Hallo Pebisnis
Pada panduan kali ini akan dijelaskan cara input terima barang yang sebelumnya sudah pesan ke supplier.
Misalkan tanggal 13 juli pesan barang ke Supplier, kemudian pada tanggal 15 juli barangnya sudah Anda terima beserta tagihannya.
Berikut ini langkah-langkah cara inputnya:
Masuk menu Pembelian - Order Pembelian, kemudian klik Tambah Baru.
Input order pembelian sesuai kebutuhan. Contoh seperti pada foto berikut:
Jika sudah diinput sesuai kebutuhan, maka klik Simpan.
Baca Juga:
Ketika barang diterima, silahkan input Pembelian. Masuk menu Pembelian - Pembelian, kemudian klik Tambah Baru.
Pastikan Supplier dan Cabang sesuai dengan inputan order Pembelian pada langkah pertama.
Jadi jika order nya ke Supplier A dan Cabang Z, maka silahkan pilih Supplier A dan Cabang Z terlebih dahulu. Jika sudah, klik Import Data.
Kemudian klik Import Order Pembelian.
Kemudian filter atau cari nomor order pembelian yang barang nya sudah Anda terima.
Klik centang pada sisi kanan untuk memilih nomor order pembelian tersebut.
Maka item yang ada di order pembelian, otomatis muncul.
Pada tahap ini, silahkan edit qty item, harga item atau hapus item yang memang belum diterima.
- contohnya, pesan 100 PCS namun yang diterima masih 50 PCS, maka silahkan edit qty nya.
- atau, jika order 2 barang, yang diterima hanya 1 barang, maka hapus barang yang belum diterima dengan cara klik keranjang sampah di sebelah kanan itemnya.
Dalam contoh kali ini, order nya 100 PCS dengan perkiraan harga 4.000 per PCS, yang diterima hanya 50 PCS dan dengan harga 5.000 per PCS. Maka silahkan edit qty dan harga seperti pada gambar berikut:
Jika sudah sesuai, maka klik Simpan.
Pada laporan kartu stock, stock otomatis bertambah 50 PCS.
CATATAN
Jika setelah input order pembelian, kemudian hanya terima barang saja (tidak ada invoicenya), maka alur inputnya:
Order Pembelian > Penerimaan Pembelian > Pembelian