Logo Bee Web

Cara Memasarkan Produk Online Shop Dengan Tepat

Cara memasarkan produk online shop adalah strategi yang bisa dibangun oleh para pebisnis ketika memikirkan kampanye pemasaran.
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 12 August 2022

Baik Anda pebisnis online baru atau sudah lama, mempelajari cara memasarkan suatu produk akan sangat berguna. Tanpa strategi pemasaran yang tepat, Anda kemungkinan akan kesulitan mengenai cara memasarkan produk online dengan tepat.

Ada banyak cara terbaik yang bisa dilakukan dalam memasarkan produk Anda secara online. Beberapa  strategi yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan suatu produk di bawah ini sudah terbukti berhasil dilakukan oleh pebisnis online lainnya. Apa saja trik yang bisa dilakukan?

Cara Memasarkan Produk Online Shop Dengan Tepat

Cara Memasarkan Produk Online Shop Dengan Tepat

Ilustrasi Online Marketing (Sumber: Pexels.com)

  • Identifikasi Target Pasar

Sebelum memasarkan suatu produk, penting untuk mengidentifikasi target pasar Anda. Siapa yang akan membeli produk Anda? Apa cara terbaik untuk menjangkau customer ini? 

Nah, di sinilah Anda mungkin perlu membuat profil customer untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang siapa target pasar Anda.

  • Profil target pasar atau customer meliputi:
  • Demografi (usia, pendapatan, lokasi, jabatan, hobi, dll.)
  • Psikografis (perilaku, tipe kepribadian, preferensi gaya hidup, dll.)
  • Pain point yang dipecahkan oleh konsumen atau produk di industri Anda
  • Tempat customer sering membeli

Dengan semua informasi ini, Anda akan lebih mudah merancang kampanye pemasaran yang menarik bagi customer Anda. Pastikan untuk merencanakan bagaimana Anda akan membedakan produk dari pesaing dengan cara yang sesuai dengan customer.

Baca Juga: Cara Menghitung Untung Jualan Dengan Tepat dan Cepat

  • Dapatkan Respons Emosional Dari Customer

Dalam hal mendorong customer untuk membeli produk yang Anda jual, maka perlu temukan pemicu emosional yang mendorong mereka untuk bertindak. Anda dapat melakukan ini dengan menganalisis komentar yang mereka tinggalkan di media sosial, di forum, di situs web pesaing, dll.).

 Meninjau kembali profil customer juga dapat membantu Anda mengidentifikasi hal apa yang membangkitkan perasaan customer terhadap produk yang sama dengan niche Anda.

Misalnya, jika customer Anda tidak puas dengan biaya pengiriman yang terkait dengan produk tertentu dan Anda mampu mengirimkan barang itu dengan biaya lebih rendah, sebutkan itu di halaman produk.

Anda juga dapat memperoleh respons emosional dengan menggunakan taktik urgensi dan kelangkaan di situs web Anda, seperti menampilkan penghitung waktu mundur, menampilkan produk dalam jumlah terbatas, dan mengadakan obral atau diskon terbatas.

Menerapkan taktik ini akan mendorong customer Anda untuk membuat keputusan pembelian yang lebih cepat.

  • Coba Pre-Order

Metode Pre Order Marketing

Ilustrasi Keranjang Order (Sumber: Freepik.com)

Pernah bertanya-tanya bagaimana cara memasarkan produk online biar cepat laku sebelum diluncurkan? Pre-order adalah jawabannya.

Strategi pemasaran produk ini memungkinkan Anda untuk menjual barang yang tidak segera tersedia untuk pengiriman namun berpotensi menarik pembelian. 

Produk mungkin sudah diproduksi tetapi belum dikemas oleh vendor untuk dijual atau mungkin di gudang  penyimpanan dan Anda berencana untuk meluncurkannya pada waktu atau tanggal tertentu.

Mengambil strategi preorder adalah cara yang efektif untuk membangun buzz marketing untuk produk Anda, mengukur permintaan, dan mendapatkan arus masuk uang tunai untuk berinvestasi dalam pemasaran tambahan.

Namun, jika ingin melakukan strategi ini dengan benar, Anda memerlukan beberapa langkah tentang seputar produk agar banyak diminati :

  • Bagikan kisah di nalik produk. Sangat menarik bagi customer untuk mengetahui seperti apa perjalanan suatu produk diluncurkan dari ide hingga produksi.
  • Tambahkan nilai dengan memberikan hadiah. Misalnya, Anda dapat menawarkan hadiah khusus kepada 50 orang pertama yang memesan di awal, sedangkan 200 orang berikutnya dapat ditawari diskon tambahan untuk pembelian di masa mendatang.
  • Bangun buzz melalui pemasaran influencer. Influencer dapat membantu menghasilkan buzz untuk kampanye pre-order Anda dengan memberikan review singkat produk. 

Anda dapat mengirimkan sampel kepada influencer-influencer jika produk telah dibuat atau berkolaborasi dengan mereka untuk membuat postingan merek bersama terkait peluncuran yang akan datang

  •  Buat Katalog Digital

Katalog adalah alat yang sangat baik untuk menjual kepada customer yang suka membeli dalam jumlah banyak. Katalog memungkinkan Anda menuliskan detail produk Anda dan berbagi informasi yang dibutuhkan orang ketika pertama kali membeli produk yang sebelumnya belum pernah dikenal.

Lalu bagaimana cara membuat katalog produk? Anda bisa memanfaatkan WhatsApp Business untuk mengatur katalog produk Anda. Selain itu, jika Anda memasarkannya ke Instagram, buatlah desain berbentuk katalog dengan memanfaatkan software desain professional atau bisa juga Canva.

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee Cepat Dapat Pesanan untuk Pemula

Kesimpulan

Ada banyak cara memasarkan produk online yang bisa Anda coba untuk membangkitkan pembelian dari para target pasar Anda. Semakin rajin Anda melakukan pemasaran, maka akan semakin besar peluang produk Anda diminati. 

Toko online anda punya ratusan hingga ribuan transaksi per hari? Ribet kalau harus rekap orderan olshop manual satu per satu ke pembukuan? Memperkenalkan Beecloud + Plugin E-commerce. Rekap ribuan transaksi dari Tokopedia dan Shopee cukup 7 menit, 1x klik. Plugin E-commerce, import transaksi penjualan dan pelunasan dari marketplace ke software akuntansi Beecloud sekali klik. Bukan cuma transaksi, anda juga bisa import pelunasan/pencairan dana dari marketplace ke Beecloud. Gak repot lagi rekap uang masuk satu per satu.

Coba gratis Beecloud sekarang! Info lebih lanjut klik banner di bawah ini.Beecloud Ecommerce untuk Toko Online_web

Artikel Terkait

Contoh Segmentasi Psikografis, Karakteristik dan Cara Penerapannya
Konsep segmentasi psikografis dalam bisnis digunakan sebagai alat yang sangat berharga bagi para pemasar dan pemangku kepentingan bisnis. Segmentasi prikografis
Baca Juga
Apa Itu Pomodoro Timer dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Pomodoro timer merupakan sebutan lain bagi teknik pomodoro, yaitu sebuah sistem manajemen waktu yang dapat mendorong seseorang untuk bekerja secara
Baca Juga
15 Contoh Invoice Pembayaran, Jenis dan Cara Buatnya
Invoice pembayaran, atau faktur merupakan dokumen penting yang berfungsi sebagai bukti transaksi antara pembeli dan penjual. Di dalamnya tercantum informasi
Baca Juga
Aplikasi Toko Bangunan Online Mudah Buat Laporan Keuangan
Transaksi yang semakin cepat juga membuka peluang bagi munculnya penggunaan aplikasi toko bangunan online untuk mengelola sistem transaksi lebih cepat.
Baca Juga
10+ Contoh Iklan Produk dan Tips Membuatnya
Iklan produk menjadi salah satu aspek penting dalam pemasaran yang tidak dapat diabaikan. Ada banyak sekali contoh iklan produk yang
Baca Juga
7 Tips Terapkan Promosi Buy One Get One Agar Tidak Rugi!
Selain memberi diskon untuk menarik lebih banyak target pasar, Anda juga dapat menerapkan buy one get one (beli satu gratis
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu