Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat kepuasan. Contoh pelayanan prima sangat beragam tergantung jenis bisnis yang dijalankan.
Mempelajari contoh-contoh penerapan dari konsep pelayanan prima dapat dijadikan inspirasi agar bisa diterapkan secara langsung di bisnis yang sedang dijalani. Yuk, pelajari tentang jenis-jenis dari pelayanan prima beserta contohnya agar lebih paham!
Pelayanan prima adalah hal penting yang harus diperhatikan dan diberikan secara maksimal kepada setiap pelanggan tanpa membedakan ternyata dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Apa saja jenisnya? Jika penasaran, maka berikut ini beberapa jenis dari pelayanan prima adalah sebagau berikut, yaitu:
Jenis pelayanan prima yang satu ini berupa pelayanan utama yang diberikan kepada pelanggan. Artinya, perusahaan akan menawarkan produk atau jasa utama yang diproduksinya kepada pelanggan.
Produk atau jasa yang ditawarkan tentu saja memiliki kualitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan bahkan diharapkan mampu melampaui ekspektasi pelanggan.
Selain menawarkan produk atau jasa utama yang dijual, pelayanan prima yang diberikan perusahaan juga harus mencakup fasilitas. Pelayanan ini bisa termasuk sebagai pelayanan tambahan dari perusahaan agar membuat pelanggan semakin nyaman dan puas.
Contoh pelayanan prima di bank yang termasuk jenis pelayanan fasilitas dapat berupa satpam di depan pintu masuk. Selain menjaga keamanan, satpam bisa memberikan layanan tambahan dan bantuan kepada pelanggan yang akan menggunakan jasa dari bank.
Jenis pelayanan prima yang terakhir adalah pelayanan pendukung. Seperti namanya, supporting service memiliki tujuan utama untuk mendukung pelayanan utama maupun pelayanan fasilitas yang dijalankan oleh perusahaan.
Selain itu, pelayanan pendukung juga diharapkan mampu memberikan value atau nilai tambah. Hal tersebut bertujuan agar perusahaan memiliki ciri khas layanan yang bisa menjadi pembeda dengan kompetitor lainnya.
Baca Juga: 5+ Konsep Pelayanan Prima jadi Kunci Gaet Pelanggan
Pelayanan prima yang diterapkan oleh semua perusahaan pada dasarnya memiliki konsep yang sama. Namun, contoh penerapannya bisa berbeda dan sangat beragam tergantung berbagai faktor, seperti bidang bisnis yang dijalani.
Seperti apa contoh penerapan dari pelayanan prima? Jika penasaran, maka berikut ini beberapa contoh penerapan dari pelayanan prima dalam berbagai bidang, yaitu:
Berikut ini beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk menerapkan pelayanan prima di minimarket, yaitu:
Selain tindakan di atas, Anda juga bisa memanfaatkan software kasir minimarket dari Beepos, mudahkan Anda dalam melakukan proses transaksi, meminialisir perbedaan harga di rak dan di kasir, memiliki pengaturan hak akses, dan terintegrasi dengan software akuntansi. Simak informasi selengkapnya pada banner di bawah ini:
Hotel memberikan layanan utama sebagai tempat penginapan tentu saja harus memberikan pelayanan prima agar semua tamu yang menginap merasa nyaman. Seperti apa contoh dari pelayanan yang dimaksud?
Berikut ini beberapa penerapan pelayanan prima yang ada di hotel, yaitu:
Baca Juga: Apa itu Bill Hotel? Contoh Bill Hotel Manual dan Simpel
Bank tidak hanya menawarkan berbagai jasa layanan keuangan, tetapi juga harus tetap memberikan pelayanan prima dalam kegiatan operasionalnya. Pelayanan prima sangat penting bagi bank karena setiap hari harus berhadapan secara langsung dengan pelanggan atau nasabah.
Seperti apa pelayanan prima yang ada di bank? Berikut ini beberapa penerapan service excellent yang ada di bank, yaitu:
Restoran atau tempat makan tidak hanya menawarkan berbagai jenis menu masakan enak kepada pelanggan. Namun, layanan yang diberikan kepada tamu yang memesan makanan juga harus diperhatikan dengan baik agar mereka merasa nyaman ketika makan.
Berikut ini beberapa tindakan atau penerapan pelayanan prima yang dapat dilakukan oleh semua karyawan restoran, yaitu:
Contoh pelayanan prima adalah sangat beragam di berbagai jenis bidang bisnis, mulai dari minimarket, bank, restoran, hingga hotel. Meskipun memiliki contoh yang beragam, konsep dasar pelayanan prima tetap sama di berbagai jenis bidang untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan.