🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

6 Strategi Pemasaran Produk Berbagai Bisnis

Tak perlu bingung untuk Anda yang mengalami penurunan pada bisnis Anda. Silahkan simak strategi pemasaran produk berikut untuk meningkatkan bisnis Anda.
Penulis: Farhan Anggara
Dipublish Tgl: Friday, 27 November 2020

Strategi Pemasaran Produk - Untuk saat ini memang sudah banyak orang yang menjalankan bisnis baik itu online maupun offline. Segala bisnis pasti membutuhkan cara tersendiri untuk bisa melariskan produknya hingga mendapatkan hasil penjualan yang fantastis. Untuk mewujudkan hal tersebut pastinya membutuhkan strategi pemasaran produk yang tepat dan benar.

Dalam menentukan strategi pemasaran, tentu banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar berjalan dengan baik. Contohnya adalah melakukan riset pasar, memanfaatkan berbagai media, memberikan testimoni, dan lain sebagainya.

Memahami Strategi Pemasaran Produk

strategi pemasaran produk

Bagaimana agar produk terjual laris? (Sumber: Freepik.com)

Pemasaran produk merupakan satu-satunya hal penting yang turut berperan dalam menentukan performa perusahaan. Strategi pemasaran produk adalah sebuah kegiatan yang patut dilakukan untuk memperkenalkan produk secara lebih luas ke taregt market. Di bawah ini akan dibahas 6 (enam) strategi pemasaran produk terbaik untuk segala bisnis yang mungkin salah satunya sedang Anda jalankan untuk saat ini.

1. Strategi Pemasaran Produk Makanan

strategi pemasaran produk

Strategi Pemasaran Produk Makanan (Sumber: Freepik.com)

Salah satu bisnis yang dibilang sebagai kebutuhan setiap orang adalah bisnis makanan. Biasanya banyak yang menjalankan bisnis ini mulai dari membuka warung sederhana, hingga membuka sebuah restoran. Supaya bisnis makanan Anda banyak mendapatkan penjualan, maka Anda bisa mengikuti strategi berikut ini:

  1. Jaga Kualitas Rasa. Sebagai senjata jitu dalam memenangkan usaha kuliner, adalah terletak pada sebuah rasa yang tentunya banyak disukai orang. Untuk itu, Anda sangat wajib untuk memiliki ciri khas rasa dan menjaga kualitasnya agar banyak orang yang menyukai bisnis makanan Anda.
  2. Membuat Event. Setelah menciptakan sebuah ciri khas rasa, maka selanjutnya Anda bisa mengadakan sebuah event yang mengundang banyak orang agar bisa mencicipi bisnis makanan Anda. Contohnya Anda bisa mengadakan event bazaar sederhana.
  3. Memanfaatkan Sosial Media. Dengan berkembangnya teknologi, semakin banyak orang saat ini menggunakan sosial media untuk mendapatkan informasi. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan sosial media untuk memasarkan produk makanan Anda.

2. Strategi Pemasaran Produk Kerajinan

strategi pemasaran produk

Pemasaran Produk Kerajinan (Sumber: Google.com)

Jika Anda saat ini sedang menjalankan bisnis jual beli kerajinan, maka Anda bisa mengikut strategi pemasaran berikut ini:

  1. Membuat Produk Kerajinan yang Unik. Pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat kerajinan seunik mungkin sehingga akan memancing perhatian orang untuk membeli. Yang paling ampuh adalah Anda harus membuat kerajinan dengan ciri khas tersendiri.
  2. Menentukan Target Pasar yang Tepat. Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan target market sesuai dengan produk yang Anda jual. Misalnya menentukan target market berdasarkan usia, perilaku, dan lainnya.
  3. Memanfaatkan Pasar Online. Anda juga bisa memanfaatkan pasar online atau yang disebut dengan marketplace. Anda bisa menjual segala produk kerajinan Anda disana.

 

3. Strategi Pemasaran Makanan Khas Daerah

Sama seperti strategi pemasaran makanan, untuk Anda yang menjalankan bisnis makanan khas daerah, salah satu strategi pemasaran yang tepat adalah dengan menciptkan rasa yang tepat. Maksudnya, pasti akan ada banyak kompetitor dengan bisnis yang sama, namun tentunya Anda harus memiliki ciri khas tersendiri atau juga yang disebut dengan Branding.

4. Strategi Pemasaran Produk Online

Untuk Anda yang menjalankan bisnis produk online, strategi yang tepat adalah membuat website. Selain meningkatkan branding, tentunya produk online Anda akan banyak dipercaya oleh banyak orang. Maka dari itu bangunlah website yang sesuai dengan branding produk online Anda.

Baca Juga: 4 Strategi Pemasaran Yang Jitu di Era Digital

5. Strategi Pemasaran Produk Makanan Ringan

Selain memanfaatkan internet atau sosial media, tentunya untuk melariskan produk makanan ringan Anda adalah dengan mengadakan promo yang menarik banyak orang. Sesuaikan dengan promo yang diinginkan target market Anda agar nantinya semakin banyak orang yang membeli produk makanan ringan Anda.

6. Strategi Pemasaran Produk yang Baik dan Tepat

Untuk Anda yang sedang menjalankan bisnis apapun itu, silahkan Anda simak tips atau strategi pemasaran berikut ini:

  • Meningkatkan branding, agar produk Anda mendapatkan kepercayaan banyak orang
  • Memanfaatkan sosial media, promosikan produk Anda di sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter
  • Sering mengadakan promo, ampuhnya banyak orang yang pasti tergiur dengan adanya promo pada bisnis Anda
  • Beriklan di google dan facebook, jika Anda punya budget lebih Anda bisa mengiklankan produk Anda melalui platform yang sudah terpercaya.

Silahkan Anda praktikkan sendiri pada bisnis Anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Kesimpulan

Dalam menentukan strategi pemasaran, tentu banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar berjalan dengan baik. Beda bisnis beda juga strategi pemasarannya. Jadi jangan takut untuk terus bereksperimen mencari strategi pemasaran yang cocok untuk bisnis Anda.

Jika Anda sudah menemukan racikan yang sempurna untuk strategi pemasaran produk bisnis Anda, otomatis omset juga akan terus bertambah. PR Anda selanjutnya adalah bagaimana cara mengontrol promosi yang telah Anda jalankan dan bagaimana menyusun laporan keuangan setiap bulannya.

Image Software Kasir Online Offline Twitter

Software Kasir Online Beepos menyediakan berbagai fitur promosi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan omset bisnis Anda. Mudah digunakan dan cocok untuk yang sedang bereksperimen melakukan strategi promosi produk. Hebatnya lagi, Beepos juga menyediakan semua laporan keuangan secara realtime dalam sekali klik. Gampang banget deh.

Penasaran bagaimana Beepos bisa membantu promosi bisnis Anda? Klik di sini untuk coba gratis.

Artikel Terkait

11 Peluang Usaha Modal 10 Juta Paling Menjanjikan
Punya modal usaha 10 juta bingung mau usaha apa? Ada banyak sekali yang bisa Anda coba dari mulai usaha dagang,
Baca Juga
5+ Usaha yang Tidak Pernah Sepi, Modal Kecil Untung Besar
Anda tentu pernah mendengar pepatah lama yang mengatakan, usaha yang tidak pernah sepi. Ungkapan ini seakan menjadi mantra para pengusaha
Baca Juga
Software Penjualan Minimarket Bantu Scale Up Bisnis Para Owner
Memakai software penjualan minimarket merupakan keputusan yang tidak mudah bagi pemilik bisnis minimarket. Bagaimana tidak? Pemilik bisnis ini pasti tidak
Baca Juga
7 Tahapan Cara Market Research, Metode dan Fungsinya
Market research adalah salah satu tahapan penting setiap bisnis yang ingin memahami kebutuhan dan preferensi konsumen, mengidentifikasi peluang pasar,  hingga
Baca Juga
Kelebihan dan Kekurangan Usaha Kedai Kopi untuk Pemula
Kelebihan dan Kekurangan Usaha Kedai Kopi Usaha kedai kopi memang tidak pernah sepi. Dari tahun ke tahun banyak kedai baru
Baca Juga
9 Tips Manajemen Kontrol Stok dan Inventaris
Kontrol stok atau dikenal sebagai kontrol inventaris, digunakan untuk menunjukkan berapa banyak stok yang Anda miliki pada satu waktu. Berlaku
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu