Musim konser di Indonesia sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2022 lalu, mulai dari konser artis dalam negeri, beberapa grup KPOP hingga konser Coldplay yang perdana konser di Indonesia sejak debutnya di tahun 1997.
Hal ini tentu saja menjadi kabar bahagia bagi penggemar, juga perekonomian Indonesia. Dimana banyak pihak yang akan diuntungkan mulai dari promotor hingga pebisnis yang memanfaatkan peluang yang ada.
Yuk. simak beberapa rekomendasi ide bisnis di musim konser yang menguntungkan dan layak dicoba, berikut ini:
Ide bisnis di musim konser yang pertama adalah buka jasa titip atau jastip tiket konser, dimana setiap pengadaan konser seorang harus memiliki tiket terlebih dahulu agar bisa masuk dan menikmati pertunjukkan yang ada.
Namun, terkadang banyaknya peminat tiket tersebut susah untuk didapatkan, penggemar harus melakukan war tiket terlebih dahulu untuk mendapatkannya.
Untuk mengantisipasi kegagalan dalam proses war tiket biasanya banyak penggemar yang menyewa jasa tiket konser ini.
Buka jasa titip tiket konser dengan calo berbeda, jastip tiket konser ini dilakukan oleh pemberi jasa dan pembelinya sebelum proses pembelian tiket dilakukan atau ‘pesan’ terlebih dahulu.
Sedangkan calo, adalah seorang yang menjual tiketnya secara sengaja dengan harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga aslinya, biasanya mereka sengaja membeli puluhan tiket khusus untuk dijual belikan, pemasannya sering dilakukan di platform Twitter dengan status ‘wts’ atau want to sell.
Baca Juga: Mengenal WTS, Istilah Jual Beli Online Trend di Twitter
Berikutnya adalah buka jasa travel, jasa ini akan sangat dibutuhkan terlebih untuk para calon penonton konser yang berada di luar kota. Mereka biasanya akan mencari jasa travel untuk memudahkan mereka dalam melakukan konser nantinya.
Pastikan Anda memiliki koordinasi yang baik dan pengelolaan yang matang agar customer Anda tidak kecewa dan menggunakan jasa Anda di konser-konser berikutnya.
Selain membuka usaha jasa, Anda juga bisa membuka jualan makanan. Ide bisnis ini terbilang cukup rekomen sebab dari ribuan hingga ratusan ribu penonton konser pastinya akan membutuhkan makanan atau minuman.
Banyak juga dari mereka yang datang jauh beberapa jam ke venue sebelum konser benar-benar dimulai, sehingga mereka membutuhkan asupan makanan dan minuman sebagai bekal mereka.
Beberapa promotor konser biasanya membuka kerja sama dengan beberapa pebisnis fnb untuk mengisi stand makanan dan minuman, sehingga Anda bisa melakukan kerja sama agar bisnis bisa dilakukan lebih efisien.
Jika memang tidak berkesempatan melakukan kerja sama, Anda juga bisa menjual produk Anda di luar venue yang tentunya tidak kalah ramai pengunjung.
Konser yang diadakan artis besar tentunya penontonnya tidak hanya berasal dari dalam kota saja, mereka membawa barang bawaan yang biasanya tidak sedikit untuk menginap beberapa hari di luar kota.
Memanfaatkan peluang yang ada, Anda bisa membuka jasa penitipan barang sehingga mereka bisa menonton lebih nyaman dan tenang.
Selanjutnya adalah jasa fotografi, tidak sedikit promotor yang menyediakan stand foto menarik untuk penggemar. Dari sini Anda bisa mencoba menawarkan kemampuan Anda dalam fotografi untuk mengabadikan momen mereka secara lebih profesional.
Berikutnya adalah jualan merchandise konser, seperti kaos, tas, stiker, lightstick hingga album musik resmi. Produk merch ini akan sangat dicari para penggemar ketika akan datang ke konser.
Diantara beberapa merch yang sudah disebutkan sebelumnya, produk lightstick lah yang biasanya paling populer dan paling dicari, sebab dari lightstick sudah menjadi bagian perlengkapan wajib ketika mendatangi sebuah konser.
Baca Juga: Tak Cuma Hobi, Ini Peluang Usaha Penggemar Drakor & KPOP
Ide bisnis selanjutnya adalah jualan perlengkapan konser, selain merchandise resmi Anda juga bisa berjualan produk perlengkapan konser lainnya.
Contohnya seperti dengan sepatu, baju, banner, hingga tas pvc bening yang diwajibkan beberapa promotor.
Kenapa konser harus pakai tas pvc bening? Karena, dengan tas pvc ini petugas akan lebih mudah dalam mengecek isi dalam tas juga meminimalisir antrian yang mengular.
Ide usaha di musim konser selanjutnya adalah membuka jasa sewa kendaraan, memfasilitasi para penggemar yang ingin datang rombongan bersama teman-teman mereka.
Tentu saja tidak sedikit yang membutuhkan kendaraan ketika akan datang ke konser. Sehingga, ide bisnis ini cukup berpeluang menguntungkan.
Selanjutnya adalah membuka jasa penginapan, jasa ini menjadi salah satu jasa yang paling dibutuhkan para penonton konser yang berasal dari luar kota. Penginapan yang Anda tawarkan tidak harus milik Anda sendiri.
Anda bisa merekomendasikan beberapa hotel yang nantinya akan disewakan kepada mereka. Artinya Anda yang nantinya akan menyewa hotel kemudian Anda sewakan kembali kepada customer.
Berikutnya adalah membuka jasa make up, tidak sedikit para penggemar yang ingin tampil cantik di depan idola mereka, sehingga mereka membutuhkan jasa make up. Biasanya jasa jenis make up mata yang paling banyak diminati.
Anda memiliki keahlian dalam make up, ide bisnis ini layak untuk dicoba.
Selain make up, penggemar juga biasanya akan mempercantik kuku mereka dengan nail art sebelum konser berlangsung.
Adapun jenis tema nail art yang digunakan adalah tema yang identik dengan idola mereka yang sedang mengadakan konser.
Nah, sekian rekomendasi ide bisnis di musim konser yang menguntungkan. By the way, di konser mana nih Anda akan membuka bisnis ini? konser Coldplay? Kpop? Artis Indonesia?
Sebelum itu, pastikan Anda menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk kelola keuangan bisnis Anda, bisa digunakan di berbagai device, kontrol bisnis dimana saja dan kapan saja.