Iklan permintaan merupakan strategi pemasaran yang efektif untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai beberapa contoh iklan permintaan, pengertian, tujuan hingga tipsnya.
Berbeda dengan iklan penawaran yang fokus pada produk atau jasa, iklan permintaan berfokus pada kebutuhan atau keinginan konsumen. Iklan ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti mencari pelanggan baru, meningkatkan brand awareness, atau meluncurkan produk baru.
Dengan menggunakan kata-kata yang tepat dan menarik, iklan permintaan dapat mendorong konsumen untuk mengambil tindakan, seperti mengunjungi toko, menghubungi perusahaan, atau membeli produk.
Menurut S. William Pattis (1993), seorang ahli perikanan asal Amerika menjelaskan, jika iklan adalah bentuk komunikasi yang ditujukan untuk memotivasi atau mempromosikan produk kepada seorang calon pembeli potensial.
Sedangkan iklan permintaan adalah jenis iklan yang digunakan untuk mengajak atau meminta masyarakat melakukan suatu hal yang diinginkan oleh pembuat iklan.
Iklan ini berbeda dengan iklan penawaran yang fokus pada produk atau jasa yang ditawarkan. Dimana, tujuan utama dari iklan permintaan adalah untuk menarik perhatian pihak, membangun awareness dan meningkatkan penjualan.
Baca Juga: Pengertian, Jenis, dan Manfaat dari Brand Awareness
Adapun tujuan utama iklan permintaan adalah untuk mendorong aksi dari target audiens, seperti:
Berikut ini beberapa contoh iklan permintaan beserta gambarnya:
Contoh iklan permintaan lamaran kerja ini bisa berisi mengenai informasi kualifikasi kerja, jobdesk hingga contact person yang bisa dihubungi pelamar untuk melakukan registrasi.
Tujuan utama dari iklan ini adalah untuk meminta calon pelamar dengan keahlian spesifik (Web Developer) untuk melamar ke perusahaan.
Contoh iklan di atas adalah menggambarkan bagaimana perusahaan Apple memperkenalkan kepada khalayak umum, mengenai perilisan produk baru mereka.
Selanjutnya ada contoh iklan permintaan diskon spesial, iklan bertujuan untuk menarik minat konsumen dengan menawarkan diskon besar, dengan menjelaskan secara singkat tentang besaran diskon, periode promo, dan lokasi yang berlaku.
Selanjutkan ada iklan layanan, sama seperti iklan permintaan pada umumnya, Iklan ini bertujuan untuk menarik calon pelanggan untuk menggunakan jasa atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.
Iklan ini biasanya berisi informasi tentang jenis layanan yang ditawarkan, manfaat layanan, dan informasi kontak untuk mendapatkan layanan tersebut.
Membuat sebuah iklan tentu saja membutuhkan media, agar iklan yang dibuat dapat dilihat dan dijangkau banyak kalangan. Selain itu, pemilihan media juga sangat mempengaruhi keberhasilan dari iklan yang Anda untuk menjangkau audience.
Berikut adalah beberapa media yang umum digunakan dalam mempromosikan iklan, yakni:
Media pertama yang cocok untuk dijadikan platform iklan permintaan adalah media cetak. Meskipun media cetak tidak sepopuler dahulu, media ini masih menjadi pilihan yang menarik untuk menjangkau audience.
Media cetak ini memiliki beberapa jenis, berikut diantaranya:
Media selanjutnya ada media elektronik, media ini juga memiliki beberapa platform yang bisa digunakan, yakni:
Berikutnya ada media luar ruang, yakni media iklan yang biasanya diletakkan di ruang terbuka agar bisa dilihat oleh masyarakat secara luas, tanpa klasifikasi tertentu seperti papan reklame, spanduk, poster dan sejenisnya.
Berikutnya ada media sosial, menjangkau target audience yang luas dan aktif, media sosial ini bisa menjadi opsi yang cukup menarik. Selain itu, media sosial ini juga bisa membagikan berbagai opsi media, baik teks saja, foto, video atau memadukan ketiganya.
Ada beberapa platform yang media sosial yang bisa digunakan untuk iklan, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Tiktok dan sejenisnya.
Selanjutnya adalah website dan blog, media ini cocok untuk menjangkau target audience yang mencari informasi secara spesifik tentang produk atau layanan Anda.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Media Promosi Paling Efektif dan Efisien
Membuat iklan permintaan yang efektif membutuhkan strategi dan perencanaan yang matang. Berikut 7 tips yang dapat membantu Anda:
Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat iklan adalah menentukan siapa target audience yang akan dituju, target ini meliputi siapa saja yang ingin Anda jangkau, kemudian apa saja kebutuhan, keinginan dan kebiasaan mereka.
Semakin Anda memahami target audience, semakin baik Anda dapat membuat iklan yang menarik bagi mereka. Karena, mereka merasa relevan dengan apa yang Anda informasikan.
Berikutnya tentukan apa tujuan dari iklan, apakah Anda ingin meningkatkan awareness, menarik pelanggan baru, atau meningkatkan penjualan.
Sebab tujuan ini akan mempraktekkan bagaimana tujuan yang Anda buat dan bagaimana ekspektasi yang ingin Anda bangun dari iklan tersebut.
Hal yang tidak kalah penting berikutnya adalah penggunaan bahasa, mulai dari judul. Dimana judul ini menjadi hal pertama yang dilihat orang, jadi pastikan itu menarik dan informatif.
Tidak hanya pada bagian judulnya saja, pada bagian isi juga pastikan untuk menggunakan bahasa yang jelas, ringkas dan mudah dimengerti.
Tambahkan juga kata-kata yang mengandung ajakan seperti "hubungi kami sekarang", "kunjungi website kami" dan lain sebagainya.
Tips selanjutnya agar iklan permintaan kalian semakin menarik adalah dengan menambahkan visual yang menarik. Visualisasi ini bisa berupa warna, animasi, dan sejenisnya. Pastikan juga visual pendukung tersebut sesuai dengan tema iklan Anda.
Kemudian, pilih media iklan yang tepat. Media iklan sendiri cukup beragam, seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, dan masing-masing media memiliki target audience yang berbeda.
Oleh karena itu, pemilihan media ini penting diakukan agar iklan semakin efektif dan sesuai dengan tujuan bisnis yang sudah ditentukan sebelumnya.
Setelah iklan Anda ditayangkan, penting untuk memantau dan mengukur hasilnya. Pemantauan ini akan membantu Anda mengetahui apa yang berhasil dan apa yang tidak, sehingga Anda dapat melakukan penyesuaian di masa depan.
Terakhir adalah memiliki manajemen keuangan yang baik, caranya bagaimana? Yakni dengan menggunakan aplikasi pembukuan keuangan Beecloud. Dengan Beecloud, bisnis dapat mengoptimalkan iklan mereka dengan mencatat dan memantau arus kas keuangan secara efisien.
Beecloud memberikan kemudahan dalam merekam setiap transaksi iklan yang dilakukan, memungkinkan pemilik bisnis untuk melacak pengeluaran iklan dengan lebih terperinci dan akurat.
Dengan informasi yang terekam dengan baik, bisnis dapat mengevaluasi efektivitas setiap kampanye iklan. Tertarik? Klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya!