Logo Bee Web

9 Jenis Sales Promotion yang Bisa Bikin Penjualan Melejit!

Sales promotion adalah strategi pemasaran yang dirancang untuk meningkatkan penjualan produk dengan memberikan insentif kepada konsumen.
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Thursday, 7 March 2024

Memiliki strategi pemasaran menjadi kunci untuk meningkatkan konversi penjualan. Salah satunya adalah sales promotion. Promosi ini dapat menciptakan kegembiraan bagi konsumen yang juga merangsang respon positif mereka untuk mengambil tindakan pembelian.

Dengan merancang kampanye sales promotion relevan, perusahaan dapat mencapai tidak hanya peningkatan dalam volume penjualan, tetapi juga memperkuat loyalitas pelanggan, menciptakan kondisi yang solid untuk kesuksesan jangka panjang.

Bagaimana caranya? Simak selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Apa itu Sales Promotion?

contoh sales promotion

Sales promotion adalah bentuk intensif tambahan yang diberikan penjual kepada konsumennya (Credit: Freepik.com)

Sebelum mengenai bagaimana caranya, alangkah lebih baik memahami terlebih dulu apa yang dimaksud dengan sales promotion. Sales promotion adalah suatu strategi pemasaran yang dirancang untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan dengan memberikan insentif tambahan kepada konsumen atau pelanggan potensial.

Sales promotion adalah salah satu elemen dari bauran promosi menurut Wikipedia. Elemen utama dalam bauran promosi menurut Wikipedia adalah periklanan, penjualan pribadi, pemasaran langsung, dan publisitas/hubungan masyarakat.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk merangsang pembelian, menciptakan kegembiraan, dan mendorong interaksi positif dengan merek atau produk. Metode yang umum digunakan dalam sales promotion melibatkan pemberian diskon, kontes, hadiah, kupon, atau penawaran khusus lainnya.

Dengan merancang kampanye promotion yang efektif, perusahaan dapat menggerakkan pasar, memperkenalkan produk baru, dan membangun kesadaran merek serta meningkatkan loyalitas pelanggan.

Sedangkan dari segi profesi, tugas sales promotion adalah untuk menciptakan stimulus yang efektif dalam meningkatkan penjualan produk atau layanan melalui berbagai insentif dan strategi pemasaran. Sederhananya merekalah yang bertugas untuk mempraktekkan strategi promotion yang sudah disusun sebelumnya.

Tujuan Kegiatan Sales Promotion

Berikut beberapa tujuan dari kegiatan sales promotion:

  • Mendorong pembelian konsumen sehingga meningkatkan penjualan langsung.
  • Sebagai media untuk memperkenalkan produk baru ke pasar dan menarik perhatian pelanggan potensial.
  • Membantu membangun dan meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap merek.
  • Menggunakan diskon besar atau penawaran khusus untuk merangsang pembelian dalam jumlah besar atau paket bundling.
  • Dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Jenis-Jenis Sales Promotion

apa itu sales promotion

Ilustrasi promo buy 1 get 1 free (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa contoh sales promotion yang bisa diterapkan pada bisnis Anda:

1. Sample Gratis

Jenis strategi sales promotion yang pertama adalah menawarkan sampel gratis produk kepada pelanggan sebagai cara untuk memperkenalkan dan membiarkan mereka mencoba sebelum memutuskan untuk membeli.

2. Diskon dan Potongan Harga

Kemudian Anda juga bisa memberikan diskon dan potongan langsung untuk pembelian tertentu. Diskon ini memberikan dorongan konsumen untuk segera membeli karena kesempatan mendapatkan produk dengan harga lebih murah dari biasanya.

3. Promosi Beli 1 Gratis 1

Strategi promotion selanjutnya yang bisa dicoba adalah promosi beli 1 gratis 1. Metode ini terbilang cukup yang efektif untuk meningkatkan volume penjualan.

Ini memberikan nilai tambah kepada pelanggan dengan memberikan produk tambahan tanpa biaya tambahan, sekaligus mendorong pembelian lebih banyak.

4. Hadiah dan Undian

Berikutnya adalah memberikan hadiah dan undian, strategi ini melibatkan berpartisipasi dalam penerapan program. Metode ini memiliki peluang untuk menciptakan motivasi tambahan untuk melakukan pembelian dan berinteraksi dengan merek.

5. Program Loyalitas

Selanjutnya adalah menggunakan strategi program loyalitas, dimana sistem ini memberikan insentif kepada pelanggan setia.

Caranya dilakukan melalui pemberian poin, diskon eksklusif, atau hadiah khusus setiap kali mereka melakukan pembelian. Ini tidak hanya mendorong pembelian berulang, tetapi juga membangun hubungan jangka panjang antara merek dan pelanggan.

6. Kontes dan Giveaway

Ilustrasi Netizen Menang Giveaway (Credit: Freepik.com)

Strategi sales promotion pertama adalah mengadakan kontes atau giveaway di media sosial atau platform online meningkatkan eksposur merek dan interaksi dengan konsumen.

Cara ini dapat menciptakan buzz di sekitar merek, menarik perhatian baru, dan mendorong partisipasi aktif dari pelanggan.

7. Cashback

Contoh sales promotion berikutnya adalah menawarkan cashback, cara ini digunakan untuk pembelian tertentu memberikan keuntungan langsung kepada pelanggan.

Ini memberikan rasa penghargaan kepada pelanggan dan mungkin menjadi faktor penentu untuk memilih merek Anda daripada pesaing.

8. Promo Gratis Ongkir

Berikutnya adalah dengan menawarkan promosi pengiriman gratis, promo ini sering menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian.

Menawarkan promo gratis ongkir dapat menjadi pemicu untuk mendorong pelanggan agar melakukan pembelian, terutama jika mereka mencapai batas tertentu.

9. Bundling Produk

Selanjutnya adalah strategi promotion dengan menggabungkan beberapa produk dalam paket bundling dengan harga spesial tidak hanya meningkatkan nilai transaksi.

Tetapi juga mendorong pelanggan untuk mencoba berbagai produk dalam satu kesempatan. Ini menciptakan kepuasan tambahan dan meningkatkan penjualan lintas produk.

Anda bisa mengkombinasikan beberapa strategi sales promotion untuk mengoptimalkan penjualan.

Tips Memilih Jenis Sales Promotion yang Tepat

Sebelum memutuskan untuk menggunakan beberapa jenis promotion di atas, Anda perlu mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

1. Pertimbangkan Target Pasar

Sebelum memilih jenis sales promotion, penting untuk memahami dan mempertimbangkan karakteristik target pasar. Apakah target pasar Anda lebih responsif terhadap diskon besar-besaran, sample gratis, ataukah lebih tertarik pada program loyalitas?

Anda perlu melakukan riset pasar dan menganalisis perilaku konsumen dapat membantu Anda memilih strategi yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.

2. Sesuaikan dengan Tujuan Promosi

Setiap promosi harus memiliki tujuan yang jelas. Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan, mengenalkan produk baru, atau mempertahankan pelanggan setia?

Memahami tujuan secara spesifik akan membantu Anda memilih jenis promotion yang tepat untuk mencapai hasil yang diinginkan. Dalam hal ini Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memanfaatkan media sosial sebagai media dalam membangun awareness.

3. Perhitungan Anggaran

Berikutnya, adalah melakukan perhitungan anggaran. Anggaran adalah faktor kunci dalam menentukan jenis promotion yang dapat Anda terapkan.

Pertimbangkan berapa banyak dana yang dapat dialokasikan untuk promosi tanpa mengganggu kestabilan keuangan perusahaan. Pilihlah strategi yang tidak hanya efektif tetapi juga sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.

Perhitungan anggaran ini bisa dimulai dari mencatat arus kas bisnis, mulai dari uang yang masuk hingga yang keluar. Dengan demikian keuangan bisnis akan mudah terlacak, dan bisa disesuaikan untuk kegiatan promosi.

Selai anggaran keuangan, stok dan persediaan barang juga perlu dipertimbangkan agar promotion yang dilakukan semakin menguntungkan.

Dalam penerapan promotion ini Anda bisa menggunakan software kasir online Beepos yang terintegrasi dengan pembukuan keuangan, promosi lancar keuangan pun juga lancar. Klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

Beepos Software Kasir Online Integrasi Akunting

4. Pilih Jenis Promosi yang Menarik dan Kreatif

Selanjutnya adalah mengembangkan ketertarikan dan kreativitas dalam menjalankan sales promotion. Pelanggan cenderung lebih responsif terhadap promosi yang unik dan menarik. Berpikirlah out-of-the-box dan pertimbangkan elemen kreatif yang dapat membuat promosi Anda berbeda dan menonjol di mata konsumen.

5. Evaluasi Keberhasilan Promosi

Setelah menjalankan sales promotion, lakukan evaluasi terhadap hasilnya. Analisis data penjualan, partisipasi pelanggan, dan feedback konsumen dapat memberikan wawasan berharga tentang efektivitas strategi yang telah Anda pilih. Dengan memahami hasil promosi, Anda dapat mengadaptasi strategi kedepannya untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Artikel Terkait

4 Cara Menghitung Modal Awal Usaha dan Contohnya
Memulai merintis karir sebagai seorang pengusaha mengetahui cara menghitung modal adalah hal dasar yang perlu dipahami, dimana modal ini menjadi
Baca Juga
Pangsa Pasar adalah: Jenis, Rumus, hingga Contoh
Salah satu cara agar Anda bisa melakukan perbandingan penjualan dengan beberapa kompetitor, pangsa pasar adalah jawabannya. Tidak hanya salesperson, para
Baca Juga
Cari Ide Jualan Makanan Kekinian di 2023?
Anda sedang tertarik untuk cari ide jualan makanan kekinian di 2023, tetapi Anda tidak tahu makanan apa yang menarik untuk
Baca Juga
5+ Contoh Ide dan Peluang Usaha Paling Menjanjikan 2023
Di era revolusi industri 4.0 ini, tingkat pertumbuhan UMKM di Indonesia memang meningkat drastis. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari
Baca Juga
Apa itu Supplier, Jenis, dan Cara Mencari Supplier Terbaik
Seringkali supplier disamakan dengan distributor padahal keduanya dua hal yang berbeda. Apa itu supplier? Supplier adalah orang atau perusahaan yang
Baca Juga
Iklan Penawaran: Tujuan, Cara, dan Contohnya
Iklan penawaran merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup populer untuk iklan promosi produk atau jasa. Iklan penawaran biasanya digunakan
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu