperti pekerjaan sampingan jika belum mendatangkan banyak keuntungan, namun niat untuk mengembangkan bisnis e-commerce harus dibarengi dengan ketekunan.

Memang baik jika bisnis e-commerce yang Anda jalankan mendatangkan kesenangan, namun Anda pasti lebih semangat untuk membangun bisnis e-commerce jika bisnis itu diperlakukan seperti bisnis yang sudah sukses.

2. Gunakan Software yang Bisa Mendukung Produktivitas.

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus bisa melihat masalah yang mungkin timbul sebelum hal itu benar-benar terjadi. Dalam hal ini, pemilik bisnis bisa terbantu dengan adanya software yang mendukung.

Saat mempertimbangkan software mana yang paling tepat diaplikasikan untuk bisnis e-commerce Anda, pertimbangkan beberapa hal seperti keamanan, kemudahan penggunaan, serta pastikan bahwa nantinya software Anda bisa disesuaikan dengan perkembangan bisnis e-commerce.

Beecloud Ecommerce Untuk Toko Online Web 768x402

Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud + Plugin E-commerce, membantu Anda dalam mengelola dan memanajemen bisnis online dengan lebih mudah dan praktis. Dimana Anda bisa memantau berapa barang yang terjual, stok barang yang tersedia, produk terlaris hingga laporan akuntansi otomatis. Tunggu apa lagi? Daftarkan diri sekarang dan dapatkan semua keuntungannya.

3. Analisa Konsumen

Dalam bisnis apa pun, target pasar merupakan hal yang mutlak untuk diketahui. Tanpa adanya target pasar yang jelas, bisnis tidak akan bisa memasarkan produk atau layanan ke orang yang tepat.

Karena bisnis e-commerce tidak memiliki bentuk fisik, yang harus Anda jadikan pertimbangan untuk tempat “membidik” calon pelanggan adalah berbagai situs dan media sosial. Jika ada target pasar yang ditetapkan, proses pemasaran akan memberi hasil yang lebih baik.

4. Promosikan Produk dan Layanan Lewat Pelanggan.

Mendapatkan testimoni dari pelanggan yang puas akan mendongkrak reputasi bisnis Anda serta menarik minat calon pelanggan lain. Jika berhasil mengumpulkan testimoni dan ulasan secara rutin, lama kelamaan hal ini bisa meningkatkan penjualan secara drastis.

Usaha pemasaran dari pemilik bisnis memang penting, namun pendapat dari pelanggan adalah yang paling menentukan. Pelanggan merupakan aset terbesar yang Anda miliki, maka manfaatkanlah hal itu sebaik-baiknya.

5. Kurangi Hambatan pada Langkah Pembelian

Jika ingin menjual lebih banyak produk, Anda harus memastikan bahwa pelanggan tidak merasa direpotkan saat mereka ingin melakukan checkout atau menyelesaikan pembelanjaan. Jika pelanggan merasa proses checkout terlalu rumit, kemungkinan besar mereka akan membatalkan pembelian. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah proses checkout adalah:

  • Jangan mengharuskan pelanggan membuat akun terlebih dahulu.
  • Jangan mengarahkan pelanggan ke banyak halaman.
  • Pastikan opsi pengiriman standar adalah yang paling murah.
  • Jangan memberikan terlalu banyak kolom yang harus diisi. Sediakan fitur auto-fill jika memungkinkan.
  • Simpan data pelanggan yang tidak bersifat pribadi, misalnya alamat penagihan, pengiriman, serta pilihan cara pembayaran.
  • Sediakan beberapa cara pembayaran yang bisa dipilih oleh pelanggan. pastikan beberapa pilihan umum seperti kartu kredit, transfer bank, dan cash on delivery

Mengembangkan bisnis e-commerce memang tidak mudah, apalagi dengan banyaknya pesaing yang ada. Tetapi dengan ketekunan serta alat-alat yang mendukung, membangun e-commerce yang sukses bukan lagi suatu impian.

Semoga Bermanfaat 🙂

Artikel Terkait

Strategi Adalah: Pengertian, Jenis & Fungsinya Pada Bisnis
Strategi adalah istilah atau kata lain yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang, karena memang banyak dipakai
Baca Juga
Rumus HPP Produksi Perusahaan Manufaktur & Cara Hitungnya
Harga pokok penjualan atau HPP adalah salah satu komponen yang ada dalam perusahaan dagang maupun manufaktur. Namun, di perusahaan manufaktur
Baca Juga
Brand Adalah dan Cara Membangun Brand Yang Kuat
Anda mungkin sudah sering mendengar istilah "brand" yang sering dilontarkan akhir-akhir ini, tetapi apa arti brand adalah sebenarnya? Dan yang
Baca Juga
13 Contoh Analisis SWOT Makanan dan Cara Menyusunnya
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam merinci strategi bisnis, salah satunya adalah analisis
Baca Juga
Cara Mudah Hitungan Lembur Per Jam Sesuai Aturan Undang-Undang
Membahas mengenai kerja lembur tentu tidak lepas dengan cara perhitungan lembur per jam yang mana hal ini tentu sudah diatur
Baca Juga
Pajak Shopee Naik! Simak Penjelasannya Supaya Tidak Rugi
Penerapan pembayaran pajak nyatanya juga berlaku kepada pelaku usaha online yang bergabung dalam situs belanja online shopee. Bagaimana ketentuan pajak
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu