Sebagai pengusaha, Anda tentunya ingin usaha Anda bisa mendatangkan keuntungan dalam jumlah besar. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mencapai hal itu, salah satunya dengan menjalankan bisnis e-commerce.
Namun, jika Anda berniat mengubah toko online e-commerce menjadi bisnis yang besar, Anda harus tahu rahasia membangun e-commerce yang sukses karena tanpa langkah yang tepat, kesuksesan akan lebih sulit untuk dicapai.
Selalu ada kesempatan bagi bisnis e-commerce untuk berkembang, dan di bawah ini Anda bisa menemukan beberapa rahasia untuk membangun sebuah e-commerce yang sukses.
Berikut ini 5 tips sukses dalam membangun bisnis e-commerce:
Jika Anda masih melihat bisnis e-commerce sebagai hobi atau sampingan, saatnya berhenti melakukan hal itu. Mungkin menjalankan sebuah toko online terasa seperti pekerjaan sampingan jika belum mendatangkan banyak keuntungan, namun niat untuk mengembangkan bisnis e-commerce harus dibarengi dengan ketekunan.
Memang baik jika bisnis e-commerce yang Anda jalankan mendatangkan kesenangan, namun Anda pasti lebih semangat untuk membangun bisnis e-commerce jika bisnis itu diperlakukan seperti bisnis yang sudah sukses.
Sebagai pemilik bisnis, Anda harus bisa melihat masalah yang mungkin timbul sebelum hal itu benar-benar terjadi. Dalam hal ini, pemilik bisnis bisa terbantu dengan adanya software yang mendukung.
Saat mempertimbangkan software mana yang paling tepat diaplikasikan untuk bisnis e-commerce Anda, pertimbangkan beberapa hal seperti keamanan, kemudahan penggunaan, serta pastikan bahwa nantinya software Anda bisa disesuaikan dengan perkembangan bisnis e-commerce.
Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud + Plugin E-commerce, membantu Anda dalam mengelola dan memanajemen bisnis online dengan lebih mudah dan praktis. Dimana Anda bisa memantau berapa barang yang terjual, stok barang yang tersedia, produk terlaris hingga laporan akuntansi otomatis. Tunggu apa lagi? Daftarkan diri sekarang dan dapatkan semua keuntungannya.
Dalam bisnis apa pun, target pasar merupakan hal yang mutlak untuk diketahui. Tanpa adanya target pasar yang jelas, bisnis tidak akan bisa memasarkan produk atau layanan ke orang yang tepat.
Karena bisnis e-commerce tidak memiliki bentuk fisik, yang harus Anda jadikan pertimbangan untuk tempat “membidik” calon pelanggan adalah berbagai situs dan media sosial. Jika ada target pasar yang ditetapkan, proses pemasaran akan memberi hasil yang lebih baik.
Mendapatkan testimoni dari pelanggan yang puas akan mendongkrak reputasi bisnis Anda serta menarik minat calon pelanggan lain. Jika berhasil mengumpulkan testimoni dan ulasan secara rutin, lama kelamaan hal ini bisa meningkatkan penjualan secara drastis.
Usaha pemasaran dari pemilik bisnis memang penting, namun pendapat dari pelanggan adalah yang paling menentukan. Pelanggan merupakan aset terbesar yang Anda miliki, maka manfaatkanlah hal itu sebaik-baiknya.
Jika ingin menjual lebih banyak produk, Anda harus memastikan bahwa pelanggan tidak merasa direpotkan saat mereka ingin melakukan checkout atau menyelesaikan pembelanjaan. Jika pelanggan merasa proses checkout terlalu rumit, kemungkinan besar mereka akan membatalkan pembelian. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah proses checkout adalah:
Mengembangkan bisnis e-commerce memang tidak mudah, apalagi dengan banyaknya pesaing yang ada. Tetapi dengan ketekunan serta alat-alat yang mendukung, membangun e-commerce yang sukses bukan lagi suatu impian.
Semoga Bermanfaat 🙂