Logo Bee Web

10 Contoh Perangkat Lunak Bisa Bantu Bisnis Lebih Optimal

Berikut 10 contoh perangkat lunak yang bisa bantu Anda kelola bisnis lebih praktis, efektif dan efisien lengkap dengan rekomendasi produknya!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 1 October 2024

Jika ingin memiliki bisnis yang sistematis, salah satu caranya adalah dengan menggunakan bantuan perangkat lunak, atau yang sering disebut dengan software. Dalam artikel ini kita akan memberikan 10 contoh perangkat lunak yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan efisiensi bisnis Anda.

Dimana, dengan menggunakan software yang tepat, Anda dapat mengotomatiskan berbagai proses bisnis, mulai dari manajemen keuangan, pengelolaan inventaris, hingga komunikasi dengan pelanggan.

Selain itu, penggunaan software juga memungkinkan Anda untuk menganalisis data dengan lebih mudah, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih akurat dan cepat.

Pengertian Perangkat Lunak

Contoh Perangkat Lunak kasir

Contoh penggunakan software kasir (Credit: Freepik.com)

Sebelum membahas tentang 10 contoh perangkat lunak yang bisa membantu bisnis Anda, mari kita bahas terlebih dahulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan perangkat lunak atau software ini.

Mengutip dari laman SMPN 6 Balikpapan, pengertian perangkat lunak adalah istilah khusus yang digunakan untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasi dan beberapa informasi lainnya yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer.

Sederhananya, pengertian perangkat lunak adalah bagian sistem komputer yang tidak berwujud, instruksinya dapat dirubah dengan mudah serta umum digunakan sebagai pengontrol perangkat keras.

Termasuk dalam melakukan proses perhitungan, pengolahan data, serta pengelolaan informasi, perangkat lunak memegang peranan penting dalam berbagai aspek operasional bisnis.

10 Contoh Perangkat Lunak untuk Bisnis

Berikut adalah 10 contoh perangkat lunak yang dapat membantu proses bisnis:

1. Software Akuntansi

Software Akuntansi Beecloud Jadi Andalan Perusahaan Ritel Besi Stainless Di Lamongan

Dari 10 contoh perangkat lunak pembantu bisnis yang akan dibahas, software akuntansi akan menjadi fokus pembahasan pertama kita. Dimana, software akuntansi adalah aplikasi yang digunakan untuk mencatat, mengolah, dan menganalisis transaksi keuangan dalam suatu organisasi.

Dengan adanya perangkat lunak akuntansi, bisnis dapat melakukan pelaporan keuangan yang lebih akurat dan memudahkan proses audit. Contohnya ada software akuntansi Beeaccounting dan software akuntansi online Beecloud.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Keuangan Usaha 2024

2. Software Kasir

Kemudian ada software kasir, yakni aplikasi yang digunakan untuk mengelola transaksi penjualan dan pembayaran di toko atau bisnis ritel. Yang berfungsi sebagai pencatatan penjualan secara real-time, pengelolaan inventaris, serta pembuatan laporan penjualan.

Software ini juga memfasilitasi proses pembayaran, termasuk penggunaan kartu kredit dan pembayaran digital. Sehingga dapat membantu pelaku usaha dalam meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan. Salah satu contohnya ada software kasir online Beepos.

3. Sistem Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM)

Ilustrasi Pengguna Software Crm

Ilustrasi Pengguna CRM (Credit: redegal.com)

Contoh perangkat lunak berikutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis Anda ada CRM (Customer Relation Management), yakni perangkat lunak yang dirancang untuk membantu perusahaan dalam mengelola interaksi dan hubungan dengan pelanggan.

Berfungsi sebagai pengumpulan dan analisis data pelanggan, pengelolaan komunikasi dengan prospek dan pelanggan, serta meningkatkan retensi dan kepuasan pelanggan.

Dengan menggunakan CRM ini, perusahaan atau tim penjualan dan pemasaran dapat bekerja lebih efisien, karena bisa lebih fokus pada kebutuhan pelanggan, dan menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi mereka. Contoh dari perangkat lunak ini termasuk Salesforce
dan HubSpot.

5. Software Manajemen SDM (HRM)

10 contoh perangkat lunak berikutnya ada software yang digunakan untuk manajemen sumber daya manusia. Software ini umumnya digunakan oleh bagian HR (Human Resource) untuk mengelola dan mengorganisir informasi terkait karyawan serta proses sumber daya manusia dalam suatu organisasi.

Dengan menggunakan perangkat lunak ini, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan sumber daya manusia. Contoh perangkat lunak HRM yang banyak digunakan adalah Workday dan BambooHR.

4. Sistem Analisis Web

Aplikasi Google Analytics Termasuk Perangkat Lunak

Perangkat Lunas Google Analytics (Credit: simplilearn.com)

Jika bisnis Anda berbasis web, sistem analisis web ini sangat dibutuhkan, dimana dengan aplikasi ini Anda dapat mengumpulkan, menganalisis, dan melaporkan data mengenai pengunjung dan kinerja situs web.

Dengan demikian, Anda bisa mengambil keputusan yang lebih tepat dalam mengoptimalkan strategi pemasaran dan meningkatkan pengalaman pengguna di situs web mereka berdasarkan data yang sudah dikumpulkan.

Contoh sistem analisis website yang bisa Anda gunakan adalah Google Analytics, Google Console, Ahrefs, Ubersuggest, Semrush dan masih banyak lagi lainnya.

6. Sistem Manajemen Pekerjaan

Perangkat lunak yang bisa Anda gunakan untuk membantu bisnis selanjutnya adalah perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membantu manajemen pekerjaan, seperti Asana, Trello, Jira dan lain sebagainya.

Dimana, dengan adanya perangkat lunak ini, perusahaan dapat mengatur prioritas dan mengalokasikan sumber daya secara optimal, sehingga proyek dapat diselesaikan dengan lebih baik dan tepat waktu.

7. Sistem Customer Service

Contoh Perangkat Lunak untuk Customer Service

Ilustrasi Wanita Menggunakan Aplikasi Customer Service (Credit: chicagoagentmagazine.com)

Berikutnya adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan manajemen customer service. Secara umum, sistem ini berfungsi untuk mengelola interaksi dengan pelanggan dan memberikan dukungan layanan pelanggan yang efisien.

Selain itu, perangkat lunak ini juga membantu dalam pengelolaan tiket dukungan dan pelacakan masalah yang dihadapi pelanggan. Dengan aplikasi ini perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat loyalitas mereka.

Contoh perangkat lunak customer service yang terkenal termasuk Zendesk, Freshdesk, dan HubSpot Service Hub.

8. Software Enterprise Resource Planning (ERP)

Kedelapan ada software ERP,  yakni aplikasi yang mengintegrasikan semua proses bisnis dan data dalam satu sistem terpadu.

Dengan menggunakan ERP, perusahaan dapat mengelola berbagai aspek bisnis, termasuk keuangan, produksi, dan sumber daya manusia, dalam satu platform.

Hal ini memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan berdasarkan data yang akurat. Contoh perangkat lunak ERP yang banyak digunakan adalah SAP, Oracle, dan Microsoft Dynamics 365.

9. Sistem Document Management

Kemudian ada Sistem Document Management atau DMS, yakni software pengelolaan dokumen yang dirancang untuk menangani dokumen dari bentuk draf hingga penyimpanannya. Contohnya, Google Drive, Dropbox, SharePoint dan lain sebagainya.

Fungsi dari perangkat lunak ini mencakup memudahkan pencarian dan akses dokumen, mengatur versi dokumen, serta kontrol akses untuk keamanan informasi. Selain itu, perangkat lunak ini juga dapat mengotomatiskan alur kerja dokumentasi dan meningkatkan kolaborasi antar tim dalam pengelolaan dokumen.

10. Software Pemasaran

Seseorang Menggunakan Aplikasi Hubspot

Ilustrasi Pengguna Aplikasi Pemasaran (Credit: impactbnd.com)

10 Contoh perangkat lunak terakhir yang bisa digunakan untuk membantu bisnis adalah software pemasaran, seperti namanya perangkat lunak ini digunakan untuk merencanakan, melaksanakan, dan menganalisis kampanye pemasaran.

Mulai dari pengelolaan strategi pemasaran, analisis data pemasaran, serta otomatisasi kampanye email dan media sosial. Beberapa contoh perangkat lunak pemasaran yang banyak digunakan adalah HubSpot dan Marketo.

Baca Juga: 10 Teknik Analisis Perilaku Pelanggan untuk Optimalkan Pemasaran

Kriteria Pemilihan Perangkat Lunak Bisnis

berikut beberapa kriteria perangkat lunak yang bagus dan bisa Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya:

  • Perangkat lunak sudah sesuai dengan kebutuhan bisnis, baik dari segi harga dan fiturnya. Pastikan untuk melakukan analisis dan perbandingan terlebih dahulu sebelum membeli.
  • Mudah digunakan, sebab perangkat lunak yang rumit dan sulit dipahami akan menghambat produktivitas dan dapat menyebabkan kesalahan.
  • Dapat berintegrasi dengan perangkat lain, hal ini memungkinkan pertukaran data tanpa ada kendala. Contohnya, software kasir online Beepos yang terintegrasi dengan sistem akuntansi Beecloud.
  • Memiliki keamanan dan privasi data yang kuat, seperti enkripsi data, kontrol akses, dan mekanisme pemulihan data. Sehingga, proses bisnis bisa berjalan dengan tenang tanpa was-was terjadi kebocoran Anda.
  • Memiliki dukungan teknis profesional, pertimbangkan tidak hanya biaya awal untuk pembelian atau langganan, tetapi juga biaya pemeliharaan, pelatihan, dan pembaruan perangkat lunak di masa depan.

Beecloud Untuk Semua Usaha Ukm Kelola Keuangan Akurat

Semua kriteria di atas, bisa Anda temukan di aplikasi pembukuan Beecloud. Jika Anda butuh aplikasi pembukuan keuangan, Beecloud menawarkan kemudahan penggunaan dengan antarmuka yang intuitif, sehingga pengguna dari berbagai latar belakang dapat dengan cepat memahami dan menggunakan software ini.

Selain itu, Beecloud dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis kecil hingga menengah, dengan fitur yang lengkap seperti pengelolaan laporan keuangan, pencatatan transaksi, serta pemantauan arus kas. Mau mencoba? klik banner di atas sekarang juga!

Artikel Terkait

13 Rekomendasi Aplikasi Stok Opname Barang Terbaik 2023
Stok opname adalah aktivitas menghitung persediaan barang yang masih tersimpan di gudang untuk dipasarkan nantinya, untuk meningkatkan efisiensi kerja dibutuhkan
Baca Juga
Contoh Invoice Jasa untuk Perkembangan Usaha Jasa
Untuk menulis invoice untuk layanan yang disediakan, usaha kecil harus dikembangkan dan mengikuti template invoice untuk mengenali cara mengadakan contoh
Baca Juga
8 Contoh Iklan Komersial Berdasarkan Medianya
Contoh iklan komersial merupakan hal yang tidak asing bagi kita semua. Iklan ini seringkali muncul di berbagai media, baik cetak,
Baca Juga
7+ Contoh Surat Perjanjian Kerjasama dan Cara Membuatnya
Contoh surat perjanjian kerjasama dalam artikel ini bisa dijadikan referensi para pengusaha dalam penyusunanya. Mengingat memiliki surat kerjasama sangat penting
Baca Juga
Analisis Resiko Usaha: Penyebab, Jenis dan Cara Identifikasinya
Dalam dunia bisnis yang penuh dengan tantangan, risiko usaha menjadi faktor yang tidak dapat dihindari. Kewirausahaan selalu melibatkan potensi kerugian
Baca Juga
9 Tips Jualan Online untuk Pemula Tersukses
Perkembangan dunia digital menjadikan bisnis jualan online semakin banyak diminati karena dianggap lebih praktis dan mudah dilakukan. Karena semakin banyak
Baca Juga

Artikel Populer

Lingkungan Bisnis: Pengertian, Ciri, Faktor & Contohnya
Apa itu lingkungan bisnis? Lingkungan bisnis adalah seluruh faktor yang mempengaruhi operasi dan keberhasilan usaha, baik faktor internal maupun eksternal.
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
7+ Brand Lokal ini Berhasil Go Internasional, Begini Strateginya!
Menjadi konsumen brand lokal Indonesia menjadi kebanggaan sendiri, dengan produk berkualitas, trendi yang tidak ketinggalan jaman konsumen juga bisa turut
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu