Ada banyak sekali contoh promosi yang bisa dilakukan pebisnis agar produknya bisa laku dipasaran. Selain laku, dengan menggunakan system promo produk akan semakin dikenali banyak orang karena menimbulkan efek awareness,
Artinya, banyak kalangan yang sadar jika produk tersebut ada disekitar mereka. Hingga suatu ketika mereka membutuhkannya bisa menggunakan produk tersebut.
Dengan demikian efek dari promosi pada bisnis terbilang cukup menguntungkan, asalkan dilakukan dengan benar. Berikut contoh promosi lengkap dengan tips penerapannya di bawah ini:
Contoh promosi pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan bonus atau hadiah pada pengguna atau pelanggan pertama yang membeli produk Anda. Hadian ini bisa berupa diskon atau fasilitas khusus yang ditawarkan untuk pengguna pertama.
Untuk fasilitas khusus biasanya ditawarkan oleh perusahaan jasa, sedangkan untuk diskon biasanya diterapkan untuk perusahaan yang menawarkan barang sebagai produk yang dijual. Namun, tidak menutup kemungkinan keduanya bisa digunakan untuk dua jenis produk perusahaan ini.
Dengan memberikan diskon atau tawaran khusus, konsumen akan mudah tertarik untuk segera membeli produk Anda. Bahkan tidak menutup kemungkinan ia akan melakukan repeat order jika memang produk yang dibeli memuaskan bagi dirinya.
Baca juga: Pentingnya Tujuan Promosi dan Bentuk-bentuk Promosi
Berikutnya ada gratis ongkir atau gratis ongkos kirim. Jenis promosi ini biasa diterapkan oleh pemilik took online atau bisnis yang memang melayani jasa pengiriman.
Promosi jenis ini menjadi salah satu promosi yang paling ditunggu-tunggu oleh konsumen, sebab mereka bisa menghemat budget untuk ekspedisi.
Cara penerapannya, Anda bisa menawarkan gratis ongkos kirim ini kepada pelanggan yang telah mencapai pembelian dengan jumlah tertentu.
Jika memang konsumen menginginkan untuk mendapatkan gratis ongkir, tidak jarang mereka akan menambah pesanan untuk bisa mencapai transaksi minimum. Dengan demikian, jumlah transaksi penjualan Anda bisa meningkat dengan mudah.
Contoh promosi selanjutnya yang bisa diterapkan adalah memberi diskon ketika hari raya atau hari-hari besar lainnya. Seperti hari kemerdekaan, hari raya idul fitri, hari raya natal dan hari-hari besar lainnya.
Dimana di hari-hari tersebut biasanya konsumen akan lebih sering melakukan belanja dibandingkan dengan hari berikutnya. Dengan Anda memberikan diskon kepada konsumen, maka kemungkinan konsumen akan lebih memilih untuk membeli produk Anda dibandingkan dengan competitor.
Pengaturan diskon harus diperhitungkan juga, agar nantinya tidak menimbulkan efek kerugian bagi bisnis. Dan biasanya yang menjadi masalah ada pengaturan diskon produk yang ribet apalagi memiliki banyak cabang.
Untuk mengatasi masalah itu, Anda bisa menggunakan software kasir minimarket yang bisa langsung mengontrol promo secara terpusat. Bisa promo limit waktu jam sampai hari, min/max Qty, syarat belanja, khusus member dan masih banyak lagi.
Jangan sampai kalah dengan toko sebelah, segera daftarkan diri dan dapatkan gratis trial khusus pengguna pertama dengan dampingan dari tim profesional Bee. Selengkapnya bisa langsung klik banner di bawah ini:
Selanjutnya ada promo cuci gudang, dimana biasanya bisnis sedang menghabiskan kelebihan persediaan barang di gudang mereka dengan memberikan diskon besar-besaran.
Selain itu, promosi cuci gudang ini juga bisa menggaet konsumen baru untuk dating, sehingga di masa depan tidak menutup kemungkinan jika konsumen baru ini kembali lagi meskipun tidak sedang melakukan promosi.
Berikutnya ada contoh promosi cashback, artinya jika konsumen melakukan transaksi pembelian akan mendapatkan uang kembali sesuai dengan nominal yang ditetapkan. Cashback ini bisa berupa uang atau poin yang bisa dibelanjakan kembali.
Dengan demikian konsumen akan mendapatkan keuntungan kembali ketika membeli produk yang ditawarkan dan penjual akan mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan transaksi penjualan yang terus meningkat.
Contoh berikutnya ada promo flash sale. Seperti namanya cara penerapan promosi ini dilakukan dengan cepat dan hanya berlangsung dalam hitungan menit saja.
Gambaran sederhananya, toko baku menawarkan produk dengan diskon sebesar 50 persen dalam event flash sale yang hanya dilakukan dalam hitungan menit.
Sistem pembatasan waktu yang singkat ini bisa meningkatkan rasa urgensi konsumen untuk segera membeli produk karena adrenalin mereka terpacu dengan tawaran besar dengan waktu yang terbatas itu sendiri. Mereka juga akan merasa takut tidak mendapatkan kesempatan jika mereka tidak segera membeli.
Cara ini biasanya diterapkan di marketplace,media social bahkan website yang terbukti ampuh dan sukses meningkatkan penjualan produk.
Untuk perusahaan/bisnis yang akan meluncurkan produk baru cara ini bisa menjadi contoh promosi yang ampuh untuk membangun awareness konsumen terhadap produk baru yang akan diluncurkan.
Cara penerapannya Anda bisa memberikan iming-iming hadiah bagi pelanggan pertama yang membeli produk,sehingga konsumen akan merasa untung dan segera membeli produk baru tersebut.
Metode ini terbilang ampuh digunakan untuk promosi produk baru, selain meningkatkan total penjualan juga bisa menjadikan ajang pengenalan bagi konsumen.Meskipun sekedar “Oh ternyata produk ini ada loh”.
Selanjutnya teknik beli satu gratis satu atau buy one get one, yang disingkat dengan BOGO, yang sudah terbukti ampuh dan sering digunakan oleh perusahaan besar.
Efeknya hampir sama dengan promosi flash sale, contoh promosi ini juga memberikan perasaan urgensi dan ketakutan pelanggan akan melewatkan kesempatan emas ini. Sehingga pelanggan akan cepat memutuskan untuk membeli produk sebelum promo benar-benar berakhir.
Cara ini juga terbilang efektif untuk mengosongkan gudang atau sedang ingin mengenalkan produk baru. Sebab, produk yang diberikan tidak harus berupa produk yang sama akan tetapi produk yang berbeda.
Nah, dengan kesempatan ini Anda pebisnis bisa memberikan produk baru sebagai testimoni.Dan jika produk tersebut ternyata cocok, maka konsumen akan membelinya kembali.
Anda pernah mendengar atau pernah melakukannya sendiri, menyebarkan kode tertentu agar seorang menggunakan dan membeli produk yang sama seperti milik Anda, dengan harapan akan mendapatkan imbalan sesuai dengan syarat dan ketentuan.
Cara promosi ini juga terbilang cukup efektif, dimana promosi ini dilakukan dengan cara dari konsumen ke konsumen melalui kode referral tersebut.
Pengebaran kode referral ini akan menjadikan produk Anda semakin dikenal kalangan luas, karena setiap pelanggan berpotensi melakukan promosi dengan menyebarkan kode tersebut.
Hal pertama dan wajib dilakukan oleh pebisnis ketika akan melakukan promosi adalah mengenali dulu siapa audience bisnis nantinya. Sama seperti target market, pebisnis perlu melakukan analisis terlebih dahulu.Agar nantinya promosi yang dilakukan menghasilkan keuntungan seperti yang diinginkan.
Tips selanjutnya yang bisa dilakukan agar promosi sukses dilakukan adalah, bijak dalam memilih teknik promosi. Anda bisa menggunakan beberapa rekomendasi contoh promosi diatas sebagai referensi.
Baca juga: Strategi Promosi Kreatif dan Kekinian
Jika sudah memutuskan akan menggunakan metode apa, berikutnya adalah cioba gunakan copywriting yang menarik, agar konsumen mudah tergiur dengan promosi yang ditawarkan.
Contoh sederhana copywriting yang sering digunakan dalam penawaran promosi adalah “Segera Dapatkan diskon 90% untuk Anda 100 pembeli pertama” dan sejenisnya.
Jangan ketinggalan zaman, Anda bisa melakukan promosi dengan menggunakan media social. Dimana media sosial ini nantinya akan memuat media promosi juga copywriting menarik yang nantinya akan dilirik oleh calon konsumen.
Dengan jangkauan media sosial yang luas akan membuka peluang produk yang ditawarkan semakin dikenal oleh masyarakat luas pula.
Untuk mengisi konten media social, Anda bisa menyisipkan kumpulan review dari pembeli/pelanggan yang telah membeli produk sebelumnya.
Biasanya konsumen akan lebih percaya dengan pernyataan dari konsumen lainnya karena pernyataan mereka terbilang jujur dan tidak ada unsur promosi yang disengaja atau direncanakan dengan pebisnis.
Sekian informasi tentang contoh promosi dan tips penerapannya agar mudah gaet banyak konsumen. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel bisnis berikutnya.