Menjadi konsumen brand lokal Indonesia menjadi kebanggaan sendiri, dengan produk berkualitas, trendi yang tidak ketinggalan jaman konsumen juga bisa turut andil dalam membangun perekonomian Indonesia melalui UMKM ini.
Fenomena menggunakan merek lokal ini menjadi fenomena positif yang patut dipertahankan dan dikembangkan, oleh sebab itu banyak pihak harus turut terlibat untuk bekerja baik dari sisi masyarakat maupun pemerintah.
Brand Indonesia apa saja yang sudah berhasil go Internasional? Apa strategi mereka? Apakah bisnis kecil-kecilan bisa menirunya? Simak penjelasan lengkapnya pada artikel di bawah ini.
Hermawan Kartajaya dan Muhammad Syakir Sula dalam bukunya Syariah Marketing (2006) mengartikan merek atau brand sebagai nama atau istilah (term), tanda (sign), simbol atau kombinasi yang menjadi identitas produk.
Dari pengertian istilah brand ini bisa tarik dalam untuk menjabarkan istilah brand lokal, topik yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.
Dimana brand lokal adalah merek atau label yang berasal dari suatu wilayah atau negara tertentu dan memiliki akar kuat dalam identitas, budaya, atau tradisi setempat. Contohnya brand lokal Indonesia.
Selain itu, merek lokal seringkali diidentifikasi dengan keunikan dan kekhasan produknya yang mencerminkan nilai-nilai lokal. Pada tingkat nasional, dukungan terhadap brand lokal sering kali muncul dari rasa patriotisme dan keinginan untuk mendukung perekonomian dalam negeri.
Sedangkan di pasar global, brand lokal dapat mencapai kesuksesan dengan fokus pada kualitas, keberlanjutan, inovasi, serta pemanfaatan nilai budaya yang membedakannya dari brand internasional.
Berikut beberapa contoh brand lokal Indonesia yang berhasil go Internasional:
Brand lokal rasa internasional, eiger yang merupakan brand yang fokus pada peralatan dan perlengkapan outdoor. Berdiri sejak 1979, Eiger telah berhasil mengukuhkan dirinya di pasar internasional.
Brand ini menjual produk-produknya hingga ke negara-negara seperti Jepang, Lebanon, Malaysia, dan Filipina. Keberhasilan Eiger didukung oleh kualitas produknya yang tangguh dan sesuai dengan kebutuhan pecinta aktivitas outdoor.
Selanjutnya ada brand lokal skincare wardah yang telah menjadi pelopor produk kecantikan halal dengan 25 tahun pengalaman.
Wardah sukses menembus pasar internasional dengan ekspansi ke Malaysia pada tahun 2012 dan berencana untuk melanjutkan ekspansinya hingga ke Thailand dan Turki.
Keberhasilan Wardah tidak hanya didukung oleh aspek halal, tetapi juga kualitas produknya yang terjamin.
Buttonscarves adalah sebuah brand busana asal Indonesia yang didirikan oleh Linda Anggrea pada awal 2016, telah meraih popularitas di kalangan perempuan Indonesia, terutama dalam segmen pasar hijab.
Dikenal karena inovasi desain hijab, koleksi modis, dan pemilihan material berkualitas, Buttonscarves bukan hanya menawarkan hijab yang stylish tetapi juga produk baju atasan dan perlengkapan sholat.
Selanjutnya ada Polygon, brand sepeda asal Sidoarjo, Jawa Timur, yang sukses memperluas pasar hingga ke luar negeri.
Dengan tim downhill kelas dunia seperti Hutchinson UR Team menggunakan sepeda Polygon pada UCI DH World Cup 2013. Polygon telah memberikan kontribusi signifikan dalam mengangkat citra Indonesia di dunia olahraga sepeda.
Kemudian ada brand Erigo, yang awalnya dikenal sebagai Selected and Co, merupakan brand busana lokal yang mencapai tingkat internasional.
Didirikan pada 2010, Erigo dikenal dengan konsep busana yang menarik, terutama street style. Keikutsertaan Erigo dalam New York Fashion Week pada tahun 2022 menunjukkan prestasinya yang luar biasa di dunia fashion global.
Berikutnya ada Cotton Ink, brand yang dibangun oleh Ria Sarwono dan Carline Darjanto, adalah brand lokal yang mendapatkan penghargaan sebagai The Most Innovative Brand di Jakarta Fashion Week.
Cotton Ink dikenal dengan desain yang inovatif dan produk fashion yang dapat ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan ternama.
Berikutnya brand lokal sepatu, jacket, dress, sweater, jaket dan produk fashion lainnya. Brand yang berdiri sejak 1996i dan berasal dari Banding yang sudah berhasil memperoleh popularitas di kalangan anak muda.
Selain dari desain yang menarik dan simpel, brand ini juga terkenal dengan harganya yang terjangkau.
Berikutnya adalah brand The Executive, dari namanya mungkin brand ini terlihat seperti brand internasional, namun ternyata brand ini asal Bandung, Indonesia.
Dikenal dengan produknya yang berkualitas mulai dari kemeja, blazer, dan pakaian formal lainnya, The Executive berhasil go internasional dengan kualitas produknya yang terpercaya.
Menurut Johnson dan Ronkainen (2004) dalam Ken Duranti (2013) setidaknya ada 7 faktor yang melatarbelakanginya, yakni:
Baca Juga: Begini Teori Perilaku Konsumen, Pebisnis Wajib Tahu!
Apa rahasia brand di atas bisa go Internasional? Berikut strategi umumnya:
Strategi pertama adalah inovasi, inovasi ini menjadi landasan bagi bisnis lokal untuk sukses go internasional.
Pengembangan produk dan layanan yang unik serta relevan dengan pasar global dapat meningkatkan daya tarik dan keberlanjutan bisnis.
Selain itu, adopsi teknologi terkini menjadi kunci untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memenuhi tuntutan pasar yang selalu berubah.
Berikutnya adalah memiliki branding yang kuat. Bisnis lokal perlu membangun identitas merek yang konsisten dan meyakinkan, yang mencerminkan nilai tambah produk atau layanannya.
Komunikasi yang jelas dan efektif mengenai keunggulan dan keunikan produk atau layanan dapat membantu menciptakan citra positif di mata konsumen global.
Baca Juga: Branding Adalah: Pengertian, Jenis, Elemen & Caranya Lengkap
Tidak hanya itu saja, strategi pemasaran yang efektif berperan penting dalam memperkenalkan bisnis lokal di pasar internasional. Mulai dari membangun brand awareness, memanfaatkan sosial media, konten yang menarik hingga influencer marketing.
Hal ini dapat memperluas jangkauan pasar sekaligus menjadi sarana yang efektif untuk mencapai audiens global, meningkatkan visibilitas merek, dan membangun hubungan dengan pelanggan potensial.
Keberhasilan bisnis lokal di pasar internasional juga terkait erat dengan upaya membangun loyalitas pelanggan. Fokus pada kepuasan pelanggan dan penyediaan pelayanan yang unggul.
Dengan implementasi program loyalitas dapat membantu mempertahankan pelanggan di pasar yang penuh persaingan. Investasi dalam hubungan jangka panjang dengan pelanggan merupakan langkah krusial.
Hal yang paling penting lainnya adalah manajemen keuangan. Manajemen keuangan menjadi pondasi bagi keberlanjutan bisnis lokal di tingkat global.
Pengelolaan sumber daya keuangan dengan bijak, pemahaman yang mendalam terhadap risiko keuangan baik untuk urusan internal perusahaan hingga risiko pasar internasional.
Dalam hal ini Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan keuangan Beecloud, Anda bisa menganalisa keuangan bisnis secara lebih mudah dan akurat. Klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya!
Selain menguntungkan dari sisi pelaku usaha, brand lokal juga memiliki peran penting dalam membangun ekonomi negara, identitas nasional hingga kesejahteraan masyarakat itu sendiri.
Selain itu, berikut beberapa rangkuman alasan pentingnya brand lokal bagi sebuah negara:
Meskipun memiliki peran yang cukup krusial bagi negara, tidak menjadikan brand lokal tidak memiliki tantangan. Mulai dari persaingan dengan brand internasional dan masih banyak lagi, berikut diantaranya:
Untuk itu, suksesnya brand lokal tidak hanya bisa dioptimalkan dari sisi internal saja, namun juga sisi eksternal. Seperti, masyarakat sebagai konsumen aktif dan pemerintah sebagai pendukungnya.