Logo Bee Web

Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya

Matriks SWOT adalah alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, berikut contoh dan strategi penerapannya
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 18 October 2023

Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan bisa menentukan tindakan yang tepat untuk mengembangkan bisnisnya di masa yang akan datang.

Singkatan dari SWOT sendiri adalah Strengths (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman),  ini memberikan pandangan komprehensif tentang faktor-faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi kesuksesan suatu perusahaan atau proyek.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam konsep matriks SWOT,  bagaimana cara menggunakannya untuk mengidentifikasi dan contoh dan manfaatnya dalam bisnis yang dinamis.

Matriks SWOT Adalah ...

Swot Analisis

SWOT: Strength, Weakness, Opportunities, Threats (Credit: Freepik.com)

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf di atas matriks SWOT terdiri dari 4 komponen yang berfokus berfokus pada kekuatan (strengths), mengatasi kelemahan (weaknesses), memanfaatkan peluang (opportunities), dan menghadapi ancaman (threats) yang dihadapi perusahaan.

Pendekatan ini digunakan menjadi salah satu strategi yang berfungsi untuk meevaluasi perusahaan dalam praktek bisnisnya, baik terhadap faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi bisnis, serta mempertimbangkan potensi yang ada baik saat ini maupun di masa depan.

Dengan pendekatan ini, perusahaan dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerja bisnisnya serta memanfaatkan peluang yang ada. Berikut gambaran 4 komponen SWOT dalam memaksimalkan proses analisis bisnis:

  • Strengths (Kekuatan), mencakup aset dan kemampuan internal yang menjadi keunggulan suatu organisasi. Fokus analisisnya adalah mengidentifikasi apa yang membuat organisasi kuat, seperti sumber daya unik, keahlian kunci, dan keunggulan kompetitif.
  • Weaknesses (Kelemahan), mencakup kelemahan internal yang dapat menjadi hambatan dalam mencapai tujuan. Fokus analisisnya adalah mengenali area di mana organisasi kurang efektif atau memiliki kekurangan, seperti kurangnya sumber daya, masalah dalam proses, atau kekurangan kompetensi.
  • Opportunities (Peluang), mencakup faktor-faktor eksternal yang dapat dimanfaatkan oleh organisasi untuk mencapai tujuan atau pertumbuhan. Fokus analisisnya adalah mengidentifikasi tren positif, perubahan di pasar, atau peluang lain yang dapat dimanfaatkan.
  • Threats (Ancaman), mencakup faktor-faktor eksternal yang dapat menghambat atau mengancam keberhasilan organisasi. Fokus analisisnya adalah mengenali risiko, kompetisi yang ketat, perubahan regulasi, atau tantangan lain yang dapat mengganggu operasi atau pertumbuhan organisasi.

Baca Juga: Memahami Analisis SWOT dalam Bisnis dan Contohnya Lengkap

Strategi Matriks Analisis SWOT

Tabel Analisis Matriks Swot

Matriks SWOT memiliki empat strategi utama yang dapat diterapkan, berikut diantaranya:

1. Strategi SO (Strength-Opportunity)

Pertama ada strategi SO, dimana perusahaan memanfaatkan kekuatan internal yang dimilikinya untuk mengambil peluang yang ada di lingkungan eksternal. Ini sering disebut sebagai strategi Maxi-Maxi karena memaksimalkan kekuatan dan peluang yang telah dikenali.

2. Strategi ST (Strength-Threat)

Matriks ini menggunakan kekuatan perusahaan sebagai tameng untuk melindungi diri dari ancaman eksternal yang mungkin datang. Ini disebut sebagai strategi Maxi-Mini karena mengandalkan kekuatan untuk meminimalkan dampak ancaman.

3. Strategi WO (Weakness-Opportunity)

Berikutnya, pada strategi ini dilakukan dengan mengambil peluang eksternal untuk mengatasi atau mengurangi kelemahan internal perusahaan. Ini sering disebut sebagai strategi Mini-Maxi karena berfokus pada meminimalkan kelemahan melalui pemanfaatan peluang.

4. Strategi WT (Weakness-Threat)

Keempat adalah Weakness-Threat, yang mana matriks ini digunakan untuk mengatasi kelemahan internal sekaligus menghindari ancaman eksternal. Ini merupakan strategi Mini-Mini karena mencoba untuk meminimalkan dampak buruk dari kelemahan dan ancaman. Ini adalah pilihan ketika perusahaan berada dalam situasi yang lemah dan menghadapi ancaman.

Matriks SWOT memberikan pandangan strategis yang kuat kepada perusahaan, membantu mereka mengidentifikasi jalur strategis yang paling sesuai dengan situasi mereka dalam lingkungan bisnis yang berubah-ubah.

Contoh Matriks SWOT Analisis Usaha

Untuk lebih memudahkan proses pemahaman dan penggunaan matriks SWOT, berikut gambaran dan contoh kasusnya pada beberapa usaha:

# Contoh Matriks Analisis SWOT Usaha Makanan

Pada contoh matriks SWOT makanan kali ini dicontohkan pada usaha toko roti, dengan gambaran situasi dan analisisnya pada tabel di bawah ini:

Contoh Matriks Swot Makanan

# Contoh Matriks SWOT Perusahaan Elektronik

Sedangkan pada contoh kedua untuk perusahaan elektronik, berikut tabel analisis matriks SWOT dan penjelasannya:

Contoh Matriks Swot PerusahaanDengan menganalisis Matriks SWOT ini, baik toko roti maupun perusahaan elektronik dapat merumuskan strategi yang lebih baik untuk memanfaatkan kekuatan mereka, mengatasi kelemahan, memanfaatkan peluang, dan menghadapi ancaman dalam bisnis roti yang kompetitif.

Baca Juga: 7 Contoh Analisa SWOT di Berbagai Bisnis

Manfaat Menggunakan Analisis SWOT

Berikut adalah lima manfaat utama menggunakan Matriks SWOT dalam bisnis:

1. Membantu dalam Analisa Bisnis Secara Mendalam

Matriks SWOT memungkinkan Anda untuk merenung secara menyeluruh tentang kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang mempengaruhi bisnis Anda. Ini membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang posisi Anda dalam pasar dan lingkungan bisnis.

2. Identifikasi Prioritas

Berikutnya dengan menganalisis Matriks SWOT, Anda dapat mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang perlu diprioritaskan. Anda dapat mengetahui kekuatan apa yang harus ditingkatkan lebih lanjut, kelemahan yang harus diperbaiki, peluang mana yang harus dikejar, dan ancaman apa yang harus diatasi terlebih dahulu.

3. Pengambilan Keputusan yang Terinformasi

Ketiga dapat memberikan dasar yang kuat untuk pengambilan keputusan. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi bisnis Anda, Anda dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi tentang strategi, alokasi sumber daya, dan arah bisnis.

4. Perencanaan Strategis yang Efektif

Selanjutnya membantu dalam merumuskan rencana strategis yang efektif. Anda dapat memanfaatkan kekuatan Anda untuk mengambil peluang, meminimalisir kelemahan Anda, mengatasi ancaman, dan menjalankan strategi yang sesuai dengan situasi bisnis Anda.

5. Pengukuran Kemajuan

Setelah Anda merumuskan strategi berdasarkan analisis SWOT, Anda dapat menggunakan alat ini sebagai referensi untuk mengukur kemajuan bisnis Anda. Anda dapat memantau bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman berubah seiring waktu, dan mengadaptasi strategi Anda sesuai dengan perubahan tersebut.

Secara keseluruhan, Matriks SWOT membantu organisasi untuk menjadi lebih responsif terhadap perubahan lingkungan bisnis, lebih efektif dalam mengambil keputusan, dan lebih terarah dalam merumuskan strategi yang akan membantu mereka mencapai tujuan mereka.

Yuk, lebih optimalkan bisnis 100 juta kali lagi dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud, untuk analisa bisnis berdasarkan laporan keuangan. Selain SWOT bisnis, analisa keuangan dalam bisnis juga diperlukan. Yuk langganan sekarang dan dapatkan gratis trial terbatas, pada banner di bawah ini:

Fitur Analisa Bisnis Komplit Dari Beecloud

Artikel Terkait

Mengenal Istilah Harga Psikologis (Psychological Pricing)
Menentukan harga produk bukan hanya soal menghitung biaya produksi dan keuntungan yang diinginkan. Ada elemen lain yang sering kali lebih
Baca Juga
6 Strategi Pemasaran Produk Berbagai Bisnis
Strategi Pemasaran Produk - Untuk saat ini memang sudah banyak orang yang menjalankan bisnis baik itu online maupun offline. Segala
Baca Juga
Digital Marketing Artinya Apa? Lengkap dengan Manfaat
Digital marketing artinya kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan atau pebisnis untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki dengan beberapa
Baca Juga
Pengertian Product Knowledge, Contoh dan Fungsi Pentingnya
Product Knowledge adalah pemahaman mengenai produk atau layanan yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Agar seorang melakukan penjualan yang baik maka
Baca Juga
Contoh Invoice Tagihan dan Cara Mudah Membuatnya
Contoh invoice tagihan adalah dokumen yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. Karena, dokumen ini memiliki fungsi bisnis yang sangat signifikan.
Baca Juga
7 Tips Memulai Usaha Toko Bangunan untuk Pemula
Peluang usaha toko bangunan terbilang cukup menjanjikan, dimana kebutuhan dalam sektor pembangunan atau perbaikan menjadi kebutuhan banyak kalangan. Bisa untuk
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu