Mempromosikan bisnis ada banyak caranya, salah satu yang masih banyak digunakan saat ini adalah iklan baliho. Terutama untuk bisnis, yang ingin lebih cepat mencapai target penjualan dan terkenal di berbagai kalangan masyarakat.
Menggunakan baliho, memang membutuhkan persiapan maksimal terutama soal dana. Tapi kalau dibuat dengan cara menarik akan worth it dengan biaya yang dikeluarkan.
Baliho adalah sehelai kain atau plastik dengan ukuran besar sekitar 3 x 4 meter, format vertikal, umumnya terbuat dari bahan Vinyl PVC atau sticker. Pemasangannya bisa dibentangkan saja atau menempel pada plat besi. Baliho dipasang di luar ruangan dan di tempat-tempat yang ramai. Di dalam baliho terdapat informasi berupa gambar dan tulisan. Apa yang disampaikan dalam baliho adalah pesan yang tersirat, iklan, promosi atau pemberitahuan yang sifatnya untuk diketahui khalayak umum.
Saat ini memang ada kecenderungan, untuk menggunakan sistem promosi online untuk pengembangan bisnis. Tapi ternyata baliho tetap memiliki manfaat tersendiri, jika memang mau memiliki bisnis untuk jangka panjang.
Apa sih sebenarnya manfaat media iklan yang satu ini?
Ketika orang pintar mengemas sebuah baliho dengan informasi lengkap, eye catching, dan lokasi penempatan yang pas maka perhatian orang akan mudah tertuju pada baliho tersebut.
Otomatis, akan menarik perhatian untuk melihat dan membaca informasi yang ada disana.
Jika di posisi orang yang melihat sebuah baliho, tentu akan tertarik untuk melihat sebuah baliho dengan tampilan unik dan menarik. Kalau informasinya sesuai dengan apa yang dibutuhkan, tentu Anda akan menindaklanjuti informasi tersebut.
Contoh, melihat baliho unik tentang promo spare part motor. Kebetulan memang sedang butuh spare part tersebut, otomatis akan penasaran dan mencoba mencari tahu dimana lokasi penjualan promo tersebut.
Disebut efektif karena cukup sekali saja memasang baliho dengan ukuran besar, lalu dipajang dalam waktu lama akan semakin banyak orang melihat dan paham dengan promosi yang dibuat. Tidak perlu biaya mahal untuk iklan berulang kali bukan?
Efisien karena hanya perlu meletakkan iklan baliho di lokasi yang tepat, kemudian tinggal menunggu feedback dari target pasar. Tidak perlu promosi door to door yang membutuhkan energi dan waktu lebih maksimal.
Ketika memilih jenis baliho dengan kualitas terbaik, maka ketahanannya akan lebih maksimal. Alhasil, sekali menempatkan baliho tidak perlu membuat baliho baru secara berkala.
Baliho juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan popularitas sebuah bisnis, terutama ketika memilih lokasi pemasangan yang tepat. Salah satunya di persimpangan jalan atau di sisi jalan utama yang selalu dilewati banyak orang.
Setiap melewati lokasi baliho, orang akan familiar dengan baliho dan informasi yang ada pada baliho tersebut. Lama kelamaan, semakin banyak yang kenal dengan bisnis tanpa harus melakukan iklan melalui media konvensional lainnya.
Membuat baliho dengan bentuk unik dan tampilan menarik, informasinya lengkap tentang promosi sebuah bisnis atau usaha adalah hal mutlak. Ketika itu dilakukan, maka pesan yang mau disampaikan kepada target pasar bisa tersampaikan dengan baik.
Manfaat satu ini sifatnya memang tidak insidental, melainkan butuh waktu dan proses. Namun, secara bertahap memang akan sangat membantu meningkatkan penjualan produk bisnis.
Baca Juga: Strategi Promosi Kreatif dan Kekinian Untuk Meningkatkan Omset
Berdasarkan penelitian, didapatkan bahwa seseorang hanya memiliki waktu sekitar 10 detik untuk melihat sebuah baliho. Maka untuk membuat iklan baliho memberikan kesan yang diinginkan terhadap siapapun yang membaca, perlu trik tepat dalam pembuatannya.
Mengingat waktu terbatas bagi orang yang lalu lalang untuk membaca baliho, maka disarankan untuk menggunakan kata promosi maksimal hanya tujuh.
Hal itu merupakan kalkulasi ketika seseorang membaca baliho saat berkendara atau menjadi penumpang sebuah kendaraan, dimana letaknya ada di sisi jembatan penyeberangan atau salah satu sisi jalan.
Tampilan baliho harus menarik, perpaduan warna, gambar yang dipakai, hingga font tulisan menjadi kuncinya.
Gambar menarik yang sekaligus memiliki makna promosi tersendiri, sangat dianjurkan untuk masuk dalam bagian sebuah baliho.
Jika ingin menyisipkan nomor kontak, usahakan untuk menggunakan ukuran tulisan cenderung kecil saja. Supaya fokus orang tetap pada inti informasi promosi pada baliho tersebut.
Pastikan juga untuk memilih lokasi yang tempat untuk memasangnya. Seperti di perempatan jalan, di sisi jembatan penyeberangan atau di sekitar area halte bus.
Apakah Anda pernah melihat baliho yang sering ditemukan di jalan raya? Kalau iya, itu merupakan salah satu strategi promosi. Ada juga spanduk dan brosur yang disebarkan di jalanan yang bisa membuat seseorang tergelitik atau takjub sehingga tertarik untuk membeli atau mampir ke toko Anda.
Hal terpenting dalam promosi menggunakan spanduk/baliho/brosur adalah desain yang menarik, gambar yang jelas dan copywriting yang singkat, padat, dan jelas
Strategi promosi dilakukan dengan tujuan meningkatkan permintaan, menjangkau konsumen baru, menstimulus pembelian kembali dengan kuantitas lebih banyak dan menciptakan goodwill, memberi pengaruh terhadap keputusan pembelian produk/jasa, menjaga loyalitas konsumen dan strategi bersaing dengan kompetitor.
Untuk mempermudah dalam menyusun promosi, gunakan Software Kasir Online. Jangan mau kalah dengan toko sebelah jaringan nasional yang punya banyak Promo. Promo seperti limit waktu hari/jam tertentu, syarat pembelanjaan, min/max Qty, khusus member, dll. Dengan Software Kasir Online Beepos sekarang anda bisa!
Setting promosi semua cabang terpusat! Coba gratis klik di sini atau klik gambar di bawah ini.