Halo Pebisnis,
Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Cara Melakukan Pembayaran Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Beecloud. Fitur ini memudahkan Anda untuk pencatatan pajak pertambahan nilai apabila sudah dibayarkan.
Berikut ini langkah-langkah cara melakukan pembayaran pajak pertambahan nilai (PPN) Beecloud :
A. Cek Total Nilai PPN Masukan dan PPN Keluaran
1. Akses menu |Akuntansi| > |Laporan Akuntansi| > Pilih "Laporan Pajak PPN Keluaran" untuk pajak yang terjadi pada saat transaksi penjualan > Pilih "Laporan Pajak PPN Masukkan" untuk pajak yang terjadi pada saat transaksi pembelian.
B. Cara Melakukan Pembayaran PPN Keluaran
1. Akses menu |Kas/Bank| > |Pembayaran| > Klik |+Tambah Baru|
2. Lalu klik |Pilih Akun| > Cari akun "Hutang Pajak Penjualan" > Klik |Refresh| > Lalu pilih tanda centang dikolom "Aksi"
3. Lalu masukkan jumlah nilai pajak yang akan dibayar > Kemudian klik |+Tambah|
4. Kemudian pilih tab Cara Bayar > Lalu pilih |Cara Bayar| > Pilih cara bayar sesuai dengan yang digunakan dan kas/bank yang digunakan > Klik |+Tambah|.
5. Apabila sudah maka bisa klik |Simpan| untuk menyimpan pembayaran tersebut.
C. Cara Melakukan Pembayaran PPN Masukan
1. Akses menu |Kas/Bank| > |Penerimaan Pembayaran| > Klik |Tambah Baru|.
2. Lalu klik |Pilih Akun| > Cari akun "Piutang Pajak Pembelian" > Klik |Refresh| > Lalu pilih tanda centang dikolom "Aksi"
3. Lalu masukkan jumlah nilai pajak yang akan dibayar > Kemudian klik |+Tambah|
4. Kemudian pilih tab Cara Bayar > Lalu pilih |Cara Bayar| > Pilih cara bayar sesuai dengan yang digunakan dan kas/bank yang digunakan > Klik |+Tambah|.
5. Apabila sudah maka bisa klik |Simpan| untuk menyimpan pembayaran tersebut.
D. Cek Laporan Neraca Saldo
1. Cek laporan neraca saldo untuk akun "Piutang Pajak Pembelian" dan "Hutang Pajak Penjualan" akan menjadi nol (0).