Siapa saat ini yang tidak mengenal TikTok? Media sosial yang kini sedang populer dan digandrungi banyak kalangan. Membangun berbagai trend dari lagu, makanan, jasa sampai produk. Tak jarang pebisnis berbondong-bondong melakukan promosi di TikTok Hal ini menjadi peluang yang cukup bagus bagi pebisnis dalam melakukan promosi untuk meningkatkan penjualan. Yuk, cara fyp di TikTok untuk mensukseskan promosi.
Tiktok sendiri adalah media sosial berbasis video singkat dengan fitur perekam sampai pengeditan, fitur inilah yang membedakan TikTok dengan media sosial lainnya.
Dengan keberagaman fitur dan kemudahan dalam penggunaan TikTok semakin berkembang dan memiliki banyak penggemar.
Simak tips sukses cara promosi bisnis di tiktok berikut ini:
Tips awal agar sukses melakukan promosi bisnis dengan menggunakan platform TikTok adalah dengan menggunakan akun bisnis. Dimana dengan menggunakan akun bisnis Anda bisa menambahkan tautan website toko atau platform e-commerce pada bio.
Penambahan link ini akan lebih memudahkan calon konsumen dalam melakukan promosi. Selain itu, dengan menggunakan akun bisnis Anda akan mendapatkan beberapa fitur keuntungan lainnya.
Setelah memiliki akun tiktok, langkah selanjutnya cara fyp di Tiktok adalah dengan melakukan riset bagaimana style kesukaan pengguna badan bagaimana cara melakukan optimasinya. Setiap media sosial memiliki gaya masing-masing termasuk TikTok.
Pengguna TikTok sendiri kebanyakan dipengaruhi oleh generasi milenial dan gen Z, yang mana konten yang kreatif, semangat dan jenaka lebih digemari. Sehingga dalam membuat konten nantinya usahakan menggunakan jenis konten yang menarik dan fresh agar lebih mudah digemari.
Coba lihat dari sudut pandang pengguna dan penikmat konten, Anda lebih memilih mana konten yang berkualitas atau konten yang hanya sekedar dengan kualitas gambar asal-asalan isi konten yang tidak jelas.
Jelas Anda lebih memilih konten yang berkualitas untuk di tonton, untuk itu Anda perlu upgrade skill dan kualitas kamera dalam proses pembuatan konten. Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan konten yang menarik, menghibur lebih lagi konsep konten yang sedang viral kala itu.
Dengan membuat konsep kontan yang sedang viral atau trending di TikTok akan lebih memudahkan Anda berbaur secara alami dengan audience, promosi pun bisa dilakukan dengan lebih mudah.
Berikut ini ada rekomendasi ide konten promosi yang cukup diminati di TikTok
rekomendasi ide konten promosi pertama adalah konten komedi hiburan yang bersifat ringan, meskipun Anda berniat untuk melakukan promosi coba balut dengan unsur komedi yang menghibur.
Usahakan juga buat konten semenyenangkan mungkin. Dengan demikian konsep promo Anda akan lebih mudah diterima oleh audience TikTok.
Selain konten hiburan, audience Tiktok juga menyukai video tutorial, baik tutorial make-up, memasak sampai melukis. Jenis konten ini bisa Anda manfaatkan untuk menunjukkan bagaimana produk Anda digunakan.
Contohnya Anda merupakan pebisnis yang menjual produk make-up Anda bisa membuat video promosi dengan konsep tutorial make-up yang juga bisa berguna untuk membangun brand awareness dan kepercayaan calon customer.
Dimana dalam video tersebut Anda memberikan gambaran bagaimana produk make-up Anda ketika diaplikasikan, jika memang bagus maka peluang penonton untuk menjadi pembeli juga akan semakin tinggi.
Berikutnya adalah membuat konten edukasi, audience TikTok cukup tertarik dengan konten edukasi, hal ini dibuktikan dengan banyaknya dokter sekaligus konten kreator yang sukses terkenal di platform tersebut dengan edukasi kesehatan yang mereka berikan dan masih banyak lagi lainnya.
Tidak selamanya konten edukasi membosankan, Anda hanya perlu berkreasi bagaimana caranya membuat konten edukasi semenarik mungkin agar banyak diminati.
Selanjutnya adalah konten behind the scene, kenapa jenis konten ini cukup diminati? sebab, para konsumen zaman sekarang memiliki kepedulian tinggi kepada produk yang akan mereka beli.
Mulai dari apa yang akan mereka kenakan atau akan mereka makan nantinya. Dengan memberikan konten behind the scene ini konsumen akan lebih percaya dengan produk yang Anda jual.
Karena sebelumnya mereka telah mengetahui bagaimana proses di balik layar pembuatan produk. Bahkan tidak jarang audience TikTok memberikan kritik pedas pada pedagang yang didalam kontennya tidak menggunakan standar yang sesuai.
Oleh sebab itu, yang perlu Anda lakukan adalah membuat konten behind the scene semenarik mungkin dan sebersih mungkin. Usahakan kebersihan tidak hanya untuk konten saja tapi untuk keseharian juga.
Baca Juga: Cara Membuat Content Marketing Menarik dan Unik
Tips sukses promosi di TikTok adalah dengan memanfaatkan filter, sound hingga effect yang sedang viral dan banyak digunakan. Kenapa harus menggunakan sound dan filter yang sedang viral?
Ini yang menjadi keunikan dari TikTok, akun yang hanya memiliki follower yang sedikit saja berpotensi mendapatkan view yang tinggi hanya dengan memanfaatkan fitur tersebut.
Sebab, biasanya TikTok akan merekomendasikan jenis konten yang menggunakan filter, sound dan effect yang sedang viral untuk masuk di halaman audience.
Dengan tingginya view, maka dapat mendatangkan followers baru, menaikkan engagement dan tentunya meningkatkan penjualan.
Dalam meningkatkan engagement media sosial mana saja hastag bisa menjadi solusinya. Namun, setiap platform memiliki aturan dan konsep yang berbeda.
Untuk TikTok penggunaan hashtag challenge yang sedang trend pada postingan memudahkan konten muncul di beranda para pengguna atau biasa disebut dengan FYP atau for your page. Namun, untuk Anda yang sedang promosi alangkah sebaiknya mencantumkan hashtag challenge sendiri dan menciptakan trend.
Contoh penggunaan hashtag challenge pada brand ternama di Indonesia adalah traveloka dengan memanfaatkan tagline singkatnya sebagai hashtag #JamTerbangTraveloka
Berikutnya adalah menggunakan dan memanfaatkan fitur stitch, apa itu stitch? Stitch adalah fitur yang ada dalam platform Tiktok yang digunakan untuk menanggapi informasi yang diberikan oleh konten kreator lain dengan cara menyambung adegan dari video konten ang pertama.
Anda bisa membangun brand awareness dari penggunaan fitur ini dengan memberikan tanggapan dan pendapat Anda, atau melakukan penjualan secara langsung sebagai dengan dalih memberikan solusi kepada mereka.
Cara promosi di Tiktok berikutnya adalah senantiasa update dengan perkembangan fitur yang ada di TikTok begitu juga dengan trend yang sedang terjadi, biasanya fitur dan trend ini saling berkaitan.
Dengan Anda menggunakan fitur terbaru dan selalu update informasi customer akan merasa lebih dekat dengan Anda, tujuan dari promosi pun akan lebih mudah tercapai.
Tips selanjutnya adalah memanfaatkan fitur ads yang disediakan di TikTok, pada tahapan ini Anda perlu mengeluarkan beberapa budget untuk pemasaran, meskipun demikian promosi di TikTok bisa dianggap menguntungkan dengan pengguna dan audience begitu besar.
Baca Juga: Instagram Ads: Cara Efektif Beriklan di Platform Populer 2023
Meskipun Anda sudah menggunakan fitur ads, pastikan tetap fokus pada seberapa menarik konten Anda, karena meskipun budget yang sudah dikeluarkan tinggi namun konten tidak menarik hasilnya akan sama saja.
Selain memperhatikan konten, ketika melakukan promosi pastikan anggaran keuangan yang dikeluarkan sudah benar, dan tidak asal-asalan. Anda bisa memanfaatkan software akuntansi online Beecloud dalam melakukan manajemen keuangan bisnis.
Hanya perlu klik-klik dan memasukkan transaksi jual dan beli laporan keuangan akuntansi langsung jadi, analisa anggaran keuangan pun jauh lebih mudah dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.