Akhir-akhir ini, banyak perusahaan yang memakai pemasaran online dengan beberapa strategi digital marketing. Konsep pemasaran ini tujuannya menaikkan penjualan produk dari suatu merek.
Sistem penjualan produk menjadi lebih cepat serta sesuai minat pelanggan. Ketika memasang iklan secara online, Anda dapat menentukan beberapa kriteria orang yang tepat menjadi konsumen Anda.
Digital marketing memiliki beberapa pengertian. Tidak hanya itu, kelebihan digital marketing juga beragam. Mulai dari kecepatan dalam penyebaran hingga bisa membangun nama brand perusahaan Anda.
Umumnya, digital marketing merupakan suatu kegiatan pemasaran terhadap suatu brand dengan memakai internet atau media sosial. Menurut Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan (2009), pemasaran digital merupakan kegiatan promosi.
Hal ini termasuk branding yang memakai beragam media seperti website, email, hingga blog. Sedangkan menurut Heidrick dan Struggles (2009), digital marketing memakai perkembangan digital untuk melakukan proses periklanan yang tidak secara langsung tetapi berdampak.
Lalu, dalam menggunakan digital marketing ada strateginya. Strategi digital marketing adalah seluruh metode untuk membentuk kehadiran bisnis Anda di dunia internet melalui channel digital yang beragam.
Tujuan dari strategi ini yaitu meningkatkan kesadaran tentang bisnis Anda atau brand awareness serta menarik calon pelanggan baru ke brand Anda. Strategi yang kuat akan membantu Anda mencapai tujuan digital lebih mudah dan tepat.
Baca Juga: Digital Marketing Artinya Apa? Lengkap dengan Manfaat
Ada 3 kelebihan utama dari digital marketing. Berikut selengkapnya.
Untuk bisa menarik perhatian calon konsumen, diperlukan beberapa strategi yang tepat. Berikut ini 11 strategi yang ada di dalam digital marketing yang bisa Anda ikuti agar bisa mendapat brand awareness serta penjualan yang meningkat.
Sebelum melakukan penyusunan strategi, Anda perlu menentukan tujuan bisnis secara umum atau tujuan marketing. Anda perlu bertanya pada diri sendiri, apa yang ingin dicapai dengan strategi pemasaran secara digital Anda.
Penentuan tujuan bisa membantu Anda supaya fokus pada langkah yang akan diambil. Selain itu juga membantu melakukan evaluasi pada kinerja campaign bisnis Anda.
Perlunya melakukan analisa pasar serta riset target market yang mendalam supaya bisnis dapat bertahan lama. Untuk riset dilakukan supaya bisa mengembangkan pemahaman Anda dalam mengambil keputusan.
Sebelum menjalankan strategi yang lainnya, Anda perlu memahami tentang apa itu digital marketing. Jika Anda tidak bisa memahaminya, dalam melakukan kegiatan yang nyata akan membingungkan dan tidak bisa optimal.
Content plan yaitu dokumen yang terbagi atas seluruh aset pemasaran serta fungsi pengumpulan data. Hal ini supaya mencapai tujuan yang telah ditentukan dalam strategi konten tim Anda.
Tidak hanya itu, strategi digital marketing ini juga terdiri atas timeline kerja serta apa saja yang akan dilakukan dalam jangka waktu tertentu beserta jenis konten apa yang dibutuhkan. Di langkah ini, Anda akan mengembangkan strategi promosi.
Hal ini khusus untuk tiap channel yang menarik pelanggan Anda. Untuk membuat teratur serta konsisten, Anda membutuhkan kalender editorial khusus sebagai media rencana konten Anda.
Beberapa manfaat bila SEO diterapkan, khususnya bagi bisnis serta website ialah memudahkan calon pelanggan dalam menemukan website. Anda bisa menjaring target konsumen secara tepat.
SEO bisa membangun brand awareness. Selain itu, bisa sebagai investasi jangka panjang. Traffic yang dibangun secara alami membuat posisi website di Google lebih kuat serta dapat bertahan untuk waktu lama.
Target konsumen merupakan kelompok tertentu yang mungkin menginginkan produk bisnis Anda. Oleh karena itu, orang-orang inilah yang harus melihat campaign Anda karena mereka kemungkinan membeli produk lebih tinggi.
Namun, jika Anda belum mengetahui siapa target yang potensial bisa mengembangkan potret pelanggan tetap. Hal ini bisa mencangkup preferensi mereka, beberapa perilaku di website, sampai kebiasaan mereka sebagai konsumen.
Di dalam menjalankan strategi pemasaran secara digital, Anda pasti sering dihadapkan dengan beragam metrik di suatu platform. Masing-masing metrik memiliki fungsi, kelebihan, serta kekurangannya.
Strategi digital marketing ini diantaranya engagement rate, bounce rate situs, traffic, hingga followers akun media sosial. Sebagai orang yang terjun di digital marketing, penting mengetahui jenis yang paling penting.
Hal ini hanya bisa dilaksanakan bila Anda serta tim paham apa objective marketing yang diprioritaskan. Tindakan ini merupakan langkah penting karena akan menentukan strategi yang detail kedepannya.
Konten yang sedang viral bisa sangat efektif dalam peningkatan brand awareness. Namun, Anda wajib hati-hati, jangan sampai produk Anda viral karena hal yang negatif atau merugikan orang lain.
KPI berbeda dengan metrik. Fungsi KPI untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan Anda dalam menjalankan strategi untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Sedangkan fungsi metri untuk mengukur keberhasilan aktivitas yang lebih khusus atau spesifik.
Social media ads bisa terdiri atas Instagram atau Facebook Ads, Youtube Ads, Linkedin Ads, serta Twitter Ads. Masing-masing ads mempunyai kelebihan serta kekekurangannya sendiri. Anda perlu mencocokkannya dengan target konsumen yang ingin dijangkau.
Saat ini, influencer marketing memiliki 3 kategori, yaitu makro, mikro, serta nano influencer. Masing-masing influencer marketing memiliki perbedaan dalam hal jumlah audience serta engagement.
Ada banyak media yang digunakan untuk memasarkan produk supaya dikenal luas. Tiga diantaranya ialah email marketing, search engine marketing, serta mobile marketing.
Baca Juga: 7 Digital Marketing Strategy Tokcer yang Bisa Anda Coba
Jenis media pemasaran ini dilakukan dengan cara mengirimkan pesan promosi serta buletin ke surel pelanggan. Tujuan dari kampanye ini untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan, mendorong pembelian, serta menciptakan loyalitas.
Search Engine Marketing menggunakan mesin pencari untuk mengiklankan produk serta layanan. Anda bisa membayar agar iklan muncul dibagian teratas mesin pencarian.
Misalnya seseorang mencari jasa foto produk agar mendeskripsikan produk supaya lebih jelas secara visual di internet. Hasil yang muncul nantinya berada diurutan paling atas dan itu adalah layanan Anda.
Jenis media pemasaran ini nantinya membuat promosi yang kompatibel dengan perangkat mobile, contohnya smartphone. Perusahaan dapat mengunggah ulang iklan televisi atau membuat konten yang interaktif supaya dapat dilihat oleh target audience.
Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran pada produk atau layanan secara digital atau online. Di dalam proses pemasaran, Anda perlu mempertimbanan berapa biaya anggaran yang dibutuhkan, bagaimaa kondisi perusahaan saat ini agar promosi dilakukan diwaktu yang tepat dengan hasil yang optimal.
Adanya menajemen anggaran ini juga bisa menjadi pembatas Anda dalam menentukan berada besaran pengeluaran perusahaan agar tidak sampai rugi, bukannya untung malah jadi buntung. Untuk mencatat, mengontrol dan memantau bisnis lebih efektif Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud.
Fitur keuangan yang lengkap menjadikan Anda bisa lebih mudah memantau bisnis dari laporan laba rugi, neraca sampai akuntansi yang dibuat secara otomatis dari data transaksi yang Anda lakukan. Yuk, berlangganan Beecloud sekarang juga dan dapatkan gratis trial dan panduan profesional dari tim Bee.
Lalu, kembali pada topik digital marketing, di pemasaran ada 11 strategi pemasaran secara digital. Anda bisa mencobanya satu per satu agar menarik perhatian konsumen. Selain itu, ada juga beberapa media yang digunakan untuk mendukung strategi digital marketing.