Membuat pembukuan keuangan sederhana ini sangat dibutuhkan bagi usaha kecil maupun besar. Karena dengan membuat pembukuan keuangan Anda dapat melihat bagaimana kondisi keuangan usaha kecil Anda.
Pengertian Pembukuan Keuangan menurut UU No 28 Tahun 2007 Pasal 28 Yaitu suatu proses pencatatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan mulai dari harta, kewajiban, modal, pendapatan, dan biaya.
Serta jumlah harga perolehan dan penyerahan barang atau jasa yang ditutup dengan menyusun laporan berbentuk neraca dan laporan laba rugi pada periode tahun pajak tersebut.
Bagi para pelaku UKM / Usaha Kecil Menengah seperti Anda ini sangat penting. Selain untuk laporan pajak ada manfaat lainnya dari laporan keuangan yang perlu Anda ketahui. Jangan sampai hanya untuk pajangan saja atau sekedar untuk laporan pajak.
Anda dapat mengetahui berapa besar keuntungan yang perusahaan Anda dapatkan atau justru sebaliknya yaitu mengalami kerugian. Semakin banyak besar labanya berarti semakin bagus, tetapi jika justru besar di ruginya maka Anda perlu berhati-hati.
Di dalam pembukuan keuangan berisi laporan-laporan penting seperti laporan laba rugi, neraca, persediaan barang dll. Oleh karena itu Anda dapat melihat bagaimana perkembangan perusahaan Anda.
Apakah menuju kearah yang lebih baik atau tidak? Dengan begitu itu Anda dapat atau bisa mengambil suatu keputusan terbaik demi kelangsungan bisnis Anda.
Selain Anda dapat mengetahui setiap transaksi yang ada, ini juga dapat mencegah adanya kecurangan-kecurangan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Jadi semua aktivitas transaksi perusahaan mulai dari penjualan dan pengeluaran dapat Anda pantau.
Pada dasarnya laporan keuangan ini dibutuhkan oleh semua usaha. Tidak pandang usaha Anda masih kecil atau besar. Justru jika usaha Anda masih kecil laporan keuangan ini amat sangat dibutuhkan supaya Anda dapat mengetahui secara real dan akurat berapa sich laba dari bisnis Anda.
Dan apakah bisnis Anda ini berkembang ?
Dengan begitu Anda dapat menentukan strategi mana yang seharusnya diambil untuk mengembangkan bisnis. Dan melakukan manuver-manuver cantik agar bisnis Anda dapat bersaing dan bertahan dari derasnya serangan kompetitor.
Ada 3 cara yang akan saya share kepada Anda dalam membuat pembukuan keuangan sederhana.
Dicatat mengunakan buku biasa atau biasanya menggunakan buku kas yang banyak dijual di toko-toko ATK.
Karena ini dicatat secara manual menggunakan bolpoint dan buku tentu akan banyak sekali kelemahannya.
Bisa saja tulisannya tidak terbaca, lupa mencatat dan yang pasti akan sangat ribet dan capek karena Anda harus mencatat satu persatu. Belum lagi resiko kesalahan hitung karena Anda menghitungnya secara manual.
Ini sudah lebih baik dibandingkan dengan yang cara yang pertama yaitu manual. Semuanya sudah komputerisasi jadi lebih modern dan pengerjaannya pun akan lebih cepat. Tapi dengan menggunakan excel ini juga masih mempunyai kendala seperti;
Jika terjadi kesalahan Anda harus mengulang dari awal. Belum lagi jika Anda sampai salah meletakkan rumus ataupun pengelompokan akun laporan Andapun akan salah.
Apa sih Beecloud itu ? kok membuat laporan keuangan pakai Beecloud ?
Nah Beecloud ini adalah salah satu software pembukuan keuangan yang akan mempermudah Anda dalam membuat pembukuan keuangan.
Anda cukup menginput pendapatan dan pengeluaran semua laporan seperti laporan laba rugi, neraca, arus kas, jurnal dll akan otomatis tersusun.
Untuk membuat pembukuan keuangan UKM Anda dengan mudah serta akurat tidak usah repot-repot rekrut karyawan akunting yang gajinya cukup menguras anggaran. Pakai saja beecloud dengan 1 x maka laporan keuangan Anda akan tersaji yang dijamin pasti akurat.
Jika Anda penasaran ingin mencobanya silahkan klik di sini. Selamat mencoba dan semoga bisnis Anda semakin berkembang.