🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

10 Strategi Pengelolaan Stok Barang Saat High Season

High season adalah periode saat jumlah permintaan meningkat, apa persiapannya agar stok barang tidak berantakan? Cari jawabannya di sini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 22 May 2024

High season pada bisnis dapat diibaratkan bagai pisau bermata dua. Disatu sisi momen ini menjadi keuntungan karena penjualan meningkat, di sisi lain lonjakan ini menjadi tantangan tersendiri pada pengelolaan stoknya.

Jika stok kurang dapat mengakibatkan penurunan kepuasan pelanggan, namun juga stok berlebihan juga dapat menjadi penyebab kerugian karena adanya penumpukan stok berlebihan.

Lalu bagaimana strategi pengelolaannya? dan apa yang dimaksud dengan high season ini? Simak penjelasan lengkapnya pada artikel berikut ini!

Apa itu High Season?

kontrol stok saat high season

Manajemen stok baang sangat berpengruh pada kelancaran operasional saat permintaan meningkat (Credit: Freepik.com)

High season adalah periode tertentu saat permintaan pelanggan meningkat secara signifikan. Biasanya terjadi secara berulang setiap periodenya.

Selain itu, periode ini juga biasanya ditandai dengan adanya peningkatan penjualan, kunjungan pelanggan, pemesanan online dan pendapatan bisnis.

Contohnya, menjelang Hari Raya Idul Fitri, permintaan kue kering melonjak tajam. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis kue kering tengah mengalami high season pada periode tersebut.

Dengan ini pelaku usaha bisa mengantisipasinya dengan melakukan persiapan yang matang jauh-jauh hari sebelum masa peningkatan ini, khususnya dari segi pengelolaan stok.

Baca Juga: 10 Tips Manajemen Stok Barang Toko Ritel

Perbedaan High Season, Peak Season dan Low Season

Ada 3 hal mendasar yang membedakan high season, peak season dan low season, yakni: periode, karakteristik dan contohnya. Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Periode

Perbedaan pertama adalah periodenya, yakni:

  • High Season: Merupakan musim ramai yang relatif panjang, biasanya berlangsung selama beberapa bulan.
  • Peak Season: Merupakan musim ramai yang singkat, hanya berlangsung selama beberapa minggu atau bahkan hari.
  • Low Season: Merupakan musim sepi yang cukup panjang, berlangsung selama beberapa bulan.

2. Karakteristik

Selanjutnya dari karakteristik ketiga periode ini, dimana:

  • High Season: Permintaan tinggi secara konsisten, namun tidak mencapai puncak ekstrim.
  • Peak Season: Permintaan mencapai puncak tertinggi, bahkan meledak dalam waktu singkat.
  • Low Season: Permintaan rendah secara konsisten, bahkan terpuruk di level terendah.

3. Contoh

Terakhir adalah contohnya, yakni:

  • High Season: Musim liburan sekolah, musim panen raya untuk produk pertanian tertentu.
  • Peak Season: Liburan Natal dan Tahun Baru, momen peluncuran produk baru.
  • Low Season: Musim hujan di daerah wisata pantai, pasca perayaan besar.

Perbedaan di atas perlu dipahami pelaku usaha karena sangat berpengaruh pada strategi yang akan mereka gunakan dan persiapkan nantinya.

Tantangan Bisnis Saat High Season

Berikut 5 tantangan yang kerap dialami bisnis saat jumlah permintaan melonjak:

  • Manajemen stok barang yang sulit diprediksi dan sering tidak akurat, berpotensi menyebabkan kekecewaan pelanggan sekaligus penimbunan biaya penyimpanan barang.
  • Operasional tidak lancar, karena ketidaksiapan tim dalam menghadapi peningkatan penjualan.
  • Tenaga kerja yang tidak sebanding dengan jumlah permintaan yang tinggi.
  • Adanya keluhan pelanggan karena tidak puas dengan pelayanan yang diberikan.
  • Adanya gangguan transaksi karena sistem atau web tidak mampu menambah lonjakan permintaan, khususnya bisnis online.

Strategi Kontrol Stok Barang Saat High Season

apa itu high season

Ilustrasi proses analisa data penjualan (Credit: Freepik.com)

Untuk mengoptimalkan manajemen stok barang saat high season, Anda bisa menerapkan langkah-langkah di bawah ini:

1. Lakukan Analisa Penjualan Tahun Sebelumnya

Strategi pertama yang bisa dilakukan untuk menghadapi pelonjakan perintaan, Anda perlu melakukan analisis data penjualan pada tahun sebelumnya untuk mengidentifikasi pola dan tren pembelian barang.

Data ini digunakan untuk memprediksi permintaan yang akan datang dan menentukan target stok yang ideal.

2. Identifikasi Produk yang Paling Laku

Selanjutnya melakukan idenfikasi mana produk yang paling laku selama masa itu berlangsung, untuk membantu Anda dalam mengalokasikan sumber daya dengan lebih efisien.

Dengan lebih okus pada produk yang paling diminati, Anda juga bisa jdi lebih efisien dalam melakukan manajemen stok dan meminimalisir resiko kekurangan atau kelebihan persediaan.

3. Buat Persiapan Jauh-Jauh Hari

Jika pola permintaan dan mana produk yang paling diminati sudah diketahui, maka Anda bisa melakukan persiapan jauh-jauh hari sebelum masa pelonjakan permintaan berlangsung.

Adapun persiapan ini meliputi pengadaan stok tambahan, perbaikan proses operasional, perencanaan logistik, persiapan infrastruktur dan seterusnya.

4. Kerjasama dengan Pemasok

Strategi berikutnya adalah melakukan kerjasama dengan pemasok. Hal ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan stok selama masa  berlangsung.

Selain itu, dengan kerja sama ini Anda bisa melakukan negosiasi baik dari harga, waktu pengiriman hingga jaminan pengembalian barang juga sudah kadaluarsa.

5. Kontrol Stok Secara Berkala

Selanjutnya, pantau dan kontrol stok secara berkala. Pengontrolan ini tidak hanya pada saat permintaan meningkat saja untuk mengidentifikasi trend dan jumlah stok yang tersedia.

Jika perlu Anda memantau stok secara real-time menggunakan Beecloud, untuk memastikan data stok barangnya.

6. Jangan Menimbun Stok

Selanjutnya, hindari menimbun stok berlebihan karena dapat menyebabkan biaya penyimpanan yang tinggi dan risiko kerusakan barang. Anda bisa mengadakan clearance sale untuk menjual stok lama sebelum masa permintaan meningkat berlangsung.

Baca Juga: Apa itu Clearance Sale dan Bagaimana Cara Penerpannya?

7. Manfaatkan Teknologi

Tips berikutnya manfaatkan teknologi untuk melakukan manajemen stok barang, seperti aplikasi pembukuan Beecloud. Kelola barang baik di gudang maupun di toko jadi lebih mudah dan klop.

Dengan Beecloud juga, Anda bisa memantau dan mengelola stok dengan lebih efisien, sekaligus mengurangi kesalahan manusia dalam proses pengelolaan stok. Mau ujoi coba GRATIS? Klik banner di bawah ini!

Beecloud Kelola Stok Barang Di Gudang

8. Siapkan SDM yang Memadai

Kedelapan, rekrut dan latih karyawan tambahan untuk menangani lonjakan permintaan selama masa tersebut. Pastikan juga karyawan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk mengelola stok barang.

9. Berikan Pelatihan Karyawan

Kemudian berikan juga pelatihan kepada karyawan menganai manajemen stok, penanganan barang, dan proses operasional lainnya, untuk membantu meningkatkan efisiensi dan responsibilitas.

Karyawan yang terlatih akan lebih responsif terhadap perubahan permintaan selama permintaan meningkat. Sehingga operasional Anda jauh lebih optimal meskipun terjadi pelonjakan permintaan.

10. Lakukan Evaluasi

Setelah periode berakhir, penting untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kinerja strategi kontrol stok yang telah dilakukan. Identifikasi apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan untuk mempersiapkan diri lebih baik untuk periode berikutnya.

Dengan menerapkan strategi ini, bisnis dapat mengelola stok dengan lebih baik selama periode high season dan meningkatkan kepuasan pelanggan serta profitabilitas. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Contoh Surat Balasan Penawaran, Format dan Cara Menulisnya
Surat balasan penawaran adalah salah satu bentuk komunikasi tertulis yang penting dalam dunia bisnis, yang sering digunakan untuk merespon penawaran
Baca Juga
Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan Bagi Perintis Bisnis
Saat zaman beralih serba digital, ada berbagai peluang usaha di desa yang bisa dirintis untuk memulai bisnis. Orang tidak perlu
Baca Juga
Cara Menghitung Inventory Turnover, Rumus dan Contohnya
Perputaran persediaan atau Inventory turnover adalah kemampuan perusahaan dalam menggunakan persediaannya secara efisien. Salah satu indikator perusahaan memiliki manajemen persediaan
Baca Juga
5+ Usaha yang Tidak Pernah Sepi, Modal Kecil Untung Besar
Anda tentu pernah mendengar pepatah lama yang mengatakan, usaha yang tidak pernah sepi. Ungkapan ini seakan menjadi mantra para pengusaha
Baca Juga
Apa itu Supplier, Jenis, dan Cara Mencari Supplier Terbaik
Seringkali supplier disamakan dengan distributor padahal keduanya dua hal yang berbeda. Apa itu supplier? Supplier adalah orang atau perusahaan yang
Baca Juga
5+ Ide Jualan Makanan beserta Tips Strategi Jitunya
Ide jualan pada saat ini ada banyak variasi dan salah satu ide jualan yang menguntungkan saat ini adalah ide jualan
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu