🎉 Akhir Tahun Buanyak Diskon-nyaaa, Disc. upto 25%
Logo Bee Web

7 Komponen Perencanaan Usaha dan Penjelasannya Lengkap!

Mengutip Supriyanto (2009) dalam jurnalnya "Business Plan Sebagai Langkah Awal Memulai Usaha", ada 7 komponen perencanaan usaha, yakni:
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Terbit: Wednesday, 25 October 2023
Diperbarui: Monday, 30 September 2024
Daftar Isi

Komponen perencanaan usaha disusun untuk memudahkan pebisnis dalam memastikan setiap rencananya sesuai dengan tujuan. Tanpa adanya perencanaan maka besar kemungkinan bisnis tidak terarah hingga menyebabkan kerugian.

Semua bidang usaha membutuhkan perencanaan bisnis yang matang tanpa terkecuali, baik usaha skala besar maupun kecil. Untuk menunjang proses bisnis secara efektif dan efisien.

Secara garis besar komponen utama dari penyusunan perencanaan usaha yaitu analisis cash flow yang berkaitan dengan prediksi profut dan detail pelaksanaan, mencakup prediksi apa yang akan terjadi, siapa yang bertanggung jawab, kapan, bagaimana dan berapa anggarannya. Untuk lebih jelas dan lengkap, simak penjelasan di bawah ini:

Pengertian Perencanaan Usaha

Perencanaan Usaha

Ilustrasi Perencanaan Usaha (Credit: Freepik.com)

Dalam buku "Rencana Usaha yang Rasional" dijelaskan jika pengertian perencanaan usaha adalah proses penentuan visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program hingga anggaran yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha tertentu.

Dengan demikian, biasa Perencanaan Usaha adalah proses menyusun rencana yang komprehensif untuk mengarahkan langkah-langkah bisnis dari awal hingga akhir. Sederhananya, perencanaan usaha adalah pedoman jangka panjang sebuah bisnis untuk mencapai tujuannya.

Secara umum, perencanaan ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap aspek operasional bisnis berjalan sesuai dengan arah yang telah ditetapkan. Dengan perencanaan yang baik, sebuah bisnis dapat mengantisipasi risiko, memanfaatkan peluang, dan mencapai keberlanjutan dalam persaingan pasar.

Tujuan Perencanaan Usaha

Berikut beberapa fungsi dan tujuan penyusunan perencanaan usaha ketika akan memulai bisnis.

1. Menentukan Arah dan Visi Bisnis

Tujuan pertama dalam perencanaan usaha adalah menentukan arah dan visi misi bisnis. Dengan begitu, perusahaan memiliki panduan yang jelas mengenai apa yang ingin dicapai di masa depan hingga berapa biaya yang dibutuhkan nanti.

Usaha yang didasari dengan visi dan misi yang jelas dapat membantu semua anggota tim memahami peran mereka dalam mencapai tujuan tersebut.

2. Mengurangi Resiko Kegagalan

Fungsi perencanaan yang kedua adalah mengurangi resiko kegagalan, dimana dengan perencanaan usaha yang matang, perusahaan dapat mengidentifikasi potensi risiko yang mungkin muncul di masa depan dan menyiapkan strategi untuk mengelolanya. Hal ini membantu meminimalkan kegagalan serta meningkatkan stabilitas bisnis.

3. Mengalokasikan Sumber Daya Secara Efisien

Selanjutnya, dengan perencanaan usaha yang ini Anda bisa memperkirakan berapa biaya yang dibutuhkan nanti ketika akan menjalankan sebuah bisnis.

Anda bisa membuat anggaran yang tepat dan mengalokasikan sumber daya, baik dari segi finansial, manusia, maupun waktu, secara efisien. Sehingga potensi yang dimiliki benar-benar bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

4. Menarik Investor dan Pendanaan Rencana

Usaha yang komprehensif dan realistis dapat digunakan untuk menarik investor atau mendapatkan pembiayaan eksternal. Investor biasanya akan meninjau rencana usaha untuk menilai prospek dan kelayakan bisnis sebelum memberikan modal.

5. Memantau dan Mengevaluasi Kinerja Bisnis

Selain sebagai acuan berjalannya bisnis di masa depan, perencanaan usaha juga bisa menjadi tolok ukur untuk mengukur keberhasilan dan kinerja perusahaan dari waktu ke waktu.

Dengan demikian, bisnis dapat melakukan evaluasi berkala untuk memastikan apakah berada di jalur yang benar atau perlu menyesuaikan strategi.

Agar tujuan perencanaan usaha ini semakin realistis dan maksimal, Anda bisa menggunakan strategi SMART Goals. Apa itu SMART Goals? Baca penjelasannya di sini!

7 Komponen Perencanaan Usaha

Pasar Monopolistik

Analisis aspek pasar mencakup peluang, persaingan, posisi perusahaan dan strategi pemasaran (Credit: Freepik.com/ @user7520741)

Mengutip Supriyanto (2009) dalam jurnalnya yang berjudul "Business Plan Sebagai Langkah Awal Memulai Usaha", ada beberapa komponen perencanaan usaha yang dianjurkan, yakni:

1. Executive Summary (Ringkasan)

Komponen perencanaan usaha yang pertama terdiri dari gambaran singkat mengenai latar belakang proyek bisnis, siapa penggagasnya, dimana pasar yang akan menjadi sasaran, pengelolaan, kelayakan secara finansial hingga proyek bisnis secara umum. Ringkasan ini disampaikan secara ringkas saja namun dengan informasi yang lengkap, biasanya disampaikan hanya dalam 1-2 halaman saja.

2. Company Description (Deskripsi Perusahaan)

Berikutnya adalah deskripsi perusahaan atau bisnis, dimana Anda perlu menggambarkan secara singkat bagaimana profil bisnis yang Anda jalankan, seperti aspek hukum dari bentuk usaha, segi sejarah bagaimana Anda merintis bisnis.

kemudian bagaimana visi dan misinya, tujuan, sasaran kepemilikan dalam perusahaan, ketetapan dan lain sebagainya yang berbagitan dengan perusahaan Anda. Sampaikan secara detail namun tidak bertele-tele.

3. Barang atau Jasa yang Ditawarkan

Ketiga adalah gambaran mengenai produk apa yang Anda produksi atau jual, baik produk barang maupun jasa. Informasi ini mencakup alasan kenapa barang ini diproduksi hingga manfaat apa saja yang akan didapatkan konsumen ketika menggunakan produk Anda.

4. Analisis Aspek Pasar

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah analisis aspek pasar, dalam hal ini mencakup 4 hal, yakni:

a. Peluang dan Prospek Bisnis

Mengenai peluang usaha dan prospeknya ini Anda perlu mengupas jawaban mengenai beberapa pertanyaan mengenai apa yang bisa Anda lakukan dan apa yang dibutuhkan masyarakat atau memutuskan untuk menciptakan kebutuhan konsumen dengan menciptakan pasar.

Kemudian melakukan analisis mengenai adanya peluang atau tidak dalam bisnis yang Anda kembangkan, dan yang terakhir adalah seberapa layak peluang yang anda temukan untuk ditindak lanjuti sebagai usaha.

b. Persaingan Pasar

Aspek pasar selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah persaingan pasar, Anda perlu mempertimbangkan bagaimana kondisi persaingan yang akan dihadapi bisnis nantinya.

Dengan cara menentukan dua jenis pasar berikut ini: Pertama, Captive Market atau pasar sudah pasti, dimana produksi dilakukan berdasarkan pesanan, sehingga tidak perlu memikirkan produk akan laku atau tidak laku.

Kemudian yang kedua adalah Buyer Market atau pasar yang ditentukan oleh pembeli, maka posisi pebisnis sebagai produsen harus siap menghadapi persaingan ketat dalam berebut konsumen.

c. Posisi Perusahaan dalam Pasar

Ketiga adalah dimana posisi perusahaan dalam pasar, dimana yang perlu dibahas dalam pembahasan ini adalah mengenai tentang berapa pasar yang akan dikuasai? Dimana bisnis diposisikan? Apakah sebagai leader (pemimpin pasar) follower (pengikut), atau niche (relung pasar)?

d. Strategi Pemasaran/ Usaha Pemasaran

Terakhir adalah mengenai bagaimana usaha pemasaran yang akan dilakukan. Langkah ini juga menjadi lanjutan dari proses penentuan target pasar, guna mendukung terjadinya penjualan.

Ada banyak sekali bentuk pemasaran yang bisa dilakukan seperti marketing mix dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan bagaimana kekurangan dan kelebihannya agar tujuan akhir dari pemasaran bisa sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Baca Juga: Memahami Apa Itu Aspek Pemasaran dan Komponennya

5. Analisis Aspek Produksi/ Teknis

Komponen perencanaan selanjutnya adalah analisis aspek produksi atau teknis, hal ini mencakup beberapa hal, yakni:

  • Lokasi bisnis, apakah dekat dengan konsumen atau bahan baku?
  • Layout Produksi, berkaitan dengan pengelompokan mesin atau peralatan yang digunakan berdasarkan proses produksi.
  • Skala Produksi, hal ini dapat dilakukan dengan mempertimbangkan apakah bisnis ngin keuntungan maksimum atau biaya rata-rata yang rendah.
  • Pemilihan Mesin dan Teknologi, apakah menggunakan padat teknologi atau padat karya.

6. Analisis Aspek Manajemen

Selanjutnya adalah analisis aspek manajemen, dalam hal ini berisi tentang dua gambaran, yakni tentang:

a. Bisnis dalam Pembangunan

Studi ini harus mencakup waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan proyek hingga siap beroperasi, serta perkiraan anggaran yang dibutuhkan untuk proyek tersebut.

b. Bisnis Sudah Beroperasi

Sedangkan untuk studi ini mengkaji badan hukum organisasi manajemen, dengan mempertimbangkan opsi-opsi seperti Perusahaan Perorangan, Firma, Koperasi, PT, atau bentuk lainnya.

Selain itu juga menganalisis Struktur Organisasi, menentukan jumlah karyawan yang diperlukan, kualifikasi yang diperlukan untuk posisi kunci, proses rekrutmen, jalur karir, dan faktor-faktor terkait lainnya.

Baca Juga: Mengenal Aspek Manajemen Pada Aspek Kelayakan Bisnis

7. Analisis Aspek Keuangan Usaha

Analisis ini mencakup beberapa poin utama, yakni:

a. Kebutuhan Dana

Mencakup tentang gambaran tentang berapa jumlah dana yang dibutuhkan untuk mendukung rencana bisnis. Dana ini bisa digunakan untuk membiayai aktiva tetap dan modal kerja.

b. Sumber Dana

Kemudian analisa dari mana sumber-sumber dana yang akan digunakan untuk mendukung rencana bisnis, apakah hutang (jangka pendek dan panjang) dan modal sendiri (equity)?

c. Aliran Kas/Cash Flow

ketiga, memberi gambaran mengenai bagaimana aliran kas akan berjalan dalam rencana bisnis, terdiri dari aliran kas keluar (COF) dan aliran kas masuk (CIF). Selain itu, dibagi menjadi Initial Cash Flow, Operating Cash Flow, dan Terminal Cash Flow.

d. Menilai Kelayakan Bisnis/Proyek

Ketiga adalah menilai kelayakan dari bisnis, dalam hal ini terdapat lima metode penilaian, yaitu Payback Period (PP), Average Rate of Return (ARR), Profitabilitas Indeks (PI), Internal Rate of Return (IRR), dan Net Present Value (NPV).

Dari kelima metode ini, yang sering digunakan adalah PP, IRR, dan NPV. PP menilai seberapa cepat dana investasi bisa kembali, IRR mencari tingkat bunga yang bisa menyamakan aliran kas keluar dan masuk, dan NPV mencari nilai bersih sekarang. Proyek dianggap layak jika NPV positif.

Cara Membuat Perencanaan Usaha

Perencanaan usaha

Analisa keuangan bisnis (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan ketika akan menyusun perencanaan usaha

1. Menentukan Visi dan Misi Bisnis

Langkah pertama dalam menyusun perencanaan usaha adalah merumuskan visi dan misi perusahaan. Dimana, visi sendiri menggambarkan tujuan jangka panjang yang ingin dicapai, sedangkan misi adalah langkah-langkah atau cara perusahaan mencapai visi tersebut.

2. Melakukan Analisis Pasar

Setelah menentukan visi dan misi, Anda perlu terlebih dahulu melakukan analisis pasar. Riset pasar ini dilakukan untuk memahami bagaimana kondisi, trend dan kebutuhan pelanggan. Dengan Analisis ini Anda bisa mengidentifikasi peluang dan ancaman bisnis, sehingga produk tersebut dapat diterima di pasaran dan bisnis Anda bisa dijalankan lebih optimal, salah satunya dengan melakukan analisa kompetitor.

3. Menentukan Tujuan Usaha

Setelah visi, misi, dan analisa pasar maka selanjutnya adalah menentukan apa tujuan dari bisnis Anda.  Anda bisa menerapkan tujuan bisnis ini dengan strategi SMART Goals yang mencakup spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatas waktu (SMART). Tujuan ini akan menjadi dasar untuk menyusun strategi dan langkah-langkah yang akan diambil untuk mencapai visi perusahaan.

4. Menyusun Strategi Bisnis

Berikutnya adalah menyusun strategi bisnis yang akan digunakan untuk mencapai tujuan usaha. Ini mencakup deskripsi bisnis, strategi pemasaran, penjualan, produksi, serta distribusi. Anda juga harus menentukan bagaimana cara membedakan produk atau layanan Anda dari kompetitor.

Perencanaan usaha yang baik dan terstruktur akan memudahkan perusahaan dalam mengambil keputusan yang efektif dan efisien untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

5. Membuat Rencana Operasional

Rencana operasional mencakup detail tentang bagaimana perusahaan akan beroperasi sehari-hari. Ini termasuk alur produksi, berapa biaya yang akan dikeluarkan, manajemen sumber daya, struktur organisasi, bagaimana produk yang akan dijual belikan, deskripsi hingga proses pelayanan pelanggan.

6. Menyusun Rencana Keuangan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dalam menyusun rencana operasional diperlukan perencanaan keuangan. Rencana keuangan mencakup anggaran, proyeksi pendapatan, arus kas, dan estimasi biaya yang akan dikeluarkan ketika bisnis berjalan. Perencanaan keuangan yang baik akan membantu Anda mengelola sumber daya finansial perusahaan dengan lebih efektif.

7. Menentukan Struktur Organisasi

Kemudian Anda bisa menentukan siapa yang akan bertanggung jawab dalam menjalankan setiap aspek dari rencana tersebut. Struktur organisasi yang jelas membantu memastikan bahwa setiap anggota tim memahami peran dan tanggung jawab masing-masing. Sumber daya manusia yang berkualitas akan menunjang kesuksesan bisnis Anda.

8. Menyusun Rencana Pengembangan

Tentukan langkah-langkah pengembangan bisnis, seperti ekspansi pasar atau peluncuran produk baru. Rencana ini akan memastikan bahwa bisnis Anda terus tumbuh dan beradaptasi dengan perubahan pasar.

9. Melakukan Evaluasi dan Revisi Berkala

Setelah rencana usaha disusun dan diterapkan, lakukan evaluasi secara berkala untuk menilai keberhasilan dan efektivitas rencana tersebut. Jika diperlukan, lakukan revisi atau penyesuaian agar tetap sesuai dengan kondisi pasar dan tujuan perusahaan.

Tips Kelola Bisnis Menguntungkan dengan Beecloud

Mengelola bisnis yang menguntungkan menjadi lebih mudah dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud. Dengan Beecloud, Anda dapat melakukan analisis bisnis berdasarkan data keuangan yang akurat dan tepat waktu. Dapatkan gratis trial dengan klik banner di bawah ini!

Pakai Beecloud Berbisnis Jadi Lebih Mudah Dan Menguntungkan

Ini membantu mencegah kesalahan perhitungan yang bisa merugikan bisnis Anda. Dengan alat ini, Anda dapat memantau aliran kas, memproyeksikan keuangan, dan mengelola sumber daya keuangan dengan lebih efisien.

Analisis yang tepat akan membantu Anda mengambil keputusan yang lebih baik, mengidentifikasi peluang pertumbuhan, dan mengoptimalkan kinerja bisnis Anda. Dengan Beecloud, bisnis Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk menjadi lebih menguntungkan dan berkelanjutan. Sekian informasi tentang komponen perencanaan usaha, semoga bermanfaat.

Artikel Populer

Contoh Pasar Oligopoli Potret Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Ragam contoh pasar oligopoli yang Anda ketahui bisa menambah wawasan dalam memahami jenis market ini. pasar jenis ini merupakan salah
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu